Laporkan Penyalahgunaan

Lumpia Bengkuang..Easy & Yummy


Lumpia Bengkuang...sudah pernah coba teman2..?..Biasanya lumpia kan isi rebung satau sayuran ya..tapi kali ini aku buat lumpia isi bengkuang. Ceritanya kemaren liat bengkuang kok ngganggur gitu aja di dapur..mau di buat rujak kok nggak ada temennya..kan kurang seru rasanya..jadi terus mikir2 mau di buat apa si bengkuang ini..mau ku buat masker..bagus juga ya sebenernya buat wajah...tapi males ribetnya..hihi..mending ke dokter wajah aja..facial dan feeling praktis..hihi..akhirnya dapat inspirasi dech..hemm di buat bikin lumpia aja..aku ingat di Yogya dulu..waktu masih kuliah..aku sering beli lumpia isi bengkuang ini di depan Mirota Kampus UGM..tapi nggak tahu ya..sekarang masih ada atau tidak...jadi ingat rasanya enak juga bengkuang di buat isian lumpia. Akhirnya..langsung ajak dech kemaren bikin..dan hasilnya emang enak lho teman2..lebih enak dari yang pernah ku beli dulu..hihi..ya iyalah..soalnya yang ku bikin ini pakai ayam dan udang cincang..lha kalau beli dulu kan cuma bengkuang aja..


Oh ya..tekture dari lumpia bengkuang ini..asyik banget..rasanya seger..gurih dan bengkuangnya masih kres2 gitu dan ada rasa2 manis bengkuangnya..enak dech pokoknya..cobain dech. Yodha yang biasanya anti lumpia rebung karena bau khas rebung aja..bilang..enakkk..^_^. Kulit lumpianya..kalau males bikin..beli jadi aja teman2..banyak kok sekarang kulit lumpia siap pakai...kalau di Semarang nich..gampang banget..ya iya donk..kan kota lumpia..hihi..ada satu daerah malah yang khusus bikin kulit lumpia aja untuk di pasok ke pedagang2 lumpia dan pasar2 tradisional. Kulit lumpia Semarang ini jenisnya tipis banget..jadi jika di buat lumpia bisa renyah..aku udah pernah posting sich tentang lumpia Semarang dan cara buat kulitnya di sini..cuma..kalau belum terbiasa emang rada ribet..karena adonan kulit lumpia Semarang ini bukan seperti kulit lumpia biasa yang di dadar gitu..tapi adonannya sangat kental dan cara buatnya di oser2 ke wajan dengan bundelan kain..atau bahasa lainnya di oleskan kali ya..aku pernah coba..susah banget..hihi..jadi sekarang lebih suka pakai kulit lumpia siap pakai yang di jual di tukang sayur aja praktis..murah meriah..dan rasanya juga enak..karena kan di buat oleh para ahli kulit lumpia di Semarang. Nah..kita tinggal ngatur rasa isinya aja..biar pas..dan rasa lumpianya makin oke.

Nah..penasaran mau coba lumpia bengkuang ala aku..ayo di simak resepnya ya...

Lumpia Bengkuang 

Bahan :
3 buah bengkuang ukuran sedang ( duch maaf kemaren lupa nimbang teman2..jadi di kira2 aja ya beratnya..hihi ), kupas dan potong bentuk korek api kecil2.
100 gram daging ayam bagian dada, potong dadu kecil2
50 gram udang kupas, cincang halus
Telur orak arik jika suka ( kemaren aku nggak pake..telur pas habis..hihi)

Bumbu :
Bawang merah 2 butir
Bawang putih 2 butir
Merica butiran 1/2 sendok teh
Bumbu kaldu ayam / garam secukupnya
Gula pasir 1 sendok teh
Air kurang lebih 100 ml


Cara membuat :
Haluskan bawang merah, bawang putih, dan merica .
Tumis sampai harum dan matang, masukkan ayam dan udang, aduk dan masak sampai berubah warna dan matang.
Masukkan bengkuang iris dan air serta bumbu2 lain, aduk rata dan masak sampai meresap dan air habis.
Dinginkan.
Ambil kulit lumpia, beri adonan isi, bentuk seperti lumpia dan goreng hingga matang dan renyah. Easy kan...?
Sajikan hangat...yummy.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts