Laporkan Penyalahgunaan

Pancake Jawa....a.k.a Kue Apem ..^^


Sudah sarapan teman?..Kalau belum..sarapan dulu yuk...ini cobain ya..aku barusan bikin pancake Jawa..^^
Hihi..keren ya nama kuenya teman2..tapi jangan terkecoh ya..ini bukan pancake ala bule..tapi pan cakenya wong Jowo/orang Jawa..hihi...yapp..nama kue tradisional ini adalah Kue Apem Beras. Iseng banget ku namain pancake Jawa..karena pas buat tadi penampakannya kok menul2..kayak pancake....hihi. Aku sebenernya jarang bikin apem sendiri..tapi kalau buat pas acara selamatan di rumah mertua..sering banget bikin dan banyak..cuma biasanya adonan sudah di buat oleh mertua..jadi aku tinggal manggang. Nah tadi pagi2 aku iseng kepikiran buat apem ini aja..buat nge tes snack maker double pan yang baru ku beli kemaren. Yes..ternyata bagus alatnya..enak kalau buat kue2 yang bentuk bulat gini..nggak perlu repot2 mbolak mbalik..karena alatnya lubangnya dobel atas bawah..jadi kalau mbalik kuenya ya tinggal di balik aja alatnya..jadi kuenya mulus2 dech. Sipp..bakalan rajin bikin kue lumpur, martabak imut dll..nich..hihi..soalnya kalau pakai cetakan kue lumpur yang alumunium biasa..kadang suka lengket atau gosong kalau api kegedean, jadi musti sabar ..kalau alat ini..oke dech kayaknya..buat  bikin macam2 snack, aman nggak mudah gosong dan mulus2 hasilnya, karena terbuat dari bahan die cast tebal yang anti karat.



Ini pertama kali aku bikin adonan apem sendiri..dan hasilnya ternyata..pas mateng anget2 langsung ku cobain..empuk..dan menul2. Penasaran aku telp ibuku di Yogya. Yach..kalau cuma apem gini..ibuku juga jago bikin. Dulu setiap bulan ada peringantan buat keluarga yang sudah meninggal pasti ada tradisi bikin apem gini  di rumah. Aku tanya ibuku..kok apemku malah empuk kayak pancake..menul2 gitu..eh ibuku malah ketawa..lha malah enak tho..begitu yang benar...kalau masih anget ya menul2..nanti pas udah dingin kan mengeras sedikit..kata ibuku...woalah..gitu tho..jadi nggak penasaran lagi dech..cuma..aku jadi teringat apem yang sering ku makan di sini tuch agak keras..dan padat agak seret gitu..mungkin karena udah dingin kali ya makannya...kalau punyaku tadi..pas anget2 baru mateng gitu rasanya..menul2..makanya ku sebut pan cake Jawa...hihi. Sipp..berarti komposisi adonan ku udah oke ya..jadi ku simpan di sini..ya..sapa tau ada teman2 yang butuh resep apem Jawa..monggo silahkan di coba ya...

Di Jawa..Kue Apem mempunyai peranan penting dalam beberapa upacara adat..seperti ruwahan..yaitu tradisi bikin apem sebelum bulan puasa..dan biasanya di bagi2 ke tetangga. atau juga dalam selamatan keluarga yang sudah meninggal..salah satu makanan wajib yang musti di buat adalah apem ini. Di solo..sering juga di adakan festival apem lho..seru kali ya..bikin apem dalam jumlah banyak terus di perebutkan oleh masyarakat. Yukk..mari ..buat teman2 yang penasaran sama rasa apem Jawa..di coba ya..enak kok...menul2 kalau pas masih anget habis di panggang..tapi kalau udah dingin..ya agak mengeras dan  tetep rasanya kayak kue apem..hihi..
Kue Apem Beras Jawa

Bahan :
275 gram tepung beras
100 gram tape singkong
1/2 sendok makan ragi instan
100 gram gula merah, sisir halus.
2 sendok makan gula pasir
150 ml air kelapa
1 butir telur
250 ml santan kental
1/4 sendok teh garam

Cara Membuat :
Haluskan tape dengan tangan,  campur dengan gula dan ragi instan.
Remas2 sampai gula larut.
Tambahkan tepung beras, aduk rata.
Tuang air kelapa sedikit demi sedikit sambil di uleni rata selama 15 menit.
Tambahkan telur, uleni rata lagi sampai adonan halus dan lembut.
Diamkan 15 menit
Masukkan garam dan santan sedikit demi sedikit sambil di uleni rata.
Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang.
Panaskan cetakan apem / kue lumpur. Olesi dengan sedikit minyak.
Tuang adonan apem..tunggu sampai berlubang2..baru di tutup dan di balik jika sisi bawahnya sudah matang. Tutup lagi dan masak sampaikedua sisinya matang.Sajikan.

Tips : Garam tidak langsung di masukkan..karena biar tidak mematikan ragi. Jadi biar raginya bekerja dulu..baru garam masuk. Sehingga hasil apemnya jadi berlubang2 cantik dan menul2..tekturenya.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts