Laporkan Penyalahgunaan

Inspirasi Menu Buka Puasa / Lebaran Hari Ke 27..Empal Kelem ( Semarang )


Akhirnya sempat masak2 lagi yang beneran hari ini ..hihi..setelah sibuk berkutat dengan tepung dan mixer serta oven. Dan pilihan menu..jatuh ke..Semarang lagi..hihi..yaitu Empal Kelem. Empal Kelem ini masakan terbuat dari daging sapi yang di ungkep dengan bumbu2 rempah sampai empuk dan bumbunya meresap ke daging, tetap tidak sampai asat atau kering seperti empal biasanya..sehingga di sebut empal kelem..atau empal yang tenggelam dalam kuah..hihi..kira2 begitu sich ^^..karena kelem artinya tenggelam.

Aku kenal masakan ini ya di Semarang..mungkin jika di daerah lain ada juga berarti sama ya. Di Semarang..banyak di jumpai di warung2 makan khas Jawa atau Semarangan empal kelem ini. Dan yang paling sering ku temui adalah di rumah mertua..hihi. Dalam setiap acara keluarga..masakan andalan ibu mertuaku adalah empal kelem ini..dan memang enak sich empal kelem masakan beliau..dan kalau masak jangan di tanya..banyak banget..bisa berkilo2 daging..hihi..beda sama aku..yang cukup masak 500 gram saja..udah cukup buat kami bertiga kok..daging mau lebaran..mahal Mak..hihi..100 rb per kg..jadi beli separo aja udah cukup...jadinya cuma semangkuk empal kelem kayak di foto ini..hihi..jadi kalau keluarganya banyak..ya masaknya sekalian sekilo aja teman2..sekalian gitu kan masaknya juga lama..^^

Empal kelem ini bumbu2nya sebenernya mirip terik daging Yogya..cuma bedanya kalau terik daging Yogya pakai santan kental dan berwarna putih agak pucat karena santan kentalnya meyusut dan jadi areh kental putih yang menyelimuti dagingnya..sedangkan empal kelem..santannya sedang dan cenderung encer, sehingga ketika matang..walaupun kuah mengental..tidak sampai terbentuk areh putih..seperti kalau membuat terik. Juga warna empal kelem ini lebih kecoklatan..karena di tambah sedikit kecap juga. Rasanya..tentu saja enak sekali..kuahnya aja udah enak buat di makan sama nasi..aroma daging sapi di padu rempah2 khas..yang bikin enak sekali empal kelem ini. Apalagi kalau aku masaknya aku ungkep lama pakai api kecil..jadi bumbu2 bener2 meresap dan emuk juga dagingnya. Supaya lebih gurih..aku campur juga dagingnya..separo daging bagus..separo daging berlemak..^^ 

Ayukk cobain ya teman2..bisa buat menu buka..sahur atau menu lebaran juga lho..di makan sama ketupat dan sambal goreng..cocok banget dech. Selamat mencoba .....
Empal Kelem Semarang

Bahan :
500 gram daging sapi ( bisa yang daging aja atau camur daging berlemak ), rebus dahulu sampai   setengah empuk, sisakan kaldunya untuk memeras santan.
Santan sedang 800 ml dari 1/2 butir kelapa
Daun salam 2 lembar
Sere 1 batang, memarkan
Daun jeruk 2 lembar, sobek2
Lengkuas 2 cm,memarkan
Gula merah 1 sendok makan
Kecap manis 1 sendok makan ( sesuai selera )
Kaldu sapi bubuk 1 sendok teh dan garam secukupnya

Bumbu yang di haluskan :
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh merica butiran
1/8 sendok teh jintan
4 butir kemiri
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih

Cara Memasak :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan santan, daging  dan bumbu2 lain, kecuali kecap manis.
Masak dengan api kecil hingga daging empuk, ambilseseklai di aduk dan kuah menyusut separonya..atau sesuai selera kentalnya.Terakhir masukkan kecap manis, koreksi rasa. Sajikan







Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts