Laporkan Penyalahgunaan

Cake Peta 2


Cake peta..kenapa di namakan demikian..karena motifnya kayak peta..hihi. Beberapa waktu lalu cake ini sempat nge top  di antara para blogger dari Malyasia..dan aku ikutan nyoba..karena suka motifnya yang lucu..kayak peta. Kalau basic cakenya sich butter cake biasa..jadi kita bisa menggunakan resep butter cake versi mana saja yang cocok sesuai selera..tapi cara membentuk motif petanya itu yang harus di perhatikan.  Motif seperti peta ini bisa terbentuk..karena setiap layer adonan di taburi coklat bubuk. Mungkin teman2 ada yang berpikir akan pahit..tidak kok..taburi tipis2 aja.dan merata coklat bubuknya..nah nanti akan jadi pembatas dan pembentuk motifnya. Coklat bubuk ini juga menjadi tambahan rasa tersendiri di cakenya..enak..jadi nggak membosankan seperti butter cake biasa. Gunakan ayakan yang berlubang halus untuk menaburkan coklat bubuknya..biar bisa halus dan tipis merata hasilnya.

Tadi iseng mau bikin 4 layer..eh lha kok malah layer ke tiga ..lupa ngayakin coklat bubuknya..hihi..jadi enggak keliatan batasnya itu yang layer ke tiga  sama ke empat..cuma keliatan beda warna. Memang uniknya cake peta ini..setiap orang yang buat masing2 akan mencitakan motif petanya sendiri..tidak akan sama..aku aja  beberapa kali membuat cake peta ini..motifnya selalu berbeda2..hihi..jadi seru aja..berasa dapat kejutan di setiap cake yang kita buat..jadi kadang nggak sabar untuk segera memotongnya dan melihat hasil motifnya seperti apa.

Ayukk...yang belum punya ide cake suguhan buat Lebaran nanti..cobain dech..enak lho..cakenya empuk dan moist..terus motifnya yang unik..pasti dech akan lagsung jadi pusat perhatian para tamu di rumah kita ketika Lebaran..selamat mencoba..^^

Cake Peta

Bahan :
200 gram margarin
50 gram butter
5 butir telur
225  gram gula
300 gram tepung terigu protein sedang, dan 1 sendok teh baking powder
125 ml susu cair
1 sendok teh pasta vanila
1 sendok teh pasta pandan.

Cara Membuat :
Ayak tepung dan baking powder
Kocok margarin, mentega dan gula hingga putih dan lembut.
Masukkan telur satu persatu sambil di kocok hingga rata.Masukkan pasta vanila.
Masukkan separuh tepung terigu , kocok rata dengan speed rendah, lalu masukkan susu cair, kocok rata juga.
Masukkan sisa tepung terigu dan kocok perlahan dengan speed kecil hingga rata.
Bagi adonan jadi dua, satu biarkan putih, dan satu tambahkan pasta pandan, aduk rata.
Siapkan loyang kotak ukuran 20 x 20 x 7 cm, alasi dengan kertas roti dan olesi margarin sekelilingnya.
Tuang adonan warna putih 1/4 bagian, ayaki dengan coklat bubuk, lalu tuang 1/4 adonan warna hijau, ayaki dengan coklat bubuk  lagi. Lalu tumpuk lagi dengan sisa 1/4 adonan warna putih, lalu ayaki lagi dengan coklat bubuk.
Terakhir tumpukan adonan sisa warna hijau..tidak perlu di ayaki coklat bubuk..kalau terakhir. 
Panggang selama kurang lebi 40 menit..di suhu 170 C (atau tergantung oven masing2 ya lamanya )



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts