Laporkan Penyalahgunaan

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 24..*Sambel Penyetan* saja ya..ala Semarangan..^^


Menuku kemaren nggak banget ya teman2..hihi..menu yang super duper mudah ..tapi rasanya ..iya banget dech..hihi..siapa sich yang nggak suka sambel..menu kepepet..kalau lagi nggak ada waktu banyak buat masak..atau nggak ada bahan lain di rumah..sambel pun sudah oke menjadi teman makan yang enak buat sepiring nasi putih hangat. Sambel juga bersahabat dengan lauk apa saja..dari ikan goreng..sampai tempe goreng saja pun oke. Di Semarang..menu penyetan sangat mudah di jumpai...hampir ada di setiap sudut jalan di tempatku..hihi...apalagi yang deket2 Undip tuch di  daerah deket tempatku..wah..banyak sekali bertebaran warung2 tenda dengan menu utama penyetan..soalnya kan banyak sekali mahasiswa ya yang tinggal di sekitarnya..jadi menu begini cocok dech..kenyang..murah meriah..dan yang pasti selalu bisa di terima lidah manapun ya..kalau sambal seperti ini. Dari penyetan ikan lele..ayam..bebek...sampai penyet telur atau tempe yang murah meriah..ada dech.

Nah..kalau di Semarang.banyak versi sambal penyetan juga..cuma yang paling banyak adalah versi sambal dadak yang cabenya mentah..tapi tomat, terasi dan bawangnya matang di goreng dulu. Rasanya jadi lebih segar..apalagi di kucuri jeruk sambal..wah..bener2 dech..enak banget. Agar sambal penyetan dadak gini tidak langu cabe mentah..tuangi minyak yang benar2 panas dan mendidih ketika cabai sudah di ulek..ciri minyak panas..jika kita tuang ke ulekan sambelnya akan berbunyi keras ..mendesis gitu..dengan cara ini di jamin dech tidak akan langu sambalnya. Selanjutnya tambahkan bahan2 lain, lalu ulek rata. Sajikan dengan aneka lauk seperti ikan goreng, ayam goreng tempe goreng dll sesuai selera. Tapi sambal dadakan ini tidak bisa di simpan lama ya teman2..harus sekali saji habis..karena bahannya semi mentah..yaitu cabainya...jadi buat sesuai kebutuhan saja ya..^^
Sambel Penyetan 

Bahan :
Cabai rawit merah segar, sesuai selera aja
1 buah bawang putih, goreng
1 sendok teh terasi, goreng
1 buah tomat, goreng
Garam 1/4 sendok teh / sesuai selera
Gula merah 1/2 sendok teh
Jeruk Sambal / limau 1 buah

Cara membuat :
Ulek cabai rawit merah dan bawang putih serta terasi, garam dabb gula. Tuangi minyak mendidih, aduk rata.Masukkan tomat. Ulek hingga rata. Kucuri dengan jeruk sambal sebelum di sajikan.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts