Laporkan Penyalahgunaan

Ke Pasar Beringharjo Yogya..Bukan Berburu Batik Lagi..Tapi Berburu Properti & Perkakas Dapur Jadul Untuk Foto Makanan..^^


Masih..cerita mudik kemaren ya teman2..semoga tidak bosan....cuma berbagi info aja ya..semoga sedikit berguna buat teman2.atau paling enggak nambah sedikit info ya..mengenai seluk beluk Yogya..^^..karena..banyak sekali sudut2 Yogya..yang bisa kita jelajahi dengan segala keunikannya..salah satunya adalah Pasar Beringharjo. Walaupun pasar ini ada di pusatnya kota Yogya...ada di Malioboro..tapi kesan tradisional..tetep melekat di pasar ini. 




Mungkin banyak yang ke Beringharjo biasanya berburu batik, t shirt khas Yogya..atau aneka kerjainan dan oleh2 khas Yogya lainnya ya..tapi kalau aku lebih suka nguplek bagian atau sudut2 lain dari pasar Beringharjo yang menjual aneka barang2 jadul..terutama sich barang2 untuk keperluan properti foto makanan dan dapurku..hihi. Seru lho..salah satunya di kios yang aku datangi kemaren..di situ menjual aneka cangkir2 jadul, yang dulu di koleksi sama nenek atau ibu kita..terus aneka sendok2 dari kuningan..aneka piring jadul..dan yang paling aku seneng kemaren....serasa nemuin *harta karun*, karena aku nemu cetakan kue cubit dan cetakan cara bikang dari kuningan yang bener2 otentik jadul..bahannya tebal..dan bentuk kuenya ada beberapa macam dalam satu cetakan..harganya cukup murah ya..kalau di liat bahannya yang kuningan asli..cuma 150 ribu untuk cetakan kue cubitnya..dan 200 ribu untuk cetakan cara bikangnya. Wah..nggak sabar dech mau praktek bikin kue cubit jadulnya..cuma ini masih harus meyelesaikan beberapa hal yang lebih urgent dalam minggu ini..jadi di tunda dulu dech.


Jadi..kalau di rumah teman2 masih punya koleksi barang2 dapur jadul..dari ibu atau nenek kita..jangan di buang ya teman2..harganya lumayan lho..padahal kan belum masuk kategori antik ya..masih jadul aja gitu..udah mahal lho..hihi. Kayak piring2 jadul motif bunga gitu..harganya 30 ribu lho per biji..hihi..wah untung kalau piring gini..aku udah punya dari ngembat punya ibuku di Yogya..yang dengan senang hati memberikannya padaku..karena ku ganti koleksi beliau dengan aneka keramik Sango Semarang..yang lebih modern dan cantik2..hihi..Sendok2 jadulpun lumayan juga harganya..satu bijinya bisa 7 ribu. Satu set cangkir, tatakan dan tutupnya bisa 20 ribu per biji. Memang sich mahal..tapi buat aku yang suka benda2 unik..nggak pa2 dech..kan carinya juga susah..udah nggak di produksi lagi..jadi beli beberapa biji..buat koleksi dapur tidak masalah..^^

Ini beberapa hasil buruanku ...cangkir jadul hasil temuanku..salah satu motif klasik yang dulu aku ingat..yang di koleksi ibuku waktu aku masih kecil..^^ ..nggak akan ku pakai minum sich,..cuma buat properti foto makanan..kan jadi seru ya..nuansa jadul gitu..^^


Aneka sendok jadul..dari bahan kuningan..ternyata kualitas peralatan makan jaman dahulu..lebih bagus lho..dari sekarang ini..dulu aja sendoknya dari bahan kuningan tebal..berat..dan halus..keren dech..bisa jadi properti foto makanan yang nampak klasik gitu. Kalau sekarang sendok kan miyur semua ya..alias tipis2..hihi.Eh ad ayang motif ukir juga lho sendoknya..kali2 aja itu koleksi sendok Kraton Yogya kali ya..hihi..*ngarang dech*


Cetakan kue cubit jadul inilah yang paling aku suka..karena udah susah nyarinya..bahannya tebal dan berat..dari kuningan..jadi enggak bakal cepat gosong dech kuenya..kayak cetakan2 kue sekarang yang di jual di pasar2 yang terbuat dari alumunium. Dulu ibuku punya..jaman aku kecil..sama cetakan kue cara bikang..eh malah di kasih orang...senengnya bisa nemu lagi ..kemaren..serasa nemu harta karun..hihi...


Selain peralatan dapur jadul..aneka hiasan rumah..atau mainan jadul juga ada lho..Yodha kemaren nemuin kerajinan delman..becak..jadul..dari bahan tembaga atau kuningan yang klasik dan asli jadul dech..berat juga dan bagus..detail gitu pembuatannya..harganya sekitar 150 - 200 ribu..jadi nanti jika udah bosan Yodha mainnya..bisa jadi hiasan rumah yang klasik juga kan..daripada beli mainan2 modern dengan harga sama..tapi kadang cuma beberapa kali pakai langsung rusak..kalau mainan2 ini..di jamin awet dech..^^



Nah...udah dapat yang di cari..selanjutnya paling seru kalau ke Beringharjo adalah berburu kuliner ndeso khas pasarnya..kalau pagi nich..di sekitar depan pasar Beringharjo..banyak sekali penjual sarapan dengan menu pecel..mie..dan aneka lauk pauknya. Biasanya ada juga jajan pasar...cuma kemaren Lebaran kedua belum banyak yang buka ..juga ada beberapa warung terkenal di dalam pasar belum buka juga sich..jadi cuma sekilas aja ya,.kuliner Beringharjonya..next time kalau ke sana lagi..cari waktu yang nggak pas Lebaran..jadi bisa aku liput lebih banyak lagi dech kulinernya..^^





Oke..segitu aja ya..sedikit cerita tentang salah satu sudut kota Yogya..yang selalu membuat orang yang datang ke Yogya..ingin selalu kembali..kayak lagunya Katon dech..yang selalu abadi..enak terus buat di dengar..tentang..Yogyakarta..^^


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts