Laporkan Penyalahgunaan

Oseng Kikil Mercon..Pedasnya Cetar Membahana..^_^



 
Pedass..pedass..sapa yang mau oseng kikil pedas..? Pedasnya nggak cuma judes..tapi kayak mercon..hihi.
Sudah pernah makan oseng2 mercon teman ?..Itu lho..salah satu kuliner unik dari Yogya..yang terkenal dengan oseng2 daging tetelan super pedasss yang di sebut oseng2 mercon. Pedasnya..mantabb, karena perbandingan daging dan cabenya 1: 1..dagingnya sekilo..cabenya juga sekilo..keren kan..^^..bener2 bikin keringatan dan bibir tebal dech..kalau makan oseng2 mercon ala Yogya itu. Nah..aku kalau kangen sama2 oseng mercon..suka bikin sendiri dech di rumah..gampang kok..dan dapet resepnya dulu dari salah satu tabloid yang mengulas tetntang oseng2 mercon Yogya ini..jadi resepnya lumayan otentik dech..dan setelah ku coba..juga..ku modifikasi sedikit..sama enak..lebih enak malah..kalau masak sendiri..bisa di banyakin daging sesuai selera..cabe juga sesuai selera..nggak musti 1:1..kasian perut kan..hihi…tapi sesekali mencoba sensasi dasyat rasa aslinya oseng2 mercon di Yogya..oke juga lho teman2.

Nah…kali ini..aku bikin oseng2 mercon..tapi bukan pakai daging sandung lamur / tetelan..tapi pakai kikil. Pertama kikilnya di rebus dulu sama sedikit garam dan rempah..supaya nggak amis tuch..baru dech di tumis pedas..rasanya..mak yoss..pedasnya..cetar membahana badai dah..haha…*kumat lebaynya* Aku cuma pakai cabai 100 gram aja udah huh hah..pedasnya..karena pakai cabe rawit merah semua..nah..terserah teman2 ..kalau mau coba..level berapa pedasnya..mau level 10..cobalah..perbandingan cabe dan daging 1:1..hihi…berani ?..


Nah..teman2 suka yang pedas2..cobalah oseng2 mercon ini..kalau nggak suka kikil , bisa diganti daging tetelan sapi..atau koyor..atau daging aja juga boleh..yang nggak ada lemaknya..di rebus dulu sampai empuk ya..baru di tumis  pakai bumbu pedasnya. Jangan lupa siapkan minum yang banyak..ketika makan..dan kerupuk..karena kerupuk adalah salah satu cara ampuh untuk menangkal pedas di lidah..caranya..ya tinggal di makan aja..hihi..kan lemak / minyak di kerupuk melunturkan rasa pedas di lidah tuch..beneran lho ini..serius..bukan becanda..^^. Atau cara lain meghilangkan pedas di mulut….emut aja susu bubuk..teorinya juga sama..lemak susu..melunturkan capcaisin..di lidah..itu lho..kandungan zat yang menyebabkan rasa pedas pada cabai. Jadi..gampang kan..tetap menikmati pedas tanpa rasa terbakar di mulut..^^.
Salam pedass teman2..^^


Oseng Oseng Mercon

Bahan:
250 gram kikil ( atau bisa pakai tetelan daging sapi/daging yang  berlemak )
2 lbr daun salam,satu ruas jari laos, geprek
Sedikit garam

Bumbu :
100 - 150 gr cabai rawit merah ( Kalau oseng2 mercon di warung di Yogya sebenarnya perbandingan cabai dan daging jumlahnya sama..berani?? )
7 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm jahe, geprek
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi bubuk / garam secukupnya

Cara Membuat :
Rebus kikil / daging dengan salam dan laos dan sedikit garam hingga empuk. Tiriskan. Iris kecil-kecil. Sisihkan.
Goreng cabai merah ,bawang putih,bawang merah utuh sampai matang.
Haluskan / tumbuk kasar aja..
Tumis bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan jahe geprek , aduk.
Masukkan tetelan  daging sapi, bumbu kaldu / garam dan gula merah, tambahkan 100 ml air / secukupnya , masak hingga bumbu meresap dan kering..jika suka sdkt kuah ..masaknya jgn terlalu kering..









Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts