Laporkan Penyalahgunaan

Cara Membuat Kaldu Bening Yang Enak



Pernah tidak teman2 masak sup..pakai daging ayam atau daging sapi..tapi malah amis supnya..?..Kalau hal itu terjadi..pasti karena daging ayam atau sapinya langsung di masukin ..nggak di bikin kaldu dulu...^^. Cara yang benar adalah..daging ayam atau sapi kita buat kaldu dulu terpisah, baru di buat untuk bikin sup atau soto..dll. Nah..biar rasa kaldu kita makin mantap..yukk..kita belajar sama2 cara bikin kaldu yang benar..semoga bermanfaat..!

Ada empat jenis kaldu yang populer: kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu ikan, dan kaldu sayuran yang bisa di pakai untuk berbagai jenis masakan yang berbeda2. Sajian ala Eropa misalnya, bisa memakai kaldu jernih atau brown stock yang dibuat dari tulang sapi yang dipanggang terlebih dahulu hingga mengeluarkan aroma gosong, lalu direbus bersama rempah bawang bombay, peterseli, dan bay leaf yang dibungkus kain tipis. Kadang-kadang ke dalam kaldu dimasukkan juga campuran sayuran dari wortel, seledri besar, dan daun bawang supaya lebih enak dan gurih kaldunya.

Berbeda lagi untuk Cina, umumnya bawang putih, jahe, dan daun bawang dijadikan rempah pendamping untuk kaldu ayam. Aroma kaldu pun menjadi lebih tajam. Sedangkan di Jepang, kaldu ikan dicampur bersama daun bawang untuk membuat sup miso. Kalaudi Indonesia, kaldu di campur aneka rempah beraroma kuat seperti serai, lengkuas, salam, dan daun bawang, jadi dech soto ayam atau daging...^^ Sedangkan merica, pala, daun bawang, dan seledri lebih diandalkan untuk kaldu sup ayam, daging, dan sayuran.Kaldu digunakan dalam masakan untuk menambah dan memperkuat rasa. Kaldu merupakan dasar dari aneka hidangan seperti sup, dressing, dan aneka saus. Kaldu ini diperoleh dari sari  bahan utama dan rempah yang direbus dalam waktu berjam-jam.

Supaya kaldu jernih, rempah dibungkus kain tipis sebelum dicelupkan ke dalam air. Bahan dan rempah direbus dalam kondisi panci tertutup untuk menghindari uap yang berlebih, karena akan membuat rasa dan aroma kaldu berkurang. Proses mendidihkan kaldu menggunakan api kecil selama 1-3 jam untuk mengekstrak segala sari dari tulang dan daging. Selama perebusan, sesekali dilakukan teknik *skimming*, yaitu menyerok lemak dan rempah yang mengambang di permukaan, supaya warna kaldu tidak keruh

Meski kaldu alami terbukti lebih enak, bukan berarti kita pantang menggunakan kaldu instan. Kaldu instan punya rasa gurih yang khas. Asal, sesuaikan takaran pemakaian, jangan berlebih karena akan menyamarkan rasa asli masakan malahan. 

Cara membuat kaldu yang  bening dan enak :
  • Waktu yang dipergunakan untuk memasak kaldu antara 1-3 jam, di masak dengan sistem slow cooking, dengan api kecil, karen ajika api besar sari kaldu di tulang tidak akan bisa keluar karena tulangnya sudah matang duluan. Selain itu sumsum dan sisa darah akan terlepas dari tulang (jika kaldu dibuat dari tulang sapi/ ayam). Akibatnya, kuah jadi keruh dan amis,
  • Jika kaldu tampak kotor (ada sisa darah, lemak, dan lainnya), misal untuk kaldu iga, buntut dan daging berlemak lain, bisa di blansir dahulu, jadi di rebus sampai mendidih, kemudian air rebusannya di buang. Lalu rebus kembali daging dengan api kecil , sampai keluar kaldunya.
  • Bila muncul busa pada rebusan kaldu, angkat busanya, lalu buang.
  • Jangan masukkan tulang mentah ke dalam air kaldu yang sudah panas/ mendidih.
  • Jangan mencampur kaldu yang sudah jadi dengan air yang tidak mendidih. Risikonya, kaldu akan mudah basi dan rasanya akan berubah. 
  • Cara praktis membuang lemak di kaldu adalah dengan menaruh kaldu yang sudah jadi di kulkas..nanti lapisan lemak akan membeku dan mengumpul di atas..jadi tingal kita ambil atau buang saja..jadilah kaldu yang bening yang tersisa.
Tips:
1. Kaldu seharusnya tidak berbau amis. Untuk menghilangkan bau amis, bisa ditambahkan bahan-bahan lain seperti daun bawang, daun seledri, atau kulit wortel, kentang, bawang bombay saat membuat kaldu.
2. Air kaldunya tidak berlemak.
3. Warna kaldu bening atau tidak butek / keruh.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts