Laporkan Penyalahgunaan

Pancake Lembut dan Empuk Dengan Buttermilk


Kami jarang sarapan pancake..sesekali aja buat pancake..karena apa ya...serasa ada yang kurang aja..sarapan pancake gitu..hihi. Maklum lah..biasa juga sarapan pecel..nasi liwet..dll. Nah..tumben2  juga kemaren Yodha minta pancake buat sarapan..biasa..gara2 liat acara Emily favoritnya lagi buat pancake yang di hias macam2. Aku tanya Yodhanya ..beneran mau pancake..nggak nasi goreng atau mie goreng ..kayak biasanya..?..Yodha bilang ..iya mau..ya udah aku buatin dech..dan ternyata..kalau lagi kepengen ya lahap juga dia..kalau lagi nggak pengen di paksa2 makan ya nggak mau..dulu pernah ku buatin..paling di makan 1 ..nah kemaren habis 3 biji dech..lumayan..hihi. Yodha paling suka pancake di siram coklat leleh gini..tapi kemaren setelah makan 3... nggak mau makan lagi..alasannya..nggak ada selai dan buah2 an kayak di Emily..jadi Mami aja yang ngabisin ya..waduhh..!..hihi..dasar anak pinter  nge les..jadilah aku juga maka pancake buat sarapan....tapi pancake ini emang lembut dan empuk..jadi enak banget..apalagi kalau masih anget2 gitu. Ya..nggak pa2 dech sekali2 sarapan ala Bule..hihi.

Oh ya..aku suka pancake yang pakai buttermilk teman2..hasilnya bisa lembut dan fluffy gitu..empuk banget. Apa itu buttermilk..liat di sini ya..jika tidak ada, kita juga bisa bikin buttermilk sendiri di rumah..keterangan lengkapnya..ada di postingan ku dulu tentang buttermilk itu.

Oke..mau sarapan pancake hari ini teman2..yukk ke dapur sebentar..mudah banget kok buatnya..selamat mencoba..^^
Pancake Empuk dan Lembut Dengan Buttermilk

Bahan :
  • 2 cup tepung terigu serbaguna ( untuk konversi dari cup ke gram ukurannya liat di sini )
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh baking soda
  • ½ sendok the garam
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 2 telur, kocok  lepas
  • 3 cup butter milk ( 300 ml , kalau tidak ada buttermilk bisa diganti dengan buttermilk buatan sendiri, dari susu di tambah 2 sendok makan perasan air jeruk nipis, diamkan sampai menggumpal susunya.)
  • 4 sendok makan mentega
Cara :
  • Campur tepung, baking powder, baking soda, garam dan gula di mangkuk. Tambahkan  telur, buttermilk, dan butter. Aduk pakai wisk sampai asal rata saja..
  • Panaskan pan anti lengket , olesi sedikit mentega , tuang adonan pancake , biarkan berlubang2 sekitar dua menit.  Balikkan, panggang sampai kira2 1 menit dan warna kuning kecoklatan. Sajikan hangat dengan madu, selai, susu kental manis atau coklat leleh .


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts