Laporkan Penyalahgunaan

*Menu Diet*..Hihi..Tahu Telur Surabaya


Hihi,..geli sendiri aku..sok sokan mau diet...tapi kok tetep enak begini ya menunya..cuma di kurangi..nggak pak lontong aja. Wah..kalau menu dietnya enak2 begini..pasti semua mau ya..tapi..bisakah jadi sedikit langsing..lha tetep maem tahu telur yang di goreng. Ya sudah lah..nggak masalah..yang penting kan udah ngurangi karbo nya ya..nggak makan nasi atau lontong..jadi cuma tahu telur..plus sayuran dan kuah kacang aja..rasanya..so pasti..yummy..^^

Bikin tahu telur ini..karena tadi beli tahu sama tauge aja di tukang sayur..terus mikir mau di buat apa ya..eh jadi keingat..request Mba Hairiyanti..resep tahu telur Surabaya..mudah2 han ini yang di maksud ya Mba..atau malah tahu tek..tahu yang di iris2 terus pakai kuah kacang dan taoge juga ?..Kalau itu..next aku bikin juga dech ya mba..maaf kalau keliru ..^^. Yang jelas..tahu telur ini favoritku sama suami..ya biarpun menu ini aslinya dari Jawa Timur..tapi udah sering lumayan makan,..dan akhirnya sering bikin sendiri dech di rumah. Rasanya enak sekali...kuah kacangnya jadi beda rasanya sama kuah kacang kayak gado2.dll..karena memakai petis. Aku lebih suka pakai petis udang yang pasar yang warnanya kehitaman..lebih enak gitu..daripada petis yang bermerk yang di beli di supermarket. Untung di Semarang banyak yang jual petis..karena memang beberapa makanan di sini juga menggunakan petis, seperti tahu petis , tahu gimbal, dll. 

Tahu Telur Surabaya ini biasanya di sajikan dengan lontong untuk karbohidratnya..cuma aku sama suami kok lebih suka di gado aja gini..enak. Sebenernya .tahu telur ini..bisa jadi ide menu pembuka atau istilah kerennya appetizer gitu juga lho..atau bisa jadi menu gubukan juga kayak siomay..dll..di acara pesta2..asal porsinya di bikin kecil..jangan segede2 ini ya....hihi. Kebayang..pasti seru dech..tahu telurnya di goreng kecil2..di snack maker double pan..terus di taruh di piring kecil2..atasnya di kasih tauge..daun bawang dan bawang goreng..di siram kuah kacang dan di beri hiasan kerupuk kanji gitu..seru kayaknya. Cuma sekedar ide aja sich..hihi...lha wong nggak ada rencana ngadain pesta..sunatan Yodha?..Masih lama..hihi. Ya sudah..lebih enak buat makan malam aja ya teman2..tahu telurnya..*jadi menu..diet..diet..hihi.....*
Tahu Telur Surabaya
Untuk 2 - 3 orang

Bahan :
3 - 4 buah tahu putih ( kira kira 200 gram )
3 butir telur.
Garam,atau kaldu bubuk sedikit, dan merica bubuk secukupnya
Daun bawang 1  batang, iris halus
Bawang merah goreng secukupnya
Kerupuk kanji..jika suka secukupnya

Kuah Kacang :
100 gram kacang tanah goreng / sangrai
2 siung bawang putih, goreng
2 - 3 cabai rawit merah, goreng
Garam secukupnya
Gula merah 1/2 sendok makan
Petis udang 1 sendok makan
Kecap manis 2 sendok makan
Air panas 150 ml 
Cara Membuat : Ulek semua bahan sambal, campur dengan air matang, dan kecap, aduk rata.

Cara Membuat :
Potong tahu putih kotak kecil
Kocok lepas telur , garam dan merica dengan garpu, masukkan tahu
Buat dadar tahu telur ( jadi 2 atau 3 ). Sajikan dengan kuah kacang, tauge, daun bawang dan bawang goreng.

Tips :
Pilih tahu putih yang tidak asam rasanya. Namun jika nemunya tahu pasar yang kadang2 asam rasanya..ada cara mudah untuk menghilangkan aroma asamnya..yaitu rebus sebentar di air mendidih yang di beri sedikit garam.


Hemmm..sebenernya..udah ngurangi karbo...lumayan sich menunya buat diet ya..cuma next time..kacangnya nggak di goreng..tapi di sangrai..terus telur dadarnya pakai minyak tropicana slim aja..*halah..mahal..hihi..*
Ya..ya..oke dech..besok ke supermarket beli minyak tropicana slim..atau minyak canola..atau minyak jagung aja..hihi..cuma sebulan aja..hihi..demi kebayaku..yang sudah ku jahit di ukuran lebih kecil..maksa banget ya..hihi..maksudnya..biar mau diet gitu..ntar habis kebayaan..boleh maem enak lagi kok..hihi..*pengsan dech..hihi...* 

Sebulan..kira2..pipi tembemku kayak gini bisa berkurang nggak ya teman2..???....Wish me luck..hihi..*



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts