Laporkan Penyalahgunaan

Sarapan Yukkk.....Tahu Kupat Magelang



Indonesia...sungguh sangat kaya dengan keanekaragaman kekayaan kuliner ya teman2. Salah satunya adalah kuliner dengan bahan dasar ketupat dan tahu. Banyak sekali variasinya dan beberapa daerah punya ciri khas sendiri dengan menu kupat dan tahu ini. Salah satu menu tahu kupat yang terkenal adalah Tahu Kupat Magelang. Ciri khas Tahu Kupat Magelang adalah berkuah encer..segar ,dengan rasa dominan pedas, gurih dan sedikit manis. Tahu Kupat versi Magelang ini juga komplet isiannya...ada sayuran..kol..tauge, dan pelengkap yang tidak boleh ketinggalan adalah bakwan. Bakwan yang terkena kuah tahu kupat ini akan semakin lembut dan enak sekali rasanya. Jika mau spesial..bisa juga di tambahkan telur ceplok atau telur dadar..wah..tambah komplet gizinya kan teman2.

Di Magelang ada beberapa warung tahu kupat yang terkenal..antara lain..Tahu Kupat Pojok atau Pak Slamet dan juga Tahu Kupat Pak Sangat. Keduanya sama2 enak..bedanya kalau di tahu kupat Pak Sangat..kolnya bukan kol mentah , tapi di goreng terlebih dahulu.  Nah..buatku..aku suka tahu kupat versi Pak Pangat ini..karena kol yang di goreng sebentar..cita rasanya jadi lebih manis..dan enak..tapi jika mau kol segar..mampirlah ke tahu kupat Pak Slamet. 

Tapi..teman2 tidak perlu ke Magelang kok..untuk mencicipi seporsi tahu kupat yang segar..cukup buat sendiri saja di rumah. Mudah..dan rasanya sama enaknya..malah bisa di sesuaikan selera kadar manis dan pedasnya. Nah..buat yang mau coba..ini dia ya resep plus step by stepnya ya..cuma versi ringkasnya saja ya..maklum..belum ada yang bantuin motret..assisten kecilku..kadang mau bantu, kadang juga cuma ngerecokin di dapur..hihi..Selamat mencoba teman2..nikmatilah sepiring tahu kupat Magelang ini di pagi hari libur yang indah ini bersama keluarga tercinta...pasti seru..yukk...bikin...dia resepnya ya..^^

Tahu Kupat Magelang
Bahan-bahan :
2 buah ketupat siap pakai
50 gram kol, goreng sebentar, lalu iris
50 gram taoge, diseduh
1 tangkai seledri, diiris halus untuk taburan
1 sendok makan bawang goreng untuk taburan
Pelengkap : Kerupuk kanji , bakwan dan telur ceplok

Bahan Kuah :
500 ml air
50 gram gula merah, disisir halus
2 sendok makan kecap manis
1 sendok teh garam, 1 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk purut dan 2 cm lengkuas, di geprek.

Bumbu Per Porsi:
200 ml kuah kecap ( secukupnya )
1 siung bawang putih ukuran kecil
1-2  buah cabai rawit merah
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok makan  kacang tanah goreng
Cara Membuat :
  1. Kuah: rebus air dan gula merah, dan rempah2 sambil diaduk sampai gula larut. Angkat dan saring. Tambahkan kecap manis dan garam. Masak sambil diaduk sampai mendidih.
  2. Bumbu per porsi: ulek halus bawang putih, cabai rawit merah, dan garam. Tambahkan kacang tanah. Ulek kasar. Tuang 150 – 200 ml kuah. Ulek rata.
  3. Tata ketupat, kol, dan taoge. Siram dengan ulekan bumbu, bakwan, dan tahu. Tabur seledri, bawang goreng, dan kerupuk kanji.







 



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts