Laporkan Penyalahgunaan

Inspirasi menu Buka Puasa Hari ke 8 ( Sup Ayam Pecok dari Klaten )



Di Klaten..ada salah satu kuliner khas yang terkenal..yaitu Sop Ayam Pecok. Beberapa nama warungnya yang sudah terkenal...bahkan sudah banyak buka cabang di kota2 lain. Mungkin teman2 pernah coba juga..sop ayam kampung pecok ini. Pecok dalam bahasa Jawa artinya di potong2. Jadi dalam sop ayam pecok ini..kita tidak akan menemukan potongan ayam kecil2..kalau kita bikin sop di rumah..tapi dalam ukuran besar2. Kalau kita datang ke warung makan sop ayam Klaten ini..kita bisa memilih sendiri, bagian daging ayam apa yang kita sukai..misal bagian dada, sayap, paha, kepala, dll sesuai selera.  Setelah kita memilih..pegawai warung makannya akan memotong2 ayam dalam beberapa bagian. Motong2nya pakai golok kecil yang tajam gitu..jadi ayamnya di pecok..kayak orang Jawa..yang mecok kayu pakai golok gitu..hihi..jadi itulah kenapa di namakan ayam pecok mungkin ya..^^

Nah..Sop ayam pecok ini..sebenarnya bisa kita buat sendiri di rumah kok teman2..rasanya tak kalah enak dan segar seperti kalau beli. Aku sering banget beli sop ayam pecok Pak Min cabang Klaten di dekat rumah..nah..dari situ mulai menerka2 kira2 apa bumbunya. Dan kemaren aku coba udah mirip sich rasanya...cuma..memang..soal jumlah kaldunya kalah dech..makanya masih perlu tambahan sedikit kaldu instan ayam..^^...lha kalau warung sop ayam..kayak Pak Min..yang di dekat rumahku itu..jumlah ayamnya bisa puluhan..dalam satu dandang besar gitu..dan itupun bisa habis pas siang hari saja...laris dech pokoknya. Soalnya ya memang enak..ayamnya ayam kampung, terus potongan ayamnya banyak dan besar2..lebih puas dech makannya..daripada kita beli soto ayam kampung yang cuma sesuwir suwir ayamnya..lebih mantap kan kalau ayamnya se pecok pecok..hihi..alah..bahasa yang aneh ya teman2..^^ Nah..kembali ke membuat sop ayam ini sendiri...ayo kita mulai ya. Pertama bahan yang kita pakai adalah ayam kampung atau ayam pejantan juga enak dech..tapi jangan yang ayam broiler biasaya..kurang enak nanti. Pertama kita buat kaldu dulu..dengan merebus ayamnya dengan api kecil. Tips  buat kaldu yang bening..liat di sini ya. Sop ayam ini baisa di sajikan dengan sambal dan kecap..jadi kasih garamnya..agak berani nggak apa2 teman2..biar tetep gurih..pas di tambahin kecap..tapi ya sesuaikan selera saja ya garam dll..tambahan bumbunya. Selain itu pelengkapnya biasanya perkedel, tempe dan tahu goreng, sate telur puyuh dll.

Nah..biar lebih jelas..ini dia resep komplet sop ayam pecok khas Klaten ala aku sendiri tentunya...semoga bisa menjadi inspirasi menu buka puasa hari ini..eh buat sahur juga enak lho..kemaren aku masak sekalian buat buka dan sahur..^^
Sop Ayam Pecok Khas Klaten

Bahan :
1 ekor ayam kampung atau pejantan
2500 ml air
@ batang daun sledri
1 sendok makan bawang goreng
4 cm jahe, kupas, memarkan
1/2 buah pala, geprek
2 cm kayu manis batangan, biarkan utuh
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
Gula Pasir 1 sendok teh
6 buah bawang putih, geprek sampai bawang remuk
1 sendok teh merica butiran, haluskan

Cara Memasak :
Rebus ayam dan air dengan api kecil..sampai keluar kaldu beningnya. Buang bagian lemak yang mengapung di atas kaldu. ( Tips membuat kaldu bening yang enak..klik di sini )
Tumis bawang putih dan merica hingga harum, masukan ke rebusan kaldu, dan bumbu2 lain. Rebus kembali hingga ayam empuk dan bumbu meresap.
  • Pecok / potong ayam sesuai bagian badannya. Taruh di mangkuk, siram dengan kuah sop. Sajikan dengan taburan bawang goreng dan sledri dan sambal cabai rawit. Sambalnya nggak keliatan ya teman2..cuma cabe rawit aja..3 biji..hihi..mahal soalnya sekarang cabe rawit 3 biji..masak seribu rupiah di tukang sayurku..hihi..lha yang doyan sambal rawit cuma aku saja di rumah..jadi di buat lalap aja..^^..daripada bikin sambal banyak2 ntar di buang2..saja..sayang kan..cabai lagi mahal Makk..! Di foto itu..sledrinya juga nggak keliatan..di wakilin batangnya aja ya teman2..hihi..lha lupa..sledrinya malah ku pakai buat perkedel..^^..nggak apa2..yang penting ada aroma sledrinya dikit ya..dan tetep enak dan seger kok sop nya..


Sajikan Sop ayam dengan perkedel dan tahu tempe goreng. Ini perkedelnya spesial..bentuk lope..lope..hihi..lucu kan...* kurang kerjaan ya teman2..perkedel aja di cetak lope2..^^ *



Nah..menu..pembuka atau takjilnya..ini juga oke..puding karamel panggang..jika suka..resepnya di intip di sini ya..^^


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts