Laporkan Penyalahgunaan

Putu Ayu Warna Warni



Yodha udah doyan ngemil..kalau di bawain bekal kue2 sekarang selalu habis..alhamdulillah..makin gede kali ya..udah hampir 7 tahun Sepetember besok..jadi udah mulai laperan..hihi. Tapi sukanya masih terbatas kue kue coklat atau roti2 manis coklat seperti donat dll. Jadi pengen coba ngenalin ke jajanan tradisional gitu dech..biar dia juga mulai suka..soalnya kadang belum coba udah bilang..no..thank Mom !...Buatan Mami..pasti enak kok..hihi..nolaknya halus banget anak itu, kalau di tawari jajan pasar. Nah...makanya aku buat putu ayu warna warni aja tadi..terus yang buat Yodha..nggak pake kelapa..jadi warna warni aja..hemm..sapa tau aja suka..kan kayak cake kukus lembut gitu rasanya. Kenapa milih putu ayu..ya karena yang paling cepet aja bikinnya..hihi..dan juga bisa dengan sedikit bahan dan telur juga.cukup 2 aja. Soalnya kalau banyak2..siapa juga yang ngabisin..aku..aduch..mau langsing dikit nich..hihi. 

Putu ayu ku ini resepnya minimalis saja..cuma pakai 100 gram tepung..eh kok ya jadinya lumayan banyak..ya udah..akhirnya yang separo..tetep pakai kelapa parut kayak putu ayu biasa..kan bisa buat cemilan suami ntar sore.juga buat postingan di blog..hihi. Udah sering bikin putu ayu macam2..tapi basic..putu ayu yang dari tepung terigu..malah belum pernah aku posting. 

Buat  yang suka putu ayu...yukk di coba..murah meriah bahannya..hasil jadi sekitar 15 an biji..banyak kan..dan rasanya juga enak..lembut menul2..Selamat mencoba..^^

Putu Ayu Warna Warni

Bahan :
2 butir telur ukuran kecil
SP 1/2 sendok teh
100 gram tepung terigu protein sedang atau rendah
75 gram gula pasir ( jika suka manis..tambahin sendiri ya..sesuai selera..soalnya aku suka putu ayu yang nggak terlalu manis )
Sejimpit kecil garam ( pokoknya dikit aja biar gurih rasanya putu ayunya )
Pasta vanila sedikit juga..kira2 1 tetes aja udah wangi..soalnya aku pakai punya Ny Liem pasta vanila nya..wangi bener..memang, kalau nggak ada pakai vanili biasa..dikit atau nggak pake juga nggak pa2 . Biar wangi aja kuenya gitu..beda sama putu ayu pasar..hihi.
Santan kental 100 ml, aku pakai bumas saja, praktis..tinggal di cairin dikit..jadi santan kental yang gurih.
Kelapa parut panjang, 1/4 butir yang agak muda..agak tua juga..yang sedang sedang saja dech..^^

Cara Buat :
Kocok telur, SP dan gula ,serta garam hingga mengembang.Masukan pasta vanila, kocok lagi sebentar saja .
Masukkan terigu sedikit demi sedikit ,aduk rata dengan spatula.
Masukan santan..aduk rata perlahan dengan spatula.
Tuang ke cetakan putu ayu yang sudah di olesi minyak goreng yang di beri kelapa parut di dasar cetakannya. Kukus 30 menit dengan api sedang hingga matang. Jadi dech putu ayu yang menul2..enak..^^






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts