Laporkan Penyalahgunaan

Basil Versus Kemangi..


Iseng...lagi cari2 info apa bahasa Inggrisnya kemangi..eh ternyata jawabannya ada beberapa versi...ya sudah .nurut dari Mbah Wiki saja..yang biasanya lebih ilmiah njelasinnya..hihi. Nah..karena lagi bahas kemangi nich..aku jadi ingat juga jenis daun yang beraroma lain..*saudara dekatnya*...yaitu daun basil..itu tuch daun kayak kemangi..mirip banget penampakannya..memang...( foto di atas....itu foto daun basil..), yang biasa di pake untuk masakan luar. Dulu pernah pas beli basil gitu di supermarket dan waktu bayar di kasir..mba2 kasirnya bilang...ibu beneran mau beli *daun ini* atau kemangi bu..?..Wah..ngece nich Mbaknya..batinku..di kira nggak tau basil daku..hihi. Dengan kalem aku tunjukin ke mba kasirnya..iya mba..bener kok..mau beli daun ini..ini namanya daun basil kan..nich mau bikin spaghetti ala pesto..yang pakai daun basil dan tomato chery ini..sambil ku sodorin aja belanjaanku..yang emang cuma tiga macem itu..hihi. Gantian Mba kasirnya dech yang tersenyum malu..hihi.

Ini rangkuman mengenai daun daunan beraroma seperti basil dan kemangi ya :

Selasih, tlasih, basil, atau basilikum (Ocimum) adalah segolongan terna yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum). Berbagai bagian tumbuhan ini berbau dan berasa khas, kadang-kadang langu, harum, atau manis, tergantung kultivarnya. Beberapa di antaranya bahkan dapat membuat mabuk. Beberapa jenis selasih, misalnya kemangi, berasal dari Asia Tenggara, namun sebagian besar dianggap berasal dari anak benua India.

Orang Eropa secara tradisional mengenal O. basilicum ("basil" atau "sweet basil") sebagai rempah yang diwariskan dari tradisi Yunani Kuno. Di India, selasih yang paling dikenal adalah "tlasi" atau "tulasi" ("holy basil", O. tenuiflorum syn. O. sanctum). Nama Melayu selasih diambil dari nama ini melalui bahasa Sanskerta. Warga Indocina dikenal menggunakan berbagai kultivar selasih. Di Thailand dan negara-negara lain setempat dikenal "horapa" ("Thai basil", O. basilicum convar. Thyrsiflorum) dan "manglak" ("Thai lemon basil", O. ×citriodorum). Horapa populer sebagai bagian dari menu Vietnam, misalnya pada sup sapi phở. Manglak dikenal di Indonesia sebagai kemangi.

Jadi kesimpulannya..*kemangi*..menurut Mbah Wiki bahasa Inggrisnya..*Thai Lemon Basil*..oke dech noted.

Lalu apa bedanya basil dengan kemangi..nah..kalau ini..nggak usah tanya Mbah Wiki..daku juga tau bedanya..hihi. Apa bedanya..beda aroma..beda rasa..dan juga beda gunanya..hihi. Paling mudah memang kalau udah pegang dan mencium aroma basil secara langsung..kita langsung mencium aroma yang berbeda dengan aroma kemangi..kalau basil lebih ada aroma mint2nya gitu. Nah..bentuk daunnya walaupun mirip sebenernya juga sedikit beda sich. Nah..gunanya juga beda..sama2 buat masakan sich..kalau basil biasanya buat hidangan ala barat sono..kayak pasta saus pesto...buat salad..dll..Nah kalau kemangi ya paling enak lah buat di pepes..buat lalap dll..hihi..pasti udah hafal kan teman2.Kalau di suruh milih..basil atau kemangi..aku pilih kemangi saja dech..hihi..soalnya sempat nyoba juga dulu basil ini buat pasta yang terkenal gitu yaitu pesto..karena penasaran aja gimana rasanya...hemm..belum bisa nerima dech lidahku..hihi..lidah ndeso *..lha masak daun basilnya di blender, terus di masak sama pasta..masih aneh aja sich menurutku. Nah..kalau kemangi buat lalap..hayo..mau sepiring kemangi juga habis..apalagi ada sambal tomat atau sambal terasinya..plus ayam atau ikan gorengnya ...*ingat diet Mak..diet..hihi*..cuma membayangkan saja kok..^^

Jadi teman2.yang belum tau basil.semoga bermanfaat ya sedikit infonya..tetep..I love kemangi ketimbang si basil..hihi.

Nah..kalau di olah..daun basil..salah satunya jadi spaghetti saus Pesto..kayak gini : Kalau teman2 nanya enak rasanya ?..Hemm..gimana ya..hihi..sedikit aneh...belum cocok aja di lidahku..^_^




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts