Laporkan Penyalahgunaan

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 4 ( Menu Ala Warteg...Warung Tegal )


Hihi..sekali2 masak menu2 ala warteg yukk teman2..tahu kan pasti..warteg..alias warung tegal..di setiap daerah di Jawa mungkin ada kali ya warung tegal ini. Hebat ya..mereka..bisa punya branch khusus warung makan dari tegal gitu. Yapp..itulah kekayaan kuliner indonesia ya. Suka makan di warteg nggak teman2 ?..Aku kadang2 pernah juga beli makanan atau lauk di warteg..cuma musti pilih2 wartegnya..yang bersih dan enak. dan juga belinya..suka pagi2..jadi masih baru masaknya..^^

Nah..sekali2..pengen juga masak ala warteg di rumah..seru juga..hihi. Jadi..kemaren ini dia menu buka puasa kami..paket menu ala warteg..hihi. Banyak amat ya..masaknya..padahal cuma bertiga yang makan..?..Nggak juga teman..kan bisa sekalian buat saur..hihi.

Yukk mau coba menu2 ala warteg..ayukk...simak resepnya ya..resep dasarnya dari hasil baca2 liputan tabloid info kuliner tentang liputan pengusaha2 warteg yang terkenal di Jakarta..nah..tapi..biasa..bumbu2..udah aku sesuaikan seleraku sendiri. Colek teman2 yang tinggal di luar..Mba Susy..Mba Ella..Rima..dan teman2 lain...sapa tau kangen sama masakan warteg Indo, hihi....ayukk di coba ya..^^

Sop Ala Warteg

Sop warteg ini..di Yogya tempatku di sebut sop bening..karena isinya minimalis saja..tanpa daging ataupun ayam sebagai kaldunya..cuma air biasa aja..beningan gitu istilahnya.

Bahan :
Kentang 2 buah, potong kotak
Kol 1/4 buah, potong kasar
Wortel 2 buah, potong2
Daun bawang 2 batang, iris halus
Daun sledri 1 batang, iris halus 
Tomat 1 buah, potong2
Secuil kecil pala 
1/2 sendok teh gula pasir
Garam / kaldu bubuk secukupnya
1000 ml air

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran

Cara buat :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan air dan bumbu2. Tunggu mendidih, baru masukkan sayuran dan masak hingga sayuran matang. Koreksi rasanya sebelum di sajikan. 
Sajikan dengan sambal terasi atau sambal tomat.

Rasanya..sederhana..tapi emang seger dan ngangeni dech sop bening gini...^^
Udang Goreng ala Warteg

Udang goreng ala warteg ini mudah saja buatnya. Udang di bersihkan, di rendam sedikit garam, kemudian di goreng dengan di celup 1 butir kocokan telur yang di campur sedikit bumbu bawang putih dan kaldu bubuk, dan 1/2 sendok makan tepung beras, serta irisan kucai jika ada. Lalu di goreng hingga garing, dengan si tusuk pakai tusukan sate setiap 3 udang.

Telur Dadar Tebal Ala Wartel

Dulu suka heran ..kalau di warteg atau di rumah makan Padang kok telur dadarnya tebal2..ternyata triknya adalah di beri tepung beras..dan di goreng di minyak banyak dan terendam minyak ..telurnya. Sekarang udah bisa dech bikin telur dadar tebal sendiri..di rumah..^^

Bahan :
3 butir telur
1 sendok makan tepung beras
2 batang daun bawang, iris halus
3 siung bawang merah, iris tipis
Cabai jika suka pedas
Garam / kaldu bubuk secukupnya 

Cara Buat :
Kocok telur asal rata. Masukan tepung beras, aduk rata. lalu masukkan bahan2 lain dan tuang semua adonan telur di wajan dengan minyak panas..siram2 bagian atas telur supaya matang..tanpa perlu di balik. potong2 sesuai selera .

Ikan Pindang Masak Sambal Merah

Ini sama aja kayak balado pindang..bisa dari ikan pindang atau ikan kecil2 lain yang di goreng seperti ikan banyar..dll.

Bahan :
4 buah ikan pindang , goreng hingga matang

Bumbu ulek kasar :
8 buah cabe merah
6 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1 buah tomat
1/2 sendok makan terasi bakar
Garam / bumbu kaldu secukunya
Gula merah 1 sendok teh
Air sedikit

Cara Buat :
Ulek kasar semua bumbu, lalau tumis hingga harum. Masukan bumbu2 dan sedikit air. Masukkan ikan pindang, lalu masak hingga meresap.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts