Laporkan Penyalahgunaan

Inspirasi Menu Buka Puasa Hari ke 18 ...Lotek Jogja / Yogyakarta


Menu buka puasanya masih dari Yogya lagi ya teman2..kali ini..yang seger2 dan murah meriah juga..yaitu lotek Yogya. Lotek ..adalah makanan sehat favoritku pas di Yogya. Sehat....karena one side dish..udah komplit, ada sayur, karbohidrat dan protein dalam satu penyajian. Di Semarang jarang yang jual lotek, lebih banyak pecel. Jadi memang lebih khas makanan Yogya lotek ini, karena di Yogya banyak penjual lotek yang sudah melegenda, seperti lotek Bu Bagyo Colombo, lotek Kentungan , lotek  Bu Ning Jl Taman Siswa, Lotek deket Jembatan layang..dll. Lalu apa beda lotek sama pecel..mungkin ada yang bertanya begitu..bedanya..jenis sayuran dan pelengkapnya, juga bumbunya yang lebih sederhana.

Kalau pecel kan sayuran di rebus semua...nah kalau lotek ini sayurannya ada yang mentah juga...yaitu kol, tomat  dan ketimun..jadi citarasanya jadi berbeda..dan lebih segar. Juga bumbu2nya..bumbu lotek baru di ulek mendadak..atau dadakan..langsung ketika akan di sajikan..jadi sangat fresh..dan masih bau cobek..hihi..lebih seger gitu. Juga bumbu2nya nggak terlalu berbumbu kuat seperti pecel yang pakai terasi..kencur dll..walaupun ada juga sich..yang pakai kencur..tapi kalau aku suka yang versi di Yogya..yang bumbunya lebih minimalis.

Selain di Yogya..daerah lain yang punya menu lotek ini juga Bandung. Kalau di Bandung bumbu lotek malah di tambah ubi atau kentang rebus ya..jadinya lebih kental dan halus. Nah..suka ya mana teman2..lotek Yogya..atau Bandung..silahkan..sesuaikan selera saja ya..^^. Oh ya..lotek Yogya biasanya juga enak di sajikan dengan ketupat atau lontong dan irisan bakwan goreng..wah rasanya jadi makin mantab..dan *istimewa..hihi..aku kok jadi seneng pinjem slogannya mba2 girl band indonesia sich..^__^

Lotek Yogya

Bahan:
Sayur matang  : bayam, wortel dan kacang panjang, taoge, di rebus
Sayur mentah  : kol, ketimun dan tomat

Pelengkap :
Lontong / ketupat, tahu atau tempe goreng, bakwan goreng, kerupuk sagu warna warni

Bumbu kacang per porsi :
Kacang tanah 30 - 50 gram , cabe  rawit merah 2 atau 3 sesuai selera, 1 siung bawang putih ,1 lembar daun jeruk, 25 gram gula merah dan garam sedikit, ada yang pakai terasi dan kencur juga, tapi aku tidak, sesuai selera aja.

Cara membuat :

Haluskan bumbu dengan cara di uleg dan di campur dengan air panas, cicipi dulu sampai pas..perpaduan gula dan garamnya, lalu masukkan semua sayuran dan pelengkapnya, aduk rata, sajikan dengan kerupuk kanji.

Sajikan lotek dengan bakwan sayuran..hemm..tambah nyam..nyam..^^



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts