Laporkan Penyalahgunaan

Bikin Nasi Uduk Sendiri..Lebih Enak..^^


Nasi uduk..adalah olahan nasi putih gurih khas Betawi...yang di aron..dan di kukus dengan aneka bumbu rempah2, hampir mirip dengan nasi gurihnya orang Jawa Tengah. Pas weekend kadang suka beli nasi uduk di sini. Cuma..nasi uduk di Semarang kok beda versi ya.sama nasi uduk Jakarta yang pernah aku makan. Di sini nasi uduk yang di jual buat sarapan pagi2..lauknya malah bihun goreng..dan nggak pakai sambel kacang. Nah..karena Yodha dan papinya suka nasi uduk.aku penasaran untuk mebuat sendiri di rumah. Dan ..tentu saja mencoba membuat nasi uduk versi aslinya..yaitu versi Jakarta. Karena aku bukan orang Jakarta..jadi belum tau nasi uduk bumbunya gimana..kalau nasi gurih Jawa sich udah sering bikin. akhirnya..bongkar2 arsip majalah dan tabloid resep..ketemu dech nasi uduk yang asli Betawi. Resepnya dari tabloid info kuliner yang sering mengulas warung2 makan terkenal..dan juga resep2nya..jadi mustinya otentik  dech resepnya. Aku suka memang tabloid info kuliner ini..soalnya kadang2 jadi tau..resep rahasia..suatu masakan atau warung yang sudah terkenal..walaupun aku belum pernah mencobanya sich di warung aslinya..tapi paling tidak mencoba memasak sendiri..jadi tetep bisa di review kan rasanya...^^

Nah..resep nasi uduk ala Jakarte..yang aku coba kali ini resep aslinya dari Warung nasi uduk yang terkenal di Jakarta..dan setelah aku coba..hemm..jadi tau bedanya..memang nasi uduk ini lebih kaya bumbu rempahnya..daripada nasi gurih biasa. Jadi selain gurih..juga harum rempah2nya. Dan..hasilnya..suka..Yodha dan papinya..lahap makannya.enak..dan gurih..wangi rempah. Cuma..aku masih agak takut2 kalau terlalu wangi rempah. Ternyata enggak juga..^^

Nasi uduk ini enak di sajikan dengan dengan ayam goreng atau bakar, empal, tempe, tahu goreng, dll, dan jangan lupa sambal kacangnya. Jika ingin lauk yang lebih sederhana, bisa telur dadar yang di iris tipis2, kering tempe atau semur telur dan tahu. Kemaren..harum nasi uduk ini benar2 menggoda imanku yang lagi diet..huhu...apalagi di tambah bacem kepala goreng ayam favoritnya Yodha...hihi. Enggak pa2 lah..tetep harus masak yang enak dong..buat suami dan anak tercinta.^^ Selamat mencoba ya teman2..jika suka nasi uduk juga.

Resep Nasi Uduk Jakarta

Bahan :
400 gram beras
625 santan dari 1/2 butir kelapa ( Secukupnya )
3 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
2 cm jahe, biarkan utuh
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 butir biji pala, biarkan utuh
3 cm kayumanis
5 butir cengkeh
Garam secukupnya
Bawang goreng secukupnya 

Cara Membuat :
Cuci beras hingga bersih, lalu rendam 30 menit.
Masak hingga setengah matang
Rebus santan dan semua bumbu rempah hingga mendidih.
Tuang ke beras yang sudah setengah matang sedikit demi sedikit. Tidak perlu di habiskan jika sudah cukup rata meresap  ke  berasnya..agar tidak lembek nasi uduknya. Ambi rempah2nya ( kalau aku yang ikut ku kukus cuma daun salam, lengkuas dan serehnya..takut terlalu wangi rempah nasinya...hihi )
, masukkan ke adonan aron.
Kukus sampai matang kira2 30 menit ( aku lamain dikit.soalnya suami dan anak suka nasinya agak pulen..)
Sajikan dengan pelengkap bawang goreng, ayam goreng, telur dadar dll..serta sambal kacang.


Sambal Kacang :
250 gram kacang tanah
50 gram cabai merah, haluskan
300 ml air
1 sendok makan gula pasir
Garam secukupnya
1 sendok makan kecap manis
1 buah jeruk limau / jeruk sambal

Cara Membuat :
Sangrai kacang hingga matang, haluskan
Campur dengan bahan sambal lain dan masak hingga kental. Sajikan dengan perasan jeruk limau.



Selain ayam goreng dll, kering tempe dan kentang seperti ini..juga cocok di makan sama nasi  uduk..^^




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts