Laporkan Penyalahgunaan

Bubur Candil Ketan



Bubur Candil..adalah bubur manis dari Jawa yang terbuat dari tepung ketan..yang di beri air panas, kemudian di bentuk bola2 dan di rebus di air gula hingga matang. Setelah bola2 ketannya matang..selanjutnya air rebusan gula itu di tambahin larutan tepung juga..sehingga jadilah bubur yang kental. Bubur candil di sajikan dengan kuah santan yang di rebus dengan sedikit garam. Rasanya..enak ..manis..legit dan sedikit kenyal bulatan ketannya, di padu kuah santan yang gurih dan harum wangi pandan..bravo dech buat yang menciptakan pertama kali ide bubur ini..sungguh kreatif kan leluhur kita dulu...^^


Membuat bubur candil mudah saja, cuma musti tahu triknya supaya bola bola candil ketannya tidak alot atau keras.Setelah beberapa kali uji coba resep bubur candil..akhirnya aku temukan cara agar candilnya tidak keras atau alot...yaitu di tambahin sedikit tepung tapioka dan juga membuat adonannya..jangan terlalu kalis..malah cenderung agak lembek..tapi..masih bisa di bentuk. Kalau terlalu kalis..memang hasil candilnya bisa rata dan bulat2 cantik..tapi rasanya akan kerasa dan alot. Untuk buburnya, selain tepung ketan juga ku tambahkan sedikit tepung beras dan tepung tapioka. akhirnya..sukses enak dech uji coba ku kali ini..candilnya empuk..nggak liat ..tapi masih dedikit kenyal..ciri khas  bubur candil..dan buburnya lembut membelai lidah..udah mirip dech sama bubur candil yang enak..yang sering aku beli di tempat penjual bubur candil langgananku..

Jadi biar nggak lupa..aku catet resepnya di blog dech..siapa tahu teman2 ada yang suka juga..sama bubur candil..silahkan mencoba..semoga bisa jadi salah satu ide untuk menu takjil di bulan puasa ini ..^^
Bubur Candil Ketan

Bahan bola bola candil :
100 gram tepung ketan
1 sendok makan tepung tapioka
1/4 sendok teh garam
100 ml air ( secukupnya..sampai adonan agak lembek tapi masih bisa di pulung )

Bahan kuah untuk merebus :
100 ml sirup gula merah ( liat di sini resepnya ) , atau gula merah biasa secukupnya di sisir.
500 ml air

Bahan untuk larutan tepung / bubur :
3 sendok makan tepung ketan
1 sendok makan tepung beras
1 sendok makan tepung taioka
* Campur semua bahan dan tambahkan sedikit air hingga larut.

Kuah santan :
200 ml santan dari 1/4 buti rkelapa
1/4 sendok teh garam
1 lembar daun pandan
* Rebus kuah santan hingga mendidih bersama garam dan daun pandan.

Cara Membuat :
Campur tepung ketan dan tepung tapioka bahan candil, tuangi air panas secukupnya, sampai agak lembek..tapi masih bisa di pulung. Masak kuah guka merah hingga mendidih, masukkan bola  bola candil.
Masak hingga bola bola mengapung, dan masak terus hingga warna bola2  berubah kecoklatan. 
Masukkan larutan tepung dan aduk terus sampai kental dan meletup2. Jika kurang kental, boleh di tambah sedikit tepung ketan lagi..tapi di cairkan dulu dan di aduk lagi sampai masak dan kental.
Sajikan dengan kuah santan.Enak di sajikan hangat atauu dingin.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts