Laporkan Penyalahgunaan

Tips Sukses Bolu Kukus Merekah


Bolu kukus merekah..di kenal juga dengan nama roti kukus, kue jadul yang sampai sekarang masih banyak peminatnya. Rasanya manis, gurih dan lembut tekturenya seperti kapas..begitulah rasa bolu kukus yang seharusnya ya teman2..cuma kadang2 membuat bolu kukus ini gampang gampang susah, meskipun bahan dan cara membuatnya simple, namun tak jarang kita sering gagal membuatnya. Kegagalan yang paling sering adalah bolu kukusnya gundul atau mingkem..hihi..nggak mau merekah..tapi untungnya sekarang malah lagi nge tren ya bolu kukus mingkem yang di buat polkadot gitu atasnya..hihi. Selain itu kegagalan lain dalam membuat bolu kukus adalah kadang juga bolu kukus tekturenya keras atau malah bantat juga bisa.

Nah..biar nggak *mingkem* atau bantat lagi bolu kukusnya..yukk kita belajar sama2 tehniknya agar berhasil membuat bolu kukus yang merekah....

  • Ukur bahan dengan tepat sesuai tertera di resep, untuk pemula lebih baik benar2 mengikuti resep..jangan di modifikasi sendiri.
  • Bahan2 yang di pakai berkualitas, misal telur yang di pakai masih segar, tepung yang di gunakan sesuai yang di sebutkan di resep, misal tepung terigu protein sedang, jangan di ganti protein tinggi, dll.
  • Semua bahan cair bisa di gunakan untuk pembuatan bolu kukus, bisa air kelapa, santan,  susu cair ataupun air soda manis adalah paling bagus untuk membuat bolu kukus yang ingin merekah sampai menjuntai ke bawah gitu.
  • Untuk adonan yang menggunakan soda manis, sebaiknya tidak di tambahkan baking powder atau baking soda, supaya hasilnya merekah maksimal
  • Ada banyak tehnik membauat bolu kukus, ada yang bahannya semua di kocok ada pula yang telurnya dulu yang di kocok  baru masuk bahan lain, semua cara sah2 saja, asalkan hasil akhir adonan harus benar2 kental, cirinya adonan berwarna putih, tekturenya terlihat membekas  dan berjejak garis baling baling dari mixernya dan jika di angkat adonan tidak jatuh ke bawah lagi.
  • Cetakan..memang bukan faktor utama yang menentukan keberhasilan bolu kukus, namun cetakan yang sesuai akan mendukung agar adonan bisa merekah maksimal..jadi lebih baik kita gunakan cetakan khusus untuk bolu kukus ya..yaitu cetakan satuan yang berlubang2 yang terbuat dari alumunium ataupun plastik.
  • Cup kertas yang kita pakai untuk bolu kukus juga sebaiknya tidak terlalu tinggi atau tebal agar lebih mudah merekah.
  • Bolu kukus membutuhkan suhu yang panas adan stabil, untuk itu paling baik jika memakai kukusan berlubang besar / langseng..namun jika tidak ada, bisa juga memakai kukusan lubang kecil biasa, tapi dengan api besar.
  • Agar merekah maksimal, isi cetakan sampai penuh dengan adonan, dan kukus dengan jumlah secukupnya..agar ada jarak antara cetakan yang satu dengan yang lain.Pastikan ada ruang agar uap panas bisa naik dan adonan bisa matang sempurna dan merekah.
  • Bungkus tutup kukusan dengan kain agar uap air tidak menetes, karena kalau menetes akan menyebabkan adonan basah.
  • Setelah matang, agar bolu kukus tidak lembab atau basah , segera keluarkan dari cetakan dan pindahkan ke rak kawat ( cooling wire ) hingga dingin.
  • Simpan bolu kukus yang sudah dingin dalam wadah kedap udara atau di bungkus plastik satuan agar tidak cepat kering.
Semoga sukses ya teman2 bikin bolkus nya..dan jangan sampai terkena..*kutukan bolu kukus*..hihi..dulu istilah ini sempat nge trend..kalau kita membuat bolu kukus dan nggak sukses merekah bol kusnya...^^



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts