Laporkan Penyalahgunaan

Inspirasi Menu Buka Puasa hari ke 25..Empal Gentong ( Cirebon )


Wah..Lebaran sebentar lagi nich..masih pada semangat ngak nich teman2..masak buat buka dan saur..masih kan..hihi..jadi biarpun sibuk bikin kue..tetep aku update ya..resep2 inspirasi buka atau sahurnya. Untung kemaren2 udah nyobain banyak resep dari berbagai daerah..jadi walaupun sibuk nich..masih bisa posting2 resep2 yang enak..dan unik dari berbagai daerah di Indonesia..antara lain..Empal Gentong..yaitu masakan khas berkuah dari Cirebon. Udah pernah makan empal gentong teman2..? Kalau di luar Cirebon...emang masih jarang ya yang jual..cuma kalau di acara2 pesta dll..sering ada juga menu gubukan empal gentong ini. Sebenernya ini mirip2 soto daging bersantan atau gule sich..enak dech pokoknya..aku dan suami..suka..sama si empal gentong ini. Katanya sich..di sebut empal gentong..karena di masaknya di gentong dari tanah liat gitu..jadi terasa unik dan khas rasanya. Wah..untuk aku punya panci dari gerabah juga..hihi..jadi bisa masaknya kayak di Cirebon dech. Tapi jika tidak ada panci gerabah..ku pikir ya enak juga kok..pakai panci biasa aja..hihi. Yang penting bumbu2nya pas..kan ya tetep enak...mau coba..ini dia resepnya ya..^^

Resep Empal Gentong Khas Cirebon

Bahan :
Daging sandung lamur 250 gram, potongkotak
Jerohan sapi  ( hati, limpa, babat , iso sesuai selera aja ) 250 gram,rebus sampai empuk, potong2.
Kayu manis 1 cm
Cengkih 2 butir
Kapulaga 2 butir
Serai 2 batang
Daun salam 2 lembar
Daun jeruk 3 lembar
Air 750 ml
Santan 500 ml
Minyak goreng 2 sendok makan untuk menumis
Kucai 3 tangkai, iris halus
Bawang merah secukupnya untuk taburan
Gula pasir 1 sendok teh
Kaldu bubuk rasa sapi 1 sendok teh dan garam secukupnya

Bumbu halus :
Bawang putih 2 siung
Bawang merah 6 butir
Kunyit 2 cm, bakar
Lengkuas 1 cm
Jahe 1 cm
Ketumbar 1 sendok teh
Jintan 1/4 sendok teh

Cara Membuat :
Panaskan minyak..tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan kayu manis, cengkih, kapulaga, serai , daun salam dan daun jeruk, tumis hingga harum.
Masukkan daging, aduk hingga daging berubah warna..lalu masukkan air, dan semua bumbu2 lain, lalu rebus dengan api kecil hingga daging empuk dan bumbu meresap.
Masukkan santan dan jerohan yang sebelumnya sudah di rebus dulu sampai empuk. Masak lagi hingga bumbu meresap.Koreksi rasa.
Sajikan hangat dengan lontong atau nasi dan taburan bawang goreng dan kucai, serta sambal dan kecap jika suka.
Tips : Kalau di Cirebon aslinya enggak pakai sambal..tapi pakai taburan cabai kering halus.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts