Laporkan Penyalahgunaan

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 20 ..Soto Bandung


Soto Bandung..hemmm..lama sekali tidak makan menu ini. Mungkin karena soto ini kurang begitu populer ya di luar Bandung..jadi jarang yang jual. Aku sering makan Soto ini..duluuu..banget..jaman masih tugas akhir kuliah dan magang di salah satu hotel bintang di Yogya..selama 6 bulan..kan makan di EDR tuch..( employee dining room ) di hotel..buat karyawan2nya. Nah..salah satu menu yang sering di hidangkan chef EDR buat karyawan hotel..adalah Soto Bandung ini..hampir seminggu bisa 3 kali makan soto bandung dulu..hihi..ampe bosan dech melihatnya. Mungkin karena soto ini mudah di buat dan cuma sedikit bahan2 kali ya..jadi chef  nya sering banget buat dulu...hihi. Jadi kemaren pas di supermarket liat lobak..hemm..jadi pengen bikin soto bandung sendiri di rumah...^^

Nah..bahan2 sudah siap semua..akhirnya cari referensi resep dulu..maklum baru pertama ini bikin soto bandung sendiri. Banyak versi resep malah bingung..ada yang pakai bawang merah..ada yang enggak..wis aku akhirnya pakai yang versi ada bawang merah bumbunya dengan takaran sesuai seleraku sendiri. Dan hasilnya..enak oi..hihi..kalau masak sendiri..daripada dulu makan di hotel..hihi. Ya maklum aja ya..kalau masakan hotel kan suka tawar2 aja rasanya..kalau aku buat kemaren..bener2 seger dan kerasa bumbu2nya..Yodha aja suka..dan bilang..enakkk ..Mami..sup nya..hihi..di kira Yodha..sup dah..soalnya dia taunya kalau soto ya pakai soun..tauge dan perkedel..kayak di Jawa Tengah ..nggak pake lobak kayak gini. Oh iya..ciri khas Soto Bandung kan emang pakai lobak dan kacang kedelai ya teman2..sama irisan daging sapi..daun bawang, sledri dan bawang goreng..udah gitu aja..minimalis banget kan..makanya sama Yodaha di kira sup daging..hihi

Tapi..udah puas dech bisa nostalgia makan soto bandung..dan ternyata enakkk..kalau bikin sendiri di rumah. Soalnya..mau beli juga nggak ada yang jual di sini..hihi. tapi masih penasaran..yang bener..pakai bawang merah nggak ya bumbunya kalau yang otentiknya..colek teh Devy..yang tinggal di Bandung..hihi..atau ada teman2 lain yang dari Bandung..di tunggu jawabannya ya..silahkan komen di bawah..* penasaran..*..soalnya aku kemaren pakai bawang merah..enak juga tuch..lebih enak dari yang sering ku makan, di hotel dulu..hihi.
Mau coba..oke...silahkan..resepnya sesuai seleraku sendiri ini ya teman2..seger banget dech buat menu buka puasa..^^

Resepnya step by step aja ya..biar cepet nulisnya :
  • Siapkan daging yang berlemak  ya..kira2 250 gram ( untuk 3 orang )  , rebus dengan 1000 ml air dengan api kecil hingga empuk dan kaldunya jadi bening.
  • Pelengkapnya.lobak secukupnya, iris tipis2, daun bawang dan sledri
  • Sambal : cabe rawit merah dan bawang putih, rebus lalu haluskan

  • Bumbu2..kayak di bawah ini..cekidot sdr ya yang di ulek..yang enggak di ulek..daun salam, sereh dan lengkuas geprek..^^


  • Haluskan bumbu2 dan tumis hingga matang..kayak gini.
 
  • Masukkan ke rebusan daging dan masak hingga meresap, dengan di tambah garam / kaldu bubuk, dan gula pasir secukupnya.


  • Sajikan dengan bahan pelengkap..kacang kedelai goreng dan sambal, daun sledri dan daun bawang serta bawang goreng.

  •  Dan..enjoy..soto bandung yang seger..siap di hidangkan....^^





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts