Laporkan Penyalahgunaan

Air Abu Merang..Pewarna Hitam Alami Eksotik..^^


Judulnya..lebay..hihi..biasa..biar nggak ngantuk ya teman2..habis ngerapiin file foto...nemu foto abu merang..dan jadi ingat dulu pernah janji posting foto abu merang ini ke teman2. Ini lho..wujud abu merang..ya kayak bubuk hitam biasa kan..hihi. Abu merang inilah yang aku pakai untuk membuat air abu merang..dan di gunakan untuk pewarna makanan alami..seperti dapet ireng, jongkong surabaya, kue lompong, tausa kacang hijau..untuk bikin ketupat..juga enak..ketupat merang..jadi warnanya hitam..^^

Fungsi abu merang ini..selain buat pewarna alami..juga sebagai pengenyal gitu. Jadi rasa kue yang memakai abu merang ini..sangat khas dan unik sekali. Dan..nggak bisa di gantikan dengan pewarna hitam biasa aya..fungsi abu merang di kue2 tersebut..dari segi rasa. Kalau dari warna sich..bisa2 aja..^^

Cara membuat abu merang ?..Mudah sekali..jika punya merangnya lho..hihi. Nah..apa itu merang..merang adalah batang pohon padi. Ambil merang atau batang padi yang sudah menguning tua...kemudian taruh di panci bersih, lalu bakar dech. Jadilah abu merang, lalu kita ayak dan saring..supaya menjadi bubuk abu yang halus. Nah..masalahnya..kalau tinggal di kota..di mana bisa ketemu merang ya..hihi. Untunglah..di Yogya..di t4 ortuku..masih banyak merang..jadi..kalau butuh abu merang..tinggal bilang ibuku saja..dan ku ambil..kalau aku pas  pulang ke Yogya. Dan..ibuku sendirilah yang akan membuatkan abu merang ini..jadi..di jamin bersih dech. 

Cara menggunakan abu merang..cukup mudah..campur abu merang dengan air, aduk rata, dan biarkan mengendap sebentar dan berubah jadi air berwarna hitam..atau kalau perlu akan segera di gunakan, langsung di saring saja dengan saringan yang sangat halus ya..jadilah air abu merang dan siap di gunakan untuk campuran pembuatan makanan. Tapi..air rendaman ini..hanya bisa di pakai sekali ya..jangan di simpan lama. Kalau mau menyimpan..simpanlah  dalam bentuk abu merangnya..di wadah tertutup rapat gitu..awet kok. Jadi sewaktu2 butuh..tinggal di cairkan lagi..jadi air abu merang.

Oh iya..selain untuk campuran kue2 tradisional..air abu merang yang di endapkan semalaman sehingga menjadi bening..konon katanya bisa di pakai sebagai pengenyal alami untuk pembuatan mie..sebagai pengganti borax...wah..sipp donk..jadi lebih sehat dan aman buat kesehatan. Tapi..kalau yang ini..aku belum coba..kapan2 tak cobanya dulu ya..supaya tau benar atau tidak. Air rendaman abu merang yang bening ini..yang katanya di sebut sebagai air kie..mengapa bisa mengenyalkan..karena katanya..air ini mengandung soda abu. Tunggu uji coba ku ya..teman2..nanti tak ceritain dech hasil mienya..kalau aku udah buat ya..^^

Selamat mencoba..^^..kayak gini nich..kue2 tradisional yang pernah ku buat dengan air abu merang..^^

Update info 23 Desember 2013 :

Buat teman2 yang memesan abu merang kemaren..silahkan email aku di bundadidi@gmail.com...aku udah ada nich stocknya.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts