Laporkan Penyalahgunaan

Tips Membuat Nugget Rumahan Yang Ekonomis dan Enak Untuk Usaha


Nugget..salah satu lauk cepat saji populer yang hampir sering ada di  freezer kita ya teman2. Teknologi *coating food* atau makanan berbalut tepung ini..awalnya di kenal di Amerika, dan negara maju lain, terutama untuk membalut olahan dari daging ayam. Di Indonesia mulai berkembang di tahun 1990 an..dari sumber yang aku baca ya. Perkembangan pasar nugget di Indonesia  begitu cepat..sampai akhirnya banyak  produsen2 nugget dengan berbagai merk bermunculan ya..yang sampai sekarang pasti udah tidak asing lagi buat kita2 nich para emak2..hihi. Karena nugget memang selalu bisa menjadi jurus jitu buat lauk makan anak2 supaya mereka lahap makannya. 

Dari kalangan atas sampai kalangan menengah ke bawah..tua ..muda dan pastinya anak2..hampir semua suka nugget dech kayaknya. Nah..kalau kalangan menengah ke atas kan kebutuhan akan nugget sudah di penuhi ya..oleh para produsen pabrik2 nugget raksasa yang produksinya skala besar dan selalu tersedia di supermarket..namun harganya juga relatif mahal kan teman2. Nah...nugget untuk kalangan menengah ke bawah ini..yang kadang2  belum banyak yang dilirik ya peluang usahanya. Ada juga sich di pasar2..nugget  curah ya..namun kadang rasanya kurang enak..nah..mungkin ini bisa jadi peluang bagus dech buat teman2..yang bingung mau mencoba usaha apa gitu...cobalah usaha nugget rumahan..yang harganya terjangkau..namun rasanya tetep enak..pasti dech prospeknya bagus..siapa sich yang nggak mau makanan murah tapi enak..ya kan..hihi. Apalagi dengan tambahan embel2 promosi yang unik..misalnya nugget yang fresh..homemade..sehat dan tanpa bahan pengawet, pasti dech akan semakin menarik perhatian konsumen.

Nah..untuk membuat nugget rumahan yang ekonomis..yukk  belajar sama2 tentang trik2nya ya..semoga bermanfaat..^^..:

Nugget adalah salah satu jenis coating food, yaitu makanan olahan yang terdiri atas adonan / bahan baku yang akan di lapisi dengan tepung pelapis.

Pada dasarnya bahan pelapis terdiri dari :

Predaster ( Pelapis ) : Terbuat dari bahan utama tepung terigu saja , atau tambahan tepung lain jika perlu. Di gunakan untuk melapisi adonan supaya tidak licin, fungsinya membuat permukaan adonan rata dan membantu melekatkan adonan cair.

Batter Mix ( Tepung pencelup ) : Biasanya dalam pembuatan nugget pencelupnya adalah telur , nah biar ekonomis kita bisa memakai tepung pencelup yang berupa adonan tepung dan air, serta bumbu jika suka.  Tepung pencelup ini berfungsi seperti halnya telur, yaitu untuk melekatkan tepung pangko atau tepung rotinya.

Bread crumb ( Tepung panir / roti untuk pelapis luar ) : Merupakan pelapis akhir yang menentukan karakter lapisan produk nuggetnya. Jika menggunakan tepung roti kasar, maka lapisan nugget seperti rumput  tumbuh. Jika menggunakan tepung roti yang lebih halus, permukaan nugget akan lebih rata.Ada dua macam  tepung roti untuk nugget yang bisa kita gunakan, yang berwarna putih..dan bentuknya kasar, ini paling banyak di jumpai di pasaran.Di supermarket ada beberapa merk yang ada..salah satunya yang sering aku gunakan adalah..*Mamasuka*. tapi jika untuk usaha..pilihlah tepung panir yang tidak bermerk terkenal..biasanya di jual dalam kemasan khusus yang lebih ekonomis, sesuai nama supermarketnya...misal dari Carefour..Superindo..dll..biasanya mengeluarkan produk2 kemasan mereka sendiri yang lebih ekonomis harganya. Selain itu ada juga tepung panir warna orange..yang memang khusus buat nugget..yang di jual secara curah dan biasanya di kemas di plastik ukuran 1/4 kilogram di TBK atau toko bahan kue. Kalau di tempatku tinggal ku di Semarang sich selalu ada ya..tepung panir orange ini...bahkan di TBK langgananku deket rumah juga selalu ada...dan harganya juga lebih murah daripada yang kemasan pabrik. Rasanya juga sama enaknya kok..aku sering pakai tepung panir orange ini di rumah. Kadang malah ku bikin untuk lapisan risoles..kroket dll..dan hasilnya jadi lebih cantik..karena berwarna orange..^^ Kelebihan tepung panir orange ini..memang warnanya lebih menarik ya..jadi hasil nugget kita bisa sama kayak nugget buatan pabrik.

Selain trik agar bahan hemat seperti penggunaan lapisan pencelup dari tepung, bukan dari telur..kita juga bisa menggunakan tehnik double pass , yaitu memberikan pelapisan lebih tebal dari standart..agar nugget terlihat lebih besar ukurannya..sehingga menarik minat pembeli. Sebagai contoh..jika kita membeli ebi furai..udang goreng lapis tepung pangko yang ada di resto2 fast food gaya Jepang itu lho teman2..biasanya  kan nampak ndut 2 ya udangnya ..tapi ketika kita buka lapisannya..wo alah ternyata udangnya cuma kecil..tipis2 yang di lurusin gitu..dan yang tebal adalah tepung pelapisnya..hihi..tapi tetep enak kan teman2 ? Tehnik double pass ini seperti ini gambaran langkah2nya kayak gini nich : 1. Adonan nugget - 2. preduster- 3. batter mix- 4. bread crumb-5. batter mix - 6. bread crumb - 7. nugget , jadi dua kali celup dan dua kali lapis tepung panirnya.

Selain itu..untuk membuat nugget lebih ekonomis harganya, bisa juga kita tambahkan penambahan bahan baku. Tujuan penambahan bahan baku ini sebenernya untuk penghematan..namun..jika kita pinter2 berpromosi..penambahan bahan baku tertentu ini..justru bisa menjadi nilai jual tersendiri untuk menarik minat dan perhatian konsumen lho..seperti..misal..di tambahin sayur wortel..brokoli..bayam dll. Dengan image nugget sayuran yang lebih sehat dan lebih bergizi..yaitu karena adanya tambahan sayuran di dalam adonan nugget..pasti dech membuat ibu2 yang anaknya susah makan sayur..tertarik membelinya. Nah..dari situ kita bisa berhemat bahan utama yaitu ayamnya..karena di tambah bahan2 lain. Selain sayuran..bisa juga di tambahkan tahu, tepung kedelai, kulit ayam..jamur, dll..agar rasa nugget semakin bervariasi dan bahan baku bisa lebih murah.sehingga untung yang di dapat juga makin lumayan kan..^^

Nah..tertarik buat usaha nugget di rumah teman2..ayook jangan ragu2 ya..mulai aja dengan skala kecil dulu..hihi..*tukang kompor nich..*...di jual di lingkungan tetangga, di kantor, sekolah anak dll..jika belum laku banyak..jangan menyerah..harus tetap semangat dan berusaha...paling tidak kan bisa buat stock lauk anak dan keluarga di rumah kan..soalnya kan awet nugget di simpan di freezer. Tapi memang...kalau memulai usaha baru..musti sabar dan giat berpromosi ya..* Sok tau dikit ya teman2..hihi..*

Good luck ya..kalau aku cuma bisa bantu doa aja ya teman..dan juga bantu resep2..jadi tunggu ya..resep2  nugget ekonomis..ala aku tentunya..^^ Jadi sekarang simak dulu tips2nya di atas ya..hihi...atau mau coba resep nugget ayam sayuran yang udah sering ku buat..lalu di terapin aja prinsip ekonomisnya di atas dengan di modifikasi sendiri..silahkan..intip resepnya di bawah ini..cuma fotonya juga foto lama ini..hihi..lha aku belum punya bahan2  nugget kalau mau bikin lagi..tunggu aja ya resep2 nugget ekonomis dan variatif yang nanti aku buat..^^ Selamat mencoba.

Nugget Ayam Sayur Ekonomis

Bahan :
500 gram ayam cincang
2 lembar roti tawar tanpa kulit, rendam pakai
susu lalu peras ( ganti aja tepung roti halus )
50 gram buncis,potong kecil2
50 gram wortel,potong kecil2 ( jumlah sayuran bisa di tambah biar lebih ekonomis )
Telur ayam 2 butir

Bumbu :
1 bungkus( 10 gram ) kaldu bubuk
2 siung bawah putih
3 siung bawang merah
1/2 sdk teh merica bubuk
1/2 sdk teh pala bubuk
1/2 sdk teh garam atau sesuai selera
1 sdk teh gula pasir


Utk pelapis :
Telur ayam 2 butir ( kalau mau ekonomis : ganti pakai tepung pencelup )
1/2 sdk teh garam
250 gram terigu
150 gram tepung panir khusus nugget

Cara Membuat :
Cincang ayam kecil2, Campur dan haluskan jadi satu semua bahan dan bumbu yang udah di haluskan terlebih dahulu kec wortel,buncis dan keju,bisa pakai food prosesor atau blender, tambahkan keju parut.dan sayuran aduk rata,cicipin udah pas atau belum bumbunya..dgn cara goreng sdkt adonan,cicipin..jika kurang garam ,gula atau apa,tambahkan sesuai selera hingga rasanya pas gurihnya.
Masukan pada loyang segi empat..ratakan tipis saja,lapisi plastik bawahnya.
Kukus 30 -40 menit, dinginkan.Potong2 sesuai selera, atau juga bisa di cetak dgn cetakan yang lucu2 biar menarik bentuknya.
Gulingkan potongan nugget ke terigu ( predaster ), celup ke telur / tepung pencelup dan gulingkan lagi ke tepung panir. Gunakan tehnik double pass jika mau lebih keliatan besar nuggetnya. Simpan nugget siap goreng ini dalam wadah tertutup di kulkas sebentar, biar tepung panir melekat sempurna. Lalu kemas dalam mika.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts