Laporkan Penyalahgunaan

Sop Kakap Dari Warung Mbak Ndut Semarang..Mak Nyuss Tenan..^^


Hai teman2, aduch maaf ya,..dari kemaren belum sempat posting resep baru..heeh..rada sibuk nich..musti bagi2 perhatian nulis di sini dan juga bagi waktu buat proyek baruku..hihi..proyek apaan..???..Rahasia dulu ya.hihi..ntar ..klu udah tiba saatnya aku ceritain..*halah..*..sok sok an ya teman2..lebay dikit kayak biasanya ya ..hihi..

Nah..tadi cuma sempat masak bakwan jamur sama oseng teri..tau2 kok udah sore  aja..tapi alhamdulillah pulang2.suami nenteng sop kakap banyak banget..4 porsi katanya..ha..4 porsi.iya..lha katanya sop kakapnya murah banget..seporsi cuma 4500 rupiah..jadi beli 4 porsi saja katanya..hihi. Sop kakap ini dari warung makan Mbak Ndut di Semarang bawah..yang terletak di samping BCA jl Pemuda Semarang. Memang sudah lama aku di iming2in dan di provokasi sama suami tentang kelezatan sop ini..cuma kalau pas jalan ke Semarang bawah di tunjukin warungnya yang nggak banget..hihi..karena cuma warung kecil gitu yang sangat sederhana..dengan bangku panjang berderet2..warungnya semi terbuka gitu...bahkan ada yang meja kursinya di bawah pohon ..dan berada di tempat parkir, jadi kayak di dalam bedeng / pagar seng gitu. Jadi nggak begitu merhatiin cerita suami...aku pikir..ah paling biasa2 aja...hihi..lha kadang mikir..udah jauh2 *turun gunung* ke Semarang bawah ..kan masih banyak tempat makan lain yang enak2 dan nyaman...hihi.

Tapi..karena seringnya suami cerita..kalau sering makan di situ sama teman2nya..dan selalu cerita tentang sop kakap yang katanya seger dan enak banget ini..aku penasaran juga sich..kayak apa sich enaknya..soalnya dulu pernah juga coba yang gule kakap terkenal katanya juga masih biasa aja sich menurutku. Nah...kamaren Sabtu pas turun akhirnya aku tergoda juga untuk mencobanya..tapi sayang warungnya udah tutup. Jadi lupa lagi dech. Nah..akhirnya tadi kesampaian nyoba sop kakap ini..cuma nggak di warungnya langsung sich..jadi nggak ada foto2 warungnya..hihi..cuma di bungkusin sama suami. kata suami beli jam 3..soalnya takut sore udah habis...lalu di simpan di taruh mobil gitu..terus di tinggal ngantor lagi dan baru pulang kira2 jam 6 samai rumah. Aku pikir..ah..apa nggak basi ya..kan olahan kakap..suka amis..apalagi kalau udah dingin..tapi ternyata..sampai rumah masih anget lho..hihi. Kata suami memang walaupun warung kecil..selalu laris manis sop kakap nya..sampai antri2 makannya, dari pagi hari sampai makan siang habis terus sopnya dan selalu masak baru..jadi walaupun beli jam 3 an..tetep dapat sop hasil masakan baru..dan sampai  rumah tetep masih anget tadi. 


Nah..sengaja tadi nggak aku panasin dulu biar tahu citarasanya gimana..sop kakapnya..apakah basi atau tidak. Ternyata.enggak lho..tetep terasa fresh gitu sopnya..masih ada anget2 dikit....wah..akhirnya nggak jadi ku panasin...karena pengen cepat2 nyicip. Dan..ternyata..emang mak nyuss..enak banget. Seger dan terasa bumbu2nya pas. Kalau dari analisa ku sich....sop kakap ini mirip2 pindang serani Jepara yang sering aku masak..cuma ini asemnya soft aja..nggak seasem pindang serani. Terus bumbu yang lain kuat adalah aroma kunyit dan rempah2 lain. Tapi analisaku..tetep..ini mirip sama pindang serani Jepara, karena tetep ada sedikit asam segarnya. Yang menguatkan analisaku ini..*cey...bahasanya..hihi..*..adalah, karena aku nemuin jejak potongan tangkai belimbing wuluh dan secuil kecil potongan belimbing wuluhnya..*gubrak dech..aku ini ..kayak detektif makanan aja ya..hihi..nganalisanya detail..hihi. Kalau udah ketemu analisa bumbu2nya paling2 nanti bikin sdr dan di share di sini..hihi..setuju kan teman2..yach..drpd teman2 jauh2 datang ke semarang buat nyicip sop kakap Mbak  Ndut ini..lebih baik kan bikin sendiri yakk. Tapi kalau teman2 tinggal di Semarang..Sop kakap ini wajib di coba... Aku mau ke warungnya langsung juga ahh nanti..sementara..enjoy foto2nya yang udah sampai rumahku aja dulu ya teman2..hihi..tapi yang pasti bakalan beda penyajiannya sama di warung aslinya nanti..hihi..lha kalau di rumah ini..tadi 4 porsi ikannya jadi satu..cuma kuahnya masih banyak banget..nggak ku tuang semua di mangkuk. eh..iya ada sambelnya juga lho..sambel cabai rawit yang manteb pedesnya.Udah dech..pas banget rasanya...segar ..gurih serta lembutnya daging kakap menyatu indah menyapa lidah..nggak ada amis2nya sama sekali ini lho..^^

Nah..tunggu liputanku nanti ya di warungnya..soalnya..aku penasaran sama bahan2nya..karena katanya ikan kakapnya selalu baru..dan yang di pakai ini..adalah bagian bawah kepala ikan kakap..yang paling enak..paling mak nyuss kata Pak Bondan..bagian ini..karena ada lemaknya juga yang kleyer2 empuk itu lho teman2. Kalau ikan bakar kan paling enak bagian ini memang. Nah pertanyaan ku.kalau yang beli berjubel dan jualannya banyak  seharian..dapat dari mana ya,.kepala kakap segitu banyaknya..? Dan ternyata..ada supliernya memang kata suami..karena di Semarang ada pabrik ekspor pengolahan ikan kakap..dan yang di ambil cuma badannya aja...jadi kepalanya nggak kepake..! Oh pantes..jadi wajar ya..kalau di Semarang banyak sekali warung2  berbahan kepala  ikan kakap..kayak gule kepala kakap gitu yang terkenal juga banyak, karena memang bahan bakunya selalu tersedia.

Oke..jika teman2 main ke Semarang..ayukk ku traktir sop kakap ini kalau mau.boleh makan sepuasnya dech..hihi...^^



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts