Laporkan Penyalahgunaan

Butter Cake Dasar...Dengan Tehnik Kuning Telur dan Putih di Kocok Terpisah



Ada macam2 cake..ada butter cake..sponge cake..chiffon cake..dll..seperti yang udah pernah aku posting di sini. Aku selalu excited..mencoba resep2 cake baru..cuma yang jadi masalah..adalah..siapa yang akan menghabiskan seloyang cakenya..hihi. Suami dan anak..kurang begitu hobby makan cake..mereka lebih suka makan roti daripada cake..jadi..aku bikin cake..kalau mau di kasih ke orang..atau buat acara2 tertentu saja kadang.Padahal..pengennya sich..sering sering mencoba berbagai resep cake baru gitu biar nambah ilmu terus. Ya..tapi...tidak apa lah..masih banyak resep2 lain yang bisa tetep di coba dan keluarga suka..soalnya kan memang niat masak..buat keluarga tercinta kan..jadi masak yang di sukai keluarga ..itu yang terpenting.

Tapi..berhubung Yodha mau ulang tahun..September besok..dari minggu kemaren aku udah uji coba beberapa resep cake untuk ultah Yodha. Tahun ini requestnya temanya Mickey Mouse Club House..seri kartun favoritnya di Disney Junior..dari kue ultahnya..goodie bagnya..sampai kadonya..hihi..minta yang serba Mickey..e alah..udah besar lho Kak kamu itu..masih aja mau ultahnya pakai tema kartun..hihi. Ya udah..demi Yodha..apa sich yang nggak. Nah..rencana akumau bikin cake yang bertingkat dua..terus pakai fondant aja..biar lebih mudah menghiasnya..dgn tema Mickey..jadi..base cakenya musti cake yang kokoh..bukan seperti  sponge cake..dll. Nah..yang paling cocok adalah butter cake.Karena cakenya padat dan kuat jika di tumpuk cake lain di atasnya. Jadilah..pengen uji coba dulu beberapa resep buttercake..dan cari mana paling oke..buat kuenya yodha nanti. 

Kemaren mulai uji dengan resep dasar butter cake yang sering ku buat..yaitu yang pakai telur 6. Tapi pengen yang sedikit lebih moist dan lembut di banding butter cake biasanya yang memang padat ya jenis butter cake ini...makanya aku pakai tehnik kuning dan putih telur di kocok terpisah. Hasilnya..oke..lebih moist daripada biasanya, manisnya pas..dan wangi vanilla..enak..karena aku pakai vanila dari Ny Liem..ternyata memang wangi banget. Beruntunglah di dekat rumahku ada TBK yang komplet..dan yang punya juga gaul..selalu ngikutin trend perbakingan..jadi bisa dapat bahan2 bagus dan berkualitas dech..nggak perlu jauh2 turun gunung ke Semarang bawah.Tapi..ini baru percobaan pertama..besok mau coba beberapa resep lagi..buat perbandingan. aku simpan dulu resep yang ini di sini ah...biar nggak lupa..kalau buat lagi.Cuma, ternyata loyang bongkar pasangku agak kegedean untuk membuat satu resep ini..jadi next time..kalau mau penuh satu loyang isinya..musti buat 1 1/2 resep dech, jika memakai resep ini...catet..sekalian..biar nggak  lupa..hihi...soalnya rencana memang pakai loyangku yang ini..loyang bongkar pasang dan bagian bawah bisa datar bulat saja atau bentuk tulban..jadi sekalian tes loyang juga..perlu berapa resep gitu.agar penuh dan setinggi loyang ini cakenya nanti.
Resep Dasar Marble Butter Cake 
( Versi Kuning dan Putih telur di kocok terpisah )

Bahan A :
250 gram margarin
6 kuning butir telur
100 gram gula pasir 
280 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok teh baking powder
20 gram maizena
100 ml susu cair
1/2 sendok teh pasta vanila

Bahan B :
6 putih telur
100 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam

Bahan C  :
Pasta coklat secukupnya

Cara membuat :
Olesi loyang bulat atau loyang tulban dengan margarin, taburi permukaannya dengan tepung sampai rata.

Adonan pertama :
Kocok margarin, pasta vanila dan gula sekitar 5 menit sampai lembut.
Masukkan kuning telur satu persatu, kocok rata.
Masukkan tepung terigu, baking powder, tepung maizena sambil di ayak dan di kocok perlahan bergantian dengan susu cair. 

Adonan kedua :
Di wadah lain yang berih, kocok putih telur ( dengan mixer yang bersih juga ) dan garam sampai setengah mengembang, lalau masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil di kocok sampai kaku ( soft peak,  liat foto ya )
Campurkan adonan pertama ke putih telur yang sudah mengembang, tuang sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga rata, aduk melipat dari bawah ke ats, jangan terlalu kuat mengadauk ya..supaya tidak bantat cakenya. Ambil sedikit adonan , beri coklat pasta, aduk rata.
Tuang adonan putih di loyang, beri adonan coklat secara acak, tuang adonan putih lagi. Bentuk marmer dengan bantuan tusuk sate.
Panggang di oven suhu 180C selama 50menit.
Dinginkan di rak kawat. Sajikan





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts