Laporkan Penyalahgunaan

Resep Dan Foto Cilok..Baru..^^



Judul yang lebay..hihi..abisnya gemes dan geli teman2..dulu belum lama bikin cilok..dan ku posting di blog sebelum ganti domain kemaren...eh karena nggak di watermark fotonya..udah beredar dech di beberapa web atau blog lain..ada yang web masakan juga..ada yang majalah remaja..bahkan dari web online media terkenal..foto cilok ku di jadiin image untuk berita kriminal..hihi..geli banget aku. Wartawan gitu kan biasanya di kasih fasilitas kamera ya..dari kantornya..kenapa..nggak modal aja 2000 buat beli cilok di abang2 gitu..atau motret abang2 ciloknya sekalian..hihi..lha  ini main sambar aja di blog orang lain..terus di jaiin foto berita kriminal pula..hua..asli aneh..hihi. Tapi ya percuma mau di kompalin..lagian emang dulu nggak ku watermark..karena pas waktu itu lagi males aja motret pakai kamera DSLR..jadi cuma asal jepret aja pake kamera digital biasa..ku kira nggak bakalan di comot orang..ternyata..laku juga..hihi. Ini fotoku yang di ambil beberapa web..masih ada  beberapa lagi sich yang ngambil foto cilok ku..cuma lupa tak foto webnya...mau cari lagi males..hihi..ikhlasin aja dech..cuma foto atu ini. Nah tadi..bikin cilok aja lagi..dan di foto lagi dech ciloknya..dengan piring yang sama..dan di bikin lebih manis..dan jangan lupa..kasih watermark..gede2..^^



Nah..daripada pusing2 mikirin foto yang di ambil orang..lebih baik..bikin cilok  lagi..dan di foto lagi..yang lebih bagus..hihi..beres kan..lha wong bikin cilok itu super mudah dan murah kok..jadi kenapa musti ambil  foto orang ya,..web2 itu..hihi. Tadi emang lagi pengen cilok..sekalian update resep kemaren dech yang masih agak kenyal. Setelah ku utak atik lagi..jadi empuk dech sekarang hasilnya..walau tetep kenyal dikit..ya namanya juga cilok..kalau nggak kenyal..ya bukan cilok dong..hihi. Aku tambahin ebi juga di adonannya..dan hasilnya..tambah enak dan gurih..! Suka..aku versi cilok yang baru ku revisi resepnya ini..dan bumbunya juga bikin sendiri..nggak kayak kemaren yang pakai bumbu pecel instan..dan memang lebih enak dan fresh ..kalau bikin bumbu sendiri. Suamiku yang biasanya nggak mau cilok..doyan dech tadi....karena gurih banget. Yodha juga mau..alhamdulillah..tapi minta di goreng ciloknya..dan ternyata..enak juga lho..cilok goreng..hihi..lebih menonjol gurihnya. Jadi nyesel tadi cuma bikin dikit..karena aku akhirnya cuma kebagian dikit ciloknya..hihi..


Jadi.ayukk atuh bikin cilok sendiri di rumah..mudah saja..tentunya lebih enak dan lebih bersih kan..daripada beli cilok di pinggir jalan. Mau coba..ini resepnya ya..yang udah aku improve..biar lebih enak lagi dari resep yang pertama aku uji coba kemaren...Selamat mencoba jika suka cilok teman2....^^
Cilok Ebi

Bahan :
100 gram tepung terigu
100 gram tepung tapioka / sagu
Ebi sangrai yang sudah di haluskan 1 sendok makan munjung
200 ml air panas ( secukupnya )
1 siung bawang putih , 2 batang daun bawang yang kecil , iris halus bagian daunnya saja.
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
Bumbu kaldu bubuk 1 sendok teh dan  garam secukupnya

Cara Membuat :
Campur terigu dan bumbu2 lain, tuangi air panas secukupnya sampai adonan basah, tapi tidak cair lho ya. Masukan tepung tapioka, aduk rata saja, jangan di uleni terlalu kuat ya biar nggak terlalu kenyal ciloknya, sampai adonan dapat di bentuk, jik amasih terlalu kering,boleh di tambah air panas sedikit.
Tes rasa dulu, goreng atau rebus adonan cilok sedikit, lalu cicipi rasanya..jika sudah pas sesuai selera, baru
di bentuk bulat2, lalu rebus di air mendidih hingga mengapung dan matang.
Angkat..sajikan dengan sambal kacang. Jika mau tetep hangat taruh di kukusan yang di panaskan sampai saat akan di sajikan.
Bahan Sambal Kacang :
100 gram kacang tanah
1 siung bawang putih
3 buah cabai merah ( sesuai selera)
Gula merah  25 gram ( secukupnya )
Garam secukupnya
Kecap Manis sesuai selera
Saus sambal jika suka

Cara membuat :
Goreng kacang, bawang putih dan cabai hingga matang, lalu  haluskan, tambahin gula dan garam serta kecap dan saus.Aduk rata. 


Selamat menikmati cilok yang hangat di balut sambal kacang yang yummy...!


Atau mau versi cilok goreng ala Yodha..silahkan..enyak..juga..!..Lebih gurih..! ^^



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts