Laporkan Penyalahgunaan

Mie Ayam Bakso Ubi Ungu..Homemade..^^


Sudah pernah bikin mie sendiri di rumah teman2 ?.. Mudah lho..ayook..cobain..lebih fresh dan aman..sehat alami tanpa bahan pengawet dll. Cuma memang kalau mie homemade gini..nggak tahan lama..musti langsung habis sekali masak ya..^^. Oh ya..mienya unyu unyu ya..hihi...emang kemaren aku buat mie nya pakai campuran ubi ungu. Jadi cantik warnanya..dan juga kandungan gizinya makin komplet..karena memakai ubi ungu yang di kukus..di campur dengan tepung terigu, tepung beras dan tapioka, serta telur dan garam. Udah itu aja bahan2nya..jadilah mie homemade..yang enak dan fresh.

Untuk toppingnya..aku kayak mie ayam biasa aja..ayam kecap..cuma plus bakso..jadi lebih enak lagi rasanya. Membuat mie sendiri itu mudah dan menyenangkan..karena bisa kita tambahin macam2 bahan supaya lebih bergizi dan juga membuat warnanya jadi cantik. Alternatif lain selain ubi ungu..kita bisa tambahkan labu kuning..wortel, bayam yang di jus, dll..sesuai rasa dan warna yang kita inginkan. Jadi lebih sehat kan..biarpun genjreng warna warni..tapi dengan bahan tambahan dan pewarnanya tetep alami.

Yukk..mari di coba di rumah..mudah kok..^^
Mie Ayam Bakso Ubi Ungu

Bahan mie :
100 gram ubi ungu kukus, haluskan
100 gram tepung terigu protein tinggi
25 gram tepung beras
25 gram tepung tapioka
1/2 sendok teh garam
1 butir telur

Cara Membuat mie :
Campur semua bahan hingga kalis.
Giling di gilingan mie..mulai dari ukuran paling besar hingga tipis, sambil di taburi terigu supaya tidak lengket.
Potong2 dengan gilingan mie juga di ukuran mie yang kecil.
Rebus dalam air mendidih yang di kasih sedikit minyak hingga matang.

Bahan Ayam Kecap :
5 buah bawang putih, geprek dan cincang halus
10 buah bakso
150 gram ayam bagian dada, potong2 kecil
3 sendok makan kecap manis
1 sendok teh kaldu ayam bubuk / garam secukupnya.
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
1 sendok makan minyak ayam
150 ml air

Bahan Pelengkap :
400 ml air kaldu ayam untuk kuah
5 tangkai sawi hijau, seduh di air mendidih.
1 batang daun bawang, iris , bawang goreng secukupnya untuk taburan.
Saus tomat atau cabe jika suka.

Cara memasak :
Panaskan  minyak ayam, tumis bawang putih hingga harum, tambahkan ayam, aduk hingga berubah warna. Masukan bakso dan bumbu2 lain. Masukan air, masak hingga meresap.
Kaldu, panaskan kaldu ayam , beri garam , merica dan gula pasir secukupnya. Rebus hingga mendidih.
Sajikan mie ayam dengan ayam kecap, pelengkap dan kuah kaldu, serta saus dan sambal jika suka.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts