Laporkan Penyalahgunaan

Tips Membuat Ketupat Yang Enak


Wah..enggak terasa sebentar lagi Lebaran ya teman2. Menu masakan apa yang biasa di sajikan buat Lebaran di rumah teman2..pasti salah satunya ketupat ya. Ketupat..mudah sich membuatnya..nggak perlu repot2 ngayam sendiri selongsong letupatnya. Cukup beli di pasar banyak ya biasanya deket2 hari lebaran. Cuma kadang memasak ketupatnya yang perlu trik khusus supaya hasilnya enak..soalnya..kadang2 kalau bikin ketupat ada yang keras..atau lembek..dll.

Nah..mumpung masih ada waktu kita belajar dulu yukk..sama2..cara bikin ketupat yang enak...^^..biar sipp nanti hasil ketupat lebarannya..dan jadi lebih sepesial dech buat merayakan Lebaran nanti.

Tips Membuat Ketupat Yang Enak
  • Pilih selongsong ketupat siap pakai yang rapat, ukurannya sama.
  • Gunakan beras jenis IR 42 , karena beras ini bisa mengembang dan lebih banyak hasilnya untuk ketupat. Atau gunakan jenis beras yang sedang, yang tidak terlalu pera atau pulen. Kalau terlalu pulen berasnya ketupatnya cenderung lembek..
  • Cuci beras hingga bersih..lalu rendam beberapa saat, sebelum di masukkan ke selongsong ketupat.
  • Mengisi selongsong ketupat harus di perhatikan jenis beras yang di gunakan. Jika memakai jenis beras yang pulen, isikan 2/3 bagian. Namun jika memakai jenis beras yang pera..isikan 1/3 bagian kapasitas selongsong ketupatnya saja..karena nanti akan mengembang.
  • Masukkan ketupat yang sudah di isi beras di air yang sudah mendidih dan harus terendam semua bagiannya. Panas juga harus merata dan stabil..jadi lebih baik gunakan panci besar. Jika air menyusut, tambahkan lagi air, tapi jangan air dingin, melainkan air mendidih agar suhu tetep stabil.
  • Proses merebus ketupat ini bisa membutuhkan waktu minimal 4 jam atau lebih..tergantung jumlah ketupat yang di masak..jadi jika masak ketupatnya dalam jumlah kecil..lebih enak pakai slow cooker..bisa di tinggal tidur..paginya udah mateng sendiri dech..hihi.
  • Tiriskan ketupat dengan di angin2 kan dan di gantung..supaya lebih tahan lama.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts