Laporkan Penyalahgunaan

Kue Cubit...Pakai Cetakan Jadul Kuningan..Hasilnya..Mulusss..^^


Pagi tadi..tumben Yodhaku kok minta makan terus..hihi..kali2 karena dingin ya..pagi hari di Semarang nich..padahal..siang dikit kayak sekarang puanass poll..pengen bikin es dawet terus..cuma nggak sempat..hihi. Tadi pagi tuch habis  sarapan..sepupunya Yodha dik Icha datang main ke rumah..eh mereka berdua terus asyik makan chococrunch sama susu..eh setengah jam kemudian udah tengok ke meja makan cari2 cemilan..adanya cuma biskuit..terus ngak jadi. Aku tanya ke kakak..mau di buatin kue..iya..katanya. ya udah..mikir..bikin kue apa yang cepat..soalnya mumpung Yodhanya mau makan..hihi..kalau kelamaan..sibuk main atau apa..udah lupa dech pengen makannya. Dan akhirnya..ingat dech..kalau cetakan kue cubit kuningan yang aku beli di Yogya kemaren belum jadi di pake..oke dech..akhirnya..aku coba aja..bikin sedikit dulu..kan masih ujicoba..eh jadinya banyak ternyata..^^..ya iyalah..kuenya kecil2 imut2..lucu dech. Dan..ujicoba pertama pakai cetakan kuningan..berhasil..mulus2 kue cubitnya..nggak cepat gosong kuenya..kayak kalau pakai setakan alumunium biasa, dulu pernah beberapa kali bikin soalnya. Selain itu..aku juga ganti resep..dan hasilnya ..lebih puas yang tadi rasanya..lebih enak. Luarnya garing..dalamnya empuk. tapi jangan berharap empuk kayak cake ya..kalau kue cubit..hihi..empuknya ya..empuk..kayak bolu2 jadul kecil2..yang rasanya khas karena di panggang di api kompor langsung gitu.

Habis matang...aku sodorin ke Yodha..eh doyan dia..habis 4 atau 5 biji tadi ya..sekali makan..seneng dech. Kue cubit punya yodha..aku taburi meises..sisanya aku panggang biasa..terus ku balik..biar hasilnya cantik..soalnya yang tabur meises belepotan..kurang cantik permukaannya..hihi. Hasil jadinya untuk tepung 125 gram..lumayan juga kok..jadi 3 kali panggang gitu..hitung sendiri ya..hihi..ya jelas..sekarang udah habis..soalnya papinya Yodha juga doyan...^^

Oh iya..tips..untuk memanggang kue cubit nich..apinya musti kecil ya..biar nggak cepat gosong..dan balik menggunakan tusuk sate, biar hasilnya mulus..kalau di abang2 tukang jualan kue cubit itu..ada sich alat tusuk khusus untuk membaliknya..karena aku nggak punya..ya pakai tusukan sate aja.bisa juga tuch..mulus2..^^
Mau coba..yukk silahkan..ini resepnya..hasil utak atik beberapa resep yang dulu dan dengan tehnik sendiri juga..ya penting jadi..hihi. Oh ya..aku suka kue cubit yang pakai ragi..jadi bisa empuk..biasanya pada di diamkan dulu ya beberapa waktu sebelumnya...kan kalau bikin kue cubit..aku tadi langsung aja..enak juga tuch..tetep empuk dan jadi..hihi..soalnya keburu kelamaan kalau di diamkan..keburu nggak mau makan kue lagi Yodhanya..^^
Resep Kue Cubit 

Bahan2 :
125 gram tepung terigu protein rendah
2 sendok makan tepung tapioka
2 butir telur
100 gram gula pasir
4 sendok makan susu cair
1/8 sendok teh garam
1/4 sendok teh ragi instan
1/8 sendok teh soda kue
1/8 sendok teh vanili bubuk
50 gram margarin, lelehkan

Cara  Buat :
Kocok telur dan gula hingga kental ( nggak perlu ngembang2 banget )
Masukkan bahan2 kering sambil di ayak, kocok rata dengan speed rendah
Masukkan susu dan margarin leleh bergantian, sambil di kocok perlahan dengan speed rendah
Panaskan cetakan kue cubit ( jika pakai cetakan dari alumunium biasa..ganjal dengan seng atau apa yang cocok ya..biar agak jauh dari api..jadi nggak cepat gosong )
Tuang adonan 2/3 tinggi cetakan saja..karena nanti akan mengembang. Tutup dan masak dengan api kecil hingga hampir matang. Nggak masalah jika kulit bawah udah kecoklatan, tapi bagian atasnya masih terlihat agak lembek, balik saja sebentar..nanti akan matang dengan cepat bagian atas kue nya,. Angkat. Sajikan.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts