Laporkan Penyalahgunaan

Urap Megono Khas Yogya..Bukan Urap Biasa..^^


Penampakannya sich..kayak urap sayur biasa ya teman-teman..tapi percayalah..rasanya..bukan urap sayur biasa.hihi..tapi istimewa. Kenapa istimewa..? Karena ini adalah *Urap Megono..khas Yogya, bukan urap megono Pekalongan lho..beda lagi juga kalau itu..hihi. Urap megono ini bumbunya lebih komplet dari urap sayur biasa..dan cara buat bumbunya juga di masak terlebih dahulu. Di *gongseng..istilah Jawanya..atau di masak di atas wajan sampai setengah kering.

Nah..apa bedanya bumbu urap megono sama urap biasa?..Kalau urap biasa kan bumbunya simple ya..dan nggak awet..tapi kalau urap megono ini awet..bisa di simpan berhari-hari di kulkas..di simpan di wadah tertutup gitu. Sewaktu-waktu kita membutuhkan bumbu urap megono ini..nggak perlu bikin lagi dech, tinggal di gongseng aja sebentar untuk memanaskannya. Lalu..tinggal rebus sayuran lagi..beres dech. Jadi bisa di buat sekalian banyak gitu bumbu urapnya. Nah..cocok kan buat diet..hihi..bosan ya teman-teman..diet melulu..!! Yapp..my diet start from today..hihi...diet tapi tetep menunya enak-enak..daripada mupeng ntar liat masakan buat suami dan anak yang enak terus..jadi mending bikin menu diet juga yang enak dong. Jadi aku makan ini cuma sama sayuran aja..enak..atau kalaupun pakai nasi..nasi merah aja..lebih sehat. Buat teman-teman..nggak usah ikutan diet ya..di makan aja..sama nasi putih kemebul hangat..sama tempe goreng..dan ayam goreng...wah..enak banget dech urap megono ini. Kalau males merebus sayuran..ini di buat makan nasi putih aja juga enak kok..buat lauk..kayak serundeng basah gitu rasanya. 

Urap Megono ini..di Yogya..biasanya di sajikan dalam  bentuk tumpeng berlapis-lapis gitu. Jadi nasi..sayur mayur, bumbu urap..nasi..dst di bentuk berlapis-lapis membentuk tumpeng kerucut. Biasa di sajikan di acara khusus gitu. Misal, seingatku dulu waktu ada yang membangun rumah, dll. Kalau sekarang sich udah jarang ada kayaknya..cuma kalau ibuku..dulu di rumah sering buat urap model gini..ya untuk keluargaku. Jadi ini Urap Megono khas Yogya..ala ibuku ya teman-teman.

Mau coba..yukk simak step by stepnya ya..mudah dan enak. Kalau udah matang gunakan seperlunya. Sisanya, kemas di wadah tertutup..terus simpan di kulkas..buat stock lauk matang..awet sampai semingguan..bahkan lebih..jika di simpan di freezer.

Urap Megono Khas Yogya
  • Bumbu halus : 8 butir bawang merah, 5 bawang putih, 5 buah cabe merah, 5 butir kemiri, 1 sendok teh ketumbar.
  • Bahan lain : 
1 butir kelapa setengah tua, parut panjang, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk purut, 2 batang sereh, 3 cm lengkuas, 50 gram gula merah. Garam Secukupnya. Oh ya..ada yang lupa kefoto : Daging tetelan 150 gram, rebus sampai matang dan empuk, sisihkan kaldunya. Rebon 1 sendok makan dan sepotong tempe semangit ( kira-kira 50 gram ), potong kecil.
  •  Rebon itu..kayak gini ya..ada yang nyebut juga dengan nama rese...bukan reseh lho..hihi..

  •  Ulek bumbu2nya hingga halus ya..
  • Tumis bumbu halus, beri 200 ml air kaldu sapi, masukkan daging tetelan, tempe semangit, rebon dan bumbu-bumbu lain, serta garam secukupnya dan 1 sendok teh kaldu bubuk.
  •  Tambahkan kelapa parut, lalu aduk rata.
  • Aduk dan gongseng semua bumbu hingga matang dan setengah kering
  •   Kalau udah matang seperti ini..seperti serundeng yang setengah kering.
  • Siapkan sayur rebus sesuai selera. Sayuran bisa, bayam, kol, kecipir, sawi putih, wortel, taoge, kacang panjang, dll..sesuai selera aja ya. Sayuran di rebus biasa sebentar di air yang di beri sedikit garam, lalu tiriskan.
  •  Tambahkan bumbu urap megono secukupnya
  •  Carup2 hingga tercampur rata.
  • Sajikan dengan ayam goreng, tempe goreng dll..serta nasi putih hangat..yummy..! ( Kecuali jadi menu diet..kayak aku..ya cukup dengan sayuran rebus saja..huhu..)


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts