Laporkan Penyalahgunaan

Buttermilk



Apa itu buttermilk.?..mungkin ada yang masih asing dengan nama  ini..baiklah..mari kita belajar sama2 ya teman2…
Buttermilk adalah produk susu yang bentuknya kental dan memiliki aroma dan rasa tajam, rasa mentega - semacam seperti persilangan antara mentega cair dan krim asam. Meskipun kental, tapi buttermilk rendah lemak. Beberapa orang menggunakan buttermilk untuk di minum biasa, tetapi biasanya cara menggunakan yang terbaik adalah digunakan dalam kue, pancake, roti dan hidangan lainnya kerena buttermilk ini akan memberikan rasa mentega tapi tanpa lemak. Buttermilk digunakan untuk membuat tekstur pancake yang dihasilkan lebih lembut dan moist tanpa menggunakan lemak yang banyak. Di Indonesia, buttermilk memang agak sulit ditemukan, kecuali di supermarket yang banyak menjual bahan impor. Tapi, jika kita tidak menemukannya, buttermilk dapat disubstitusi dengan bahan lain, tapi bukan sekadar susu cair biasa. Buttermilk lebih kental dibanding susu cair dan cita rasanya sedikit asam karena buttermilk dihasilkan dari proses fermentasi.

Buttermilk awalnya adalah cairan yang tersisa setelah proses pembuatan mentega itu selesai. Saat ini, buttermilk dibuat dengan menambahkan bakteri asam laktat [pasturized] nonfat atau rendah lemak , sehingga susu mengental dan memberikan rasa tajam. Pengganti termudah adalah dengan menambahkan 1 sdm cuka/ air jeruk nipis untuk 1 cangkir susu biasa untuk mengentalkan dan memberikan rasa tajam. Atau Selain itu, buttermilk juga dapat diganti dengan yoghurt atau krim asam dengan jumlah yang sama.
Ini juga menyediakan tingkat yang sama dengan keasaman buttermilk, sehingga akan bekerja dalam resep dengan cara yang sama (tetapi tidak memiliki rasa mentega buttermilk, tentu saja).

Cobalah sesekali menggunakan buttermilk dalam pembuatan pancake..cake dll..teman2..dan rasanya bedanya..hasil pancake jadi lebih lembut dan fluffy..kalau cake dengan buttermilk ini biasanya lebih moist dan lembut juga. Cake yang biasa menggunakan buttermilk di adonannya misalnya ada Red Velvet Cake. Aku pernah mencoba resep pancake buttermilk, resepnya di sini...dan rasanya memang beda dari pancake biasa..lebih lembut dan empuk..Selamat mencoba..^^



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts