Laporkan Penyalahgunaan

Resep Kue Bawang Gurih dan Renyah..^^



Kue bawang..atau keripik bawang..adalah makanan favorit kalau lebaran..dari kecil..hihi. Dulu pas jaman kecil suka liat ibu bikin kue ini buat lebaran..rasanya yang gurih dan nggak mbosenin..jadi favorit semua dech di rumah. Sejak suka masak..aku sering bikin kue bawang ini..mulai bereksplorasi dengan bermacam resep. Dan..akhirnya tau..kue bawang yang enak..adalah yang memakai banyak bawang merah di adonannya. Jadi jangan heran ya..kalau aku pakai 100 gram bawang merah di resep ini. Rasanya ..enak sekali..gurih banget...bawang merahnya kan jadi kering dan jadi bercak2 kemerahan cantik di  kue bawangnya itu. Selain bawang merah yang banyak, juga pakai sledri yang banyak..hemmm..jadi harum dech kue bawangnya.

Kue bawang yang ku buat ini..udah pas..renyah tapi empuk..dan tetep berasa gigitannya..kriuk kriuk gitu. Jadi..suka dech..dan nggak berhenti makan kemaren..eh Yodha juga suka juga ternyata..tumben..biasanya ogah dia  kalau nggak pake keju..enak juga kan Kak...kue bawangnya..hihi..nggak tau dia kalau pakai bawang merah banyak2..biasanya kalau di nasi goreng nemu potongan bawang goreng aja...suka protes..aku nggak suka bawang mi..! katanya. Kemaren di campur di kue bawang ini..kok nggak protes..hihi.

Nah..buat yang suka kue bawang juga.yukk di coba..lumayan lho..bisa jadi cemilan murah meriah..buat pengisi toples lebaran. Kalau cheese stcik kan musti pakai keju..mahal kan..nah..kalau kue bawang nggak perlu. Rasanya..tak kalah enak kok dengan cheese stick..^^..Selamat mencoba..
Kue Bawang

Bahan :
200 gram tepung terigu protein sedang
20 gram tepung tapioka
30 gram margarin
1 bungkus kecil kaldu ayam bubuk / garam sesuai selera
2 siung bawang putih, haluskan dan 100 gram bawang merah, haluskan kasar atau parut. ( jika tidak suka bawang banyak2 kurangi aja sesuai selera ya..^^ )
2 sendok makan sledri cincang ( sesuai selera )
1 butir telur, di kocok lepas
1/2 sendok teh baking powder
2 sendok makan air es ( atau santan juga boleh..jika mau lebih gurih )
Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat :
Aduk semua bahan hingga bergumpal ( nggak perlu di uleni kuat2 ya..supaya tidak keras kue bawangnya )
Giling di gilingan mie di ketebalan no 8 atau 9. * Jika tidak ada gilingan mie..ya di tipiskan manual aja..pakai rolling pin atau botol.. tapi capek lho..suer..hihi..jadi lebih mudah pakai gilingan mie saja ya..*
Patong2 sesuai selera.
Goreng di minyak panas hingga kuning kecoklatan.
Simapn di toples jika sudah dingin ya..

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts