Laporkan Penyalahgunaan

Yukk..Mari Menggoyang ..si *Kembang Goyang Pandan*..^^


Hihi..judul yang aneh dan lebay ya teman2..maksudnya..yukk mari bikin kembang goyang..!..^^

Suka kembang goyang teman2..?..Yappp..jajanan jadul unik yang sampai sekarang masih banyak sich ya di jual..di tempat2 grosir snack..toko oleh2 atau di supermarket...banyak juga. Mengapa di sebut kembang goyang..ya karena cara membuatnya...harus di goyang2 di minyak panas..supaya lepas dari cetakannya yang berbentuk bunga..atau dalam bahasa Jawa di sebut *kembang*. Nah..biasanya kan kembang goyang warnanya kuning kecoklatan aja..biar lebih genjreng dan harum pandan baunya..aku bikin pakai pasta pandan dech..dan campuran wijen juga..hemmm..jadi harum dan gurih wijen..enak..renyah.

Aku udah beberapa kali bikin kembang goyang..dari beberapa versi resep..tapi dulu selalu aja ada yang kurang..terlalu empuk lah..karena kebanyakan telur..atau cepat gosong lah..karena kebanyakan gula..dll. Nah..kali ini udah cucok dech dengan uji coba kali ini..rasanya udah otentik..rasanya kres..masih ada gigitannya..hihi..aku suka kembang goyang yang nggak terlalu empuk..jadi suka yang ala jadul gitu..yang masih terasa kres kres waktu di gigit, dan renyah. Sukses dech hari ini bikin kembang goyangnya..dan lebih cantik hasilnya..karena memakai pasta pandan. Jadi selain cantik , kembang goyangnya juag harum aroma pandan.

Mau coba..yukk catet ya resepnya..cuma aku bikin sedikit aja sich..soalnya yang suka jajanan jadul gini..cuma aku di rumah..jadi cuma jadi setoples aja. buat di cemal cemil sendiri..hihi. Semoga bisa menjadi inspirasi ..snack kering pengisi toples buat ntar Lebaran ya..selain kue kering...hihi..puasa aja belum..udah mikir lebaran..ya teman2..soalnya takutnya deket2 Lebaran malah sibuk aku ..jadi ntar nggak bisa coba2 resep cemilan gini..jadi mumpung masih banyak waktu sekarang2 ini aja share resepnya ya..Semoga bermanfaat....

Kembang Goyang Pandan

Bahan-bahan :
    150 gram tepung beras
     50 gram gula  halus
    1 butir telur
    1/4 sendok teh garam
    200 ml santan dari 100 santan instan yang di cairkan, di tambah beberapa tetes pasta pandan atau dari 1/2 butir kelapa
     2 sendok makan wijen
    Minyak goreng untuk menggoreng
Cara Pengolahan :
  • Aduk tepung beras, gula pasir halus, telur, garam, santan, dan wijen sampai rata.
  • Panaskan cetakan kembang goyang dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang.
  • Celup cetakan ke adonan. Masukkan dalam minyak sambil digoyang-goyang sampai terlepas.
  • Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kering. Dinginkan.
 Tips :
  • Gunakan api sedang untuk menggoreng kembang goyang ini..supaya tidak  mudah gosong.
  • Cetakan sebelum di celup ke adonan, harus benar2 di panaskan dahulu di minyak panas..supaya adonan menempel sempura di cetakan, tapi waktu mencelupnya..jangan sampai cetakan tenggelam..cukup sampai batas atas cetakan..supaya tidak terkunci adonan ..cetakannya..jadi biar mudah di lepas.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts