Laporkan Penyalahgunaan

Panekuk Belang Isi Pisang Coklat


Panekuk..sama dadar gulung..bedanya..apa hayo..hihi..kayaknya hampir sama sich..cuma beda istilah aja kali ya..kalau panekuk itu bahasa Belanda pannenkoek..yang terus di lidah kita jadi panekuk  kali ya..hihi, sedangkan kalau dadar gulung istilah Jowonya..hihi. Tapi ya beda beda tipis sich resepnya. tapi..karena penasaran..akhirnya aku tanya ke Mbah Wikipidia yang serba tahu dech..dan ini dia jawaban beliau, dan kayaknya bener dech analisa ku..cey..*bahasanya ..gaya amat yach..hihi..*..

Dari Wikipidia : * Panekuk (bahasa Belanda: pannenkoek) adalah kue dadar yang dibuat dari terigu, telur, gula dan susu. Bahan-bahan dicampur dengan air membentuk adonan yang digoreng di atas wajan datar yang diolesi sedikit minyak. Setelah matang, panekuk bisa dihidangkan sewaktu masih hangat atau setelah dingin. Kue ini dimakan dengan tambahan mentega, selai , atau madu. Selain itu, panekuk juga sering dimakan dengan keju, atau irisan daging.

Panekuk yang enak biasanya adalah panekuk yang "ringan" karena berisi udara yang terperangkap di dalam adonan. Adonan juga tidak terlalu banyak diaduk agar kue tidak keras. Sewaktu menuangkan adonan, wajan yang sudah panas diletakkan atas handuk atau kain basah. Suhu permukaan wajan menjadi turun, dan bagian bawah panekuk setelah matang menjadi berwarna kuning keemasan. Sebagai pengganti susu, adonan bisa menggunakan buttermilk, yogurt atau susu kedelai.*

Nah..itu sedikit penjelasan tentang panekuk..dari Mbah Wiki ya..!..Tapi sama nggak dengan pancake hayo..hihi...peer lagi nich..kayaknya ya sama aja ya ?..Tapi munurutku adonan pancake lebih kental daripada adonan panekuk..!..Kalau penekuk sama crepes ?..Nah..kalau ini baru sama kayaknya sich..kan sama2 tipis jadinya..^^

Berarti intinya..panekuk ini pancake ala Belanda kali ya..dan lebih tipis dari pancake ala Bule ?..Ya udah..daripada pusing asal muasal panekuk ini..lebih baik kita buat aja yukk..terus di makan dech..nyam..nyam..enak..kali ini..tetep pakai isian favoritku dan suami..pisang dan coklat..jadi ya rasanya sama enak dengan dadar gulung isi pisang yang pernah ku buat dan ku posting di sini. Kemaren iseng pengen bikin panekuk yang ada motif garis2 gitu..eh nggak ada stock kantong plastik segitiga..akhirnya di buat motif abstrak aja...dengan di ciprat cipratin ke pan adonan putihnya..baru di tuang adonan coklat...sedikit aneh ya..jadi belang2 gitu...tapi yang penting lucu..kan..dan enyakk..hihi..
Selamat mencoba..enak lho teman2..buat cemilan buka puasa nanti..^^
Panekuk Isi Pisang Coklat

Bahan :
100 gram tepung terigu protein sedang
1 butir telur
1 sendok makan gula halus
300 ml susu cair
1 sendok makan margarin leleh
1/4 sendok teh coklat pasta

Isi : 
Pisang raja 5 buah, belah, lalau panggang di teflon yang sudah di oles margarin sebentar.
Meises atau coklat serut atau keju atau selai coklat , susu kental manis coklat..dll..sesuai selera saja dech..^^

Cara membuat :
Kocok lepas telur dan gula. Aduk rata dengan susu cair dan margarin.
Campur dengan tepung terigu, dan aduk hingga licin.
Ambil 3/4 bagian, tambahkan coklat pasta, sisanya biarkan putih.
Bagian putih masukkan ke kantong plastik segitiga, buat motif garis atau abstrak di teflon yang sudah di panaskan.
Tuang adonan coklat, masak sebentar hingga matang.
Isi dengan pisang dan meises atau olesan lain, lipat dan gulung.
Sajikan...yummy..!



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts