Laporkan Penyalahgunaan

Sarapan Soto Banjar..Seger..^^


Soto Banjar..adalah Soto Khas Banjar Kalimantan. Kalau yang asli di sajikan dengan ketupat ya, tapi aku kok lebih suka pakai nasi kalau soto. Sudah pernah makan teman2 ? Kalau aku..alhamdulillah udah sering dulu makan Soto Banjar ini di Yogya. Yapp..tinggal di Yogya memang menyenangkan, karena sebagai kota pelajar..sudah banyak akulturasi budaya dan kulinernya juga beragam, jadi mau makan makanan khas dari daerah2 lain di Indonesiapun semua ada. Dari Soto Banjar..Soto Makasar..Soto Madura..semua ada dech di Yogya, banyak yang enak2 pokoknya. Nah..seperti biasa kalau di Semarang ini apa2 harus bikin sendiri kalau ingin menu2 nusantara yang beda..karena di sini banyakan warung penyet dan seafood..hihi. Ya sudah..tidak terlalu sulit juga kok kalau cuma bikin soto Banjar. Resepnya dari berbagai sumber yang ku gabung dan ku sesuaikan dengan seleraku sendiri dan hasilnya..seger..udah mirip2 sama yang sering ku makan di Yogya..soalnya kan aku belum pernah makan aslinya di Kalimantan sana..jadi bandingannya sama yang sering ku makan di Yogya saja ya..hihi. Tapi nich..karena aku lagi suka gerabah..eh ..masak soto banjar juga pakai gerabah penyajiannya..hihi..ingat2 kok pas sudah habis sotonya..jadi nggak bisa di foto lagi..ya sudah ..nggak pa2 ya..soto banjar tapi penyajian pakai gerabah ala Jawa, yang penting rasanya tho..tetep Soto Banjar ^^

Nah..buat yang belum pernah makan soto Banjar..begini nich kira2 gambaran rasanya..seger..dengan kuah bening tapi kaya rasa dan aroma rempah2, karena ada campuran kayumanis, kapulaga dan cengkeh di kuahnya. Wah..pokoknya seger dan beraroma rempah dech, enak banget. Tadi cuma bikin pas aja sich buat bertiga...jadi udah habis, jangan minta ya teman2..hihi..ayuk bikin sendiri saja. 

Mumpung Yodha libur..aku memang mau mencoba bikin sarapan buat dia yang lebih variatif, biar nggak bosan dengan nasi goreng dan mie goreng terus. Jadi pagi2 udah ribet sedikit bikin soto nggak apa2..kebetulan semua bahannya juga komplet ada. Dan nggak lama juga sich, nggak nyampe 2 jam dari pagi2 masak..udah siap sebelum papinya berangkat kerja. Tapi karena masih gelap tadi masaknya..nggak ada step by stepnya ya teman2. Dan ternyata Yodha suka..ya dia memang suka semua jenis soto dan makanan berkuah gini..^^ Papinya nggak komentar apa2..tapi lahap makannya dan sampai bersih mangkuknya..berarti enak tho..hihi. Ayuk buat penyuka soto, sekali2 cobain ya soto ala Banjar gini..biar tau citarasa soto khas Kalimantan ini. Ini adalah salah satu soto bening yang sukses ku buat..mungkin karena ada tambahan rempah2nya ya..jadi walaupun kaldunya nggak  banyak2 banget..tapi bisa kuat dan menonjol juga rasanya..nggak kalah sama kecap..hihi. Aku nich suka nge tes rasa kuah soto pakai sedikit kecap..kalau kita tambahin sedikit kecap di kuah soto di mangkuk kita, dan citarasa sotonya masih menonjol..berarti tuch soto enak dan bumbunya kerasa..tapi kalau  rasanya cuma berubah jadi rasa manis kecap..ya..berarti ada rasa kaldu atau bumbu yang kurang dech di sotonya.

Oke..selamat mencoba ya teman2..siapa kemaren yang ingin resep soto bening..Mba Nisrina ya..ayo di coba..kalau resep soto bening ala Jawa Tengah aku belum bisa nemu resep yang otentik..karena itu bumbunya minimalis banget..cuma bawang putih bawang merah dan merica dan lebih mengutamakan kekuatan rasa manis dari kaldu. tapi kalau Soto Banjar ini..udah enak lah untuk ukuran soto bening khas Kalimantan ini. Ini dia aku kasih resepnya..selamat mencoba...^^
Soto Banjar

Bahan :
1/ 2 ekor ayam kampung atau pejantan. Rebus dengan 1500 ml air, dengan ai kecil hingga keluar kaldu beningnya ya , ukur 1000 ml air kaldunya.
2 butir cengkih
2 butir kapulaga
2 cm kayumanis
1 sendok teh garam
1 sendok teh kaldu bubuk ayam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm jahe
1/8 sendok teh jintan

Bahan Pelengkap :
1 bungkus soun , di seduh air panas sampai empuk, tiriskan
Perkedel kentang ( udah bisa semua kan cara buatnya )
1 tangkai daun seledri , di iris halus
2 telur rebus
Keripik kentang secukupnya ( cara buatnya, ambil 1 buah kentang, potong tipis2 lalu goreng hingga kering )
Bawang merah goreng secukupnya
Jeruk nipis dan kecap
Kerupuk udang..( ini mah tambahan ku sendiri..hihi )

Sambal ( rebus dan ulek , lalu tambahin air sedikit )
7 buah cabai rawit merah 
2 siung bawang putih
Sedikit garam
sedikit air

Cara Membuat :
Panaskan sedikit minyak , lalu tumis bumbu halus hingga benar2 matang ( supaya sedep kuah sotonya )
Tuang air kaldu dan ayamnya, masukkan semua bumbu lain dan rempah2. Masak sampai matang.
Angkat ayam, lalu suwir suwir.
Tata semua bahan isi dan pelengkap soto di mangkuk, bisa pakai ketupat atau nasi..siram dengan kuahnya. Sajikan dengan sambal dan kecap sesuai selera.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts