Laporkan Penyalahgunaan

Wedang Gedang


Gimana puasa hari ini teman2..hari pertama beratkah ?..atau biasa aja..lancar2 aja..aku kok begitu ya..santai aja puasa..nggak merasa berat ..mungkin karena sibuk aja ya..dan have fun..biasa..bereksplorasi di dapur..ngurus Yodha..atau di depan komputer..ya seperti hari2 biasanya..dan tau2 udah sore aja..hihi. 


Tapi puasa kali ini..kalau sore Semarang hujan terus nich dari kemaren..jadi wedang gedang ini cocok dech sebagai menu penghangat badan dan juga sebagai menu pembuka yang manis. Rasanya..legit pisang dan harum aneka rempah di kuahnya..sungguh eksotis dan seger..badan juga jadi hangat dech. Apa itu wedang gedang?..Sebenernya itu idem saja dengan setup pisang, bahan2 dan pembuatannya..cuma..karena temanya lagi keliling nusantara buat mencicipi hidangan khas dari aneka daerah nich..jadi kita namain aja..wedang gedang aja ya..seperti minuman khas Gunung Merapi Yogya..biar seru..hihi..tapi ya di sebut setup pisang juga boleh2 saja. Wedang dalam bahasa Jawa artinya minuman..Gedang artinya Pisang...jadi wedang gedang adalah minuman yang terbuat dari pisang. Teman2...sudah pernah wisata Merapi setelah terjadi bencana awan panas di Yogya kemaren? Nah..sekarang kan daerah tempat tinggal Mbah Maridjan dan sekitarnya..di buat wisata khusus ..kita bisa ke sana..dengan naik mobil2 off road..yang di sewakan..tapi udah ada sopir dan pemandunya..mengelilingi sekitar daerah bekas bencana merapi. Nah..salah satu minuman khas yang di sajikan untuk pengunjung adalah Wedang Gedang ini..cuma ..kalau di sana..di potong kecil2 kotak gitu pisangnya..kalau aku kok suka..di potong gede2 aja..biar lebih cantik penampilannya gitu. Jadi..mau coba wedang gedang..nggak usah jauh2 ke Merapi ya..mahal juga soalnya..wisata nya..satu mobil kemaren Lebaran aja sewanya 250 ribuan..hihi..nggak tau sekarang...tapi sekali2 ke sana nggak pa2 juga lho teman2..biar kita semakin mensyukuri nikmat dan karunia Nya. Jika mau wisata khusus ke sekitar daerah bencana Merapi.bisa datang ke Kawasan Taman Wisata Kaliurang..di atasnya warung Jadah Tempe Mbah Carik..di situ biasanya banyak yang nawari mobil2 off road untuk wisata menyusuri kawasan bencana merapi kemaren. Ya..siapa tau Lebaran nanti ada yang mau jalan2 ke Yogya..sekedar informasi ya teman2..^^

Kembali ke wedang gedang atau setup pisang..yukk jika suka minuman hangat di bulan puasa gini..silahkan di coba..ini resepnya ya..:

Wedang Gedang / Setup Pisang

Bahan :
6 buah pisang kepok kuning yang sudah tua
3 cm kayumanis batang
2 butir cengkih
800 ml air
200 ml sirup gula merah cair / sesuai selera manisnya ( resep liat di sini)..atau gula merah biasa secukupnya yang di sisir.
2 daun pandan, buat simpul
Sejimpit garam

Cara membuat :
Rebus air, gula, kayu manis, cengkih, dan daun pandan sampai mendidih, masukkan pisang. 
Masak hingga pisang matang, tapi jangan sampai lembek. Cicipi manisnya hingga pas..selera sebelum di sajikan.
Sajikan hangat



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts