Laporkan Penyalahgunaan

Kue Tradisional yang Unik dari Daerah Banyumas...Gelombang Samudra


Jawa..mempunyai aneka kue tradisional yang unik..dan sebagian sudah langka atau belum di kenal secara luas. Salah satunya adalah kue yang satu ini..kue Gelombang Samudra. Kue ini berasal dari daerah Banyumas. Kue Gelombang Samudra terbuat dari bahan utama adalah singkong dengan isi enten kelapa manis. Cara membuatnya sangat unik..karena setelah singkong di parut..di campur dengan garam dan vanili , lalu singkong ini di masak dengan cara di uapi air mendidih. Adonannya di tempelkan di tutup panci atau di piring dari alumunium atau blek..kemudian di tutupkan di panci yang sudah mendidih. Cara masak seperti ini mirip dengan pembuatan kerupuk singkong juga. Tapi kalau kerupuk singkong setelah adonan matang di jemur..lalu di goreng, tapi kalau Gelombang Samudra ini setelah matang adonan di isi enten dan di lipat segitiga. Siap di sajikan. Rasanya..tentu saja enak sekali..gurih dan manis..khas kue2 tradisional dari Jawa. Lebih enak lagi kalau isi entennya di campur dengan nangka..tapi sedang tidak musim nangka sekarang jadi cuma aku isi enten kelapa biasa. Tapi tidak mengurangi kelezatan kue ini. 

Jadi..mari kita perkenalkan kekayaan kue2 tradisional Indonesia teman2..dengan mencoba membuat sendiri di rumah..paling tidak mengenalkan ke anak2.atau keluarga kita tercinta, agar kue2 tradisional ini tidak hilang di gerus modernisasi zaman. Oke..silahkan mencoba di rumah ya..sangat mudah sekali kok cara membuatnya, bahan2nya juga murah dan mudah di dapat. Selamat mencoba...ini dia resepnya..^^


Gelombang Samudra

Bahan :
125  gram kelapa parut kasar
50 gram gula merah sisir
1/4 sendok teh garam
2 lembar daun pandan, dibuat simpul
50 ml air

Bahan Kulit: 
300 gram singkong parut
1/2 sendok teh vanili bubuk
1 sendok makan gula pasir dan 1/4 sendok teh garam
Pewarna merah muda secukupnya

Cara Membuat :
  1. Isi: campur kelapa parut, gula merah, garam, daun pandan, dan air. Masak sampai meresap sambil diaduk sampai matang dan kalis. Sisihkan.
  2. Kulit: aduk rata singkong, vanili bubuk, garam, dan pewarna merah muda. Sisihkan.
  3. Didihkan air dalam panci. Ambil sedikit adonan singkong. Ratakan di tutup panci atau piring dari blek Tutupkan ke panci yang berisi air mendidih. Biarkan sampai matang.
  4. Ambil selembar adonan. Beri isi. Lipat bentuk segitiga. Sajikan.
Tips : Isi enten kelapa, pilihlah kelapa yang setengah muda tapi tidak terlalu tua  ( sudah bisa di parut panjang )..agar entennya bisa cantik dan gurih rasanya.


Ratakan adonan tipis2 tapi rata di tutup panci atau piring dari blek seperti ini.lalu tutupkan di atas panci berisi air mendidih.


Bentuk adonan yang sudah matang seperti ini, tinggal di lepas menggunakan pisau..mudah sekali melepasnya.

Lipat adonan yang sudah di isi bentuk segitiga. Agar lebih mudah membentuk segitiga..kurangi sedikit kulitnya sampai berbentuk setengah lingkaran, lalu lipat ke kiri dan kanan, lipat dan tutup bagian bawahnya.


Kue gelombang samudra siap untuk di nikmati..^^





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts