Laporkan Penyalahgunaan

*Jangan Tewel* .....^_^



Sayur lodeh..sayur harian..yang sangat fleksibel..mau campur bahan apa saja..bisa. Salah satu lodeh favoritku adalah lodeh nangka muda..kalau di Yogya..namanya *jangan tewel / gori*..hihi. Enak..dan tidak pernah bosan. Biasanya ibuku suka bikin lodeh ini di rumah. Sering..lha tewel / gori / nangka mudanya..tinggal petik gitu di kebun. Pelengkapnya biasanya daun so, kelapa, dll juga tinggal  petik..jadi cuma tinggal beli bumbu aja dech..kalau mau bikin sayur lodeh. Kalau sekarang ya di Semarang..harus beli..dan udah lumayan lho nangka muda ini harganya..sepotong 3 ribu sampai 4 ribu. 

Seandainya nanti punya rumah baru, hem..pengen dech punya rumah yang kebunnya luas..terus di tanami macam2 tanaman gitu, kayak nangka, pepaya, singkong, buah2 an..dll. Halah..pagi2..udah ngayal..bersyukur dech..sekarang juga udah punya rumah..dan udah punya beberapa pohon..ada pohon pepaya..nangka..tapi nangka buah..rambutan, dan belimbing wuluh dan nich..lagi rajin nanem cabe di kebun belakang..iseng..hihi. Tapi lumayan lho..kalau kepepet kehabisan cabe..bisa metik di belakang..jadi..nggak ada ruginya lho teman2..kalau mau menanam cabe sendiri di rumah...hihi.

Back to sayur lodeh..aku suka yang versi bumbunya di iris saja..jadi terasa segar gitu rasanya..enak di gado..nggak pake nasi. Mau coba teman2..silahkan..enak lho..rasa ndeso..yang selalu ngangeni..^^
Jangan Tewel / Sayur Lodeh Nangka Muda Bumbu Iris
Bahan-bahan :
200 gram nangka muda, dipotong-potong, direbus
100 gram kacang panjang
50 gram daun melinjo / daun so

8 butir bawang merah, diiris tipis
4 siung bawang putih, diiris tipis

2 lembar daun salam 
2 cm lengkuas, dimemarkan
1 sendok makan ebi, diseduh, dimemarkan, disangrai ( atau bisa pakai rebon )

10 butir cabai merah , di iris serong
1 bungkus kecil bumbu kaldu sapi dan garam secukupnya
½  sendok makan gula merah ( atau sesuai selera )

Tempe semangit 1 potong jika suka ( 50 gram )
1000 ml atau lebih santan encer atau sedang dari 1/2 butir kelapa
Cara Membuat:
Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
Masukkan ebi, cabai merah besar, cabai hijau besar, daun salam dan lengkuas serta tempe semangit.
Tuang santan. Masukkan nangka muda dan bumbu2 lain. Masak sampai nangka lunak dan bumbu meresap. Lalu masukkan kacang panjang dan daun so. Masak lagi sebentar. Sajikan

Di makan sama gimbal udang yang renyah..wah..enyakk..!





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts