Laporkan Penyalahgunaan

Ayam Bakar Bumbu Bacem Khas Yogya..Yummy..!


Buat Orang Jawa apalagi  dari Yogya..kayak aku..pasti dech..menu bacem sudah menjadi menu keseharian. Apa aja bisa di bacem..dari ayam..tahu..tempe..daging..babat usus..banyak dech. Bacem..buat dari luar Jawa..yang belum tahu..adalah cara masak dengan di ungkep bumbu2 rempah dengan tambahan utama yang wajib ada adalah air kelapa dan gula merah dengan bumbu utama bawang merah , bawang putih , dan ketumbar. Tapi biar lebih gurih..aku suka tambahkan kemiri khusus untuk ayam bacem atau daging. Air kelapa inilah kunci agar citarasa bacem semakin enak..dan warnanya cantik...seperti bacem tahu dan tempe..akan semakin cantik dan menggiurkan warnanya jika memakai air kelapa. 


Dari semua bahan yang di bacem..yang paling sering ku masak adalah ayam bumbu bacem..karena Yodha suka sekali. Rasanya gurih dan manis..manisnya sich bisa di sesuaikan selera kok..jadi jangan kawatir akan manis banget kayak gudeg Yogya gitu. Setelah ayam di bacem..bisa di goreng sebentar saja asal berkulit di minyak yang panas, sehingga dalam ayam tetep basah dan lembut . Jika tidak suka di goreng..ayam bumbu bacem bisa juga di bakar..atau di panggang sebentar di pan..misal pake hapy call gitu...dengan di oles sedikit margarin dan di tambah sedikit kecap manis jika suka..rasanya akan semakin istimewa. Nah..hari ini menu kami adalah ayam bakar bacem ini..plus sambal terasi matang..hemmm..yummy dech..siap buat makan siang hari ini..walau dari tadi udah di colak colek sama Yodha ayamnya..hihi..enakkk katanya..^^

Oke..aku tulis resepnya juga ya..waluun teman2 mungkin udah biasa juga masak ayam bakar..siapa tau ada yang butuh resepnya..^^

Ayam Bakar Bumbu Bacem Khas Yogya

Bahan :
1 ekor ayam pejantan / ayam kampung
400 ml air biasa dan 400 ml air kelapa
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas, memarkan
Gula merah 50 gram ( sesuai selera )
Bumbu kaldu bubuk ayam 1 sendok teh dan garam secukupnya

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar

Cara membuat :

Ungkep ( masak dengan api kecil dan panci tertutup ) ayam dan semua bumbu hingga ayam lunak dan bumbu meresap , serta air habis / menyusut. Sesekali balik ayam biar merata bumbunya dan di cicipi rasanya sudah pas atau belum. Olesi ayam dengan sedikit margarin dan kecap manis, lalau panggang di atas pan anti lengket atau langsung di atas  bara api arang. Sajikan dengan sambal dan lalapan.
Sambal Terasi Matang

Bahan :
10 buah cabai merah 
4 buah cabai rawit
6 butir bawang merah
1 siung bawang putih
1/2 sendok makan terasi
1 buah tomat merah
1/2 sendok teh gula merah ( secukupnya )
sedikit garam

Cara Membuat :
Goreng semua bahan hingga matang kecuali gula dan garam, ulek hingga halus, tambahkan gula dan garam, lalu tumis atau gongso kembali hingga sambal benar matang. Sambal matang ini awet di simpan di kulkas..jadi kalau mau makan tinggal di panaskan lagi saja..^^. Selamat mencoba.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts