Laporkan Penyalahgunaan

Puding Nangka Gula Merah


Dari kemaren beli nangka..masih nganggur di kulkas..rencana awal sich mau buat dawet lagi..tapi kok..dawet tanpa es..kurang seger gitu..padahal hawanya masih dingin kalau sore hari. Jadi belum berani..akhirnya berubah haluan..jadiin puding aja..jadi tetep ada menu untuk pembuka puasa sore tadi yang manis2..^^

Puding nangka ini sangat mudah membuatnya. Rasanya juga sangat enak..manisnya pas..harum  nangka  dan gurih santan..berpadu..pas aja. Karena suami emang suka puding gula  merah gini..tadi habis separo loyang lho..^^..seperempat loyang pas buka..malem..minta lagi..hihi. Ya..jadinya sekarang udah habis..jangan minta ya teman2..ayook..bikin sendiri ya ..kalau kepengen. Kalau nggak ada atau nggak suka nangka...boleh di ganti pisang lho..enak juga..wangi pisang pudingnya nanti..bisa pakai pisang kepok atau raja...tapi yang bener2 mateng ya..biar harum pudingnya. Sebelumnya..pisangnya di kukus atau di rebus dulu ya..biar matang...karena memasak puding kan cepat. 

Oke..jika suka puding santan dan gula merah..yukk..silahkan di coba ya teman2..^^
Puding Nangka Gula Merah

Bahan :
1 bungkus agar2 tanpa rasa / plain
200 gram gula merah ( pilih yang warnanya tua ya..biar cakep pudingnya )
Santan  700 ml dari 1/2 butir kelapa
Nangka 100 gram , potong2 kotak
Daun pandan 2 lembar, buat simpul
1 buah kuning telur ( Jika tidak suka..boleh tidak pakai. Kuning telur di sini fungsinya untuk menambah gurih dan lembut puding, juga biar nggak misah antara santan dan gulanya..)

Cara Membuat :
Cairkan gula merah dengan sedikit 100 ml air, saring .
Campur santan dan sirup gula merah, agar agar dan daun pandan, lalu masak hingga mendidih sambil terus di aduk.Setelah mendidih, masukkan nangkanya. Kecilkan api. Taruh kuning telur di mangkuk..tuang 1 sendok sayur adonan puding, aduk cepat, lalu tuang kembali ke rebusan puding. Masak sebentar lagi sambil di aduk.
Basahi cetakan puding. Tuang puding ke cetakan. Biarkan dingin dan mengeras. Sajikan.
Jika suka puding gula merah polosan..yang terpisah antara santan dan gulanya..dan nggak pake telur..udah pernah ku posting juga di sini 



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts