Laporkan Penyalahgunaan

Lentho..Gorengan Unik dari Singkong dan Kacang Tholo..enakk..^_^


Pagiii..udah sarapan teman2..?..Semoga sudah ya..hari kecepit nich..buat yang masih kerja..pasti pada males malesan ya..ayo semangattt..fighting..fighting....( sambil  ngangkat siku gaya orang Korea yang kasih semangat ke temannya ..hihi ) Semangat ya...besok kan udah libur weekend lagi nich..^_^. 
Biar tambah semangat kerjanya..nich ku kasih cemilan gorengan pagi2 ya..di temani teh atau kopi..enak..atau belum sarapan..di makan sama pecel juga enak banget nich. Nama gorengannya Lentho..ada yang belum pernah makan ?..nich cicipin ya buatanku. 

Lentho..adalah gorengan yang terbuat daring singkong, kacang tholo dan kelapa parut....rasanya..enak sekali..gurih dan terasa bumbu rempahnya. Kacang tholonya di rendam terlebih dahulu selama 3 jam..jadi nanti pas  tekturenya setelah di goreng..masih terasa sensasi kres kacang tholonya..dan bagian luarnya bisa kriuk kalau kita nggorengnya sampai renyah. Lentho memang harus berbumbu kuat. Bumbunya komplit dari bawang  putih , ketumbar, daun jeruk dan kencur. Nah..wangi aroma ketumbar dan daun jeruk inilah membuat lentho semakin enak dan gurih..yummy dech pokoknya. Jadi jangan sepelekan singkong ya..di Jawa..singkong bisa jadi beragam panganan yang enak2..salah satunya yang Lentho ini.


Di Semarang..Lentho ini masih banyak di jual di pasar2 tradisional..atau di warung2 pecel..ada juga. Tukang jajan yang sering lewat depan rumahku juga jual..dan enak juga...cuma..kalau beli kadang warnanya tuch coklat tua banget..kadang kehitaman..mungkin karena kualitas minyaknya ya..yang udah di pake berkali2..jadi kalau aku..lebih suka bikin sendiri..selain lebih enak..tentu juga lebih bersih dan terjaga kualitas minyak yang di pake..makanya lenthoku memang warnanya nggak kayak kalau beli ..jadi kuning keemasan..bukan..coklat kehitaman hihi. Terus..kalau beli emang kadang di gorengnya suka sampai rada kering banget hampir gosong..nggak kayak punyaku..cuma..kalau kubuat sampai renyah kuning kecoklatan..yang protes kameraku pasti ya..hihi..jadi nggak cantik ntar lenthonya..jadi..jika teman2 suka lentho yang renyah dan kering..tinggal di goreng aja sampai bener2 kering sampai kecoklatan warnanya. Ciri khas lain lentho ini adalah cap tangan..hihi..karena mbentuknya memang di kepal2 pakai tangan sampai padat ..nah jadinya ada cap tanganya...jadi kalau beli kan bikin il feel ya..ada cap tangannya orang lain ^^..jadi lebih baik bikin sendiri. Yukk..mari..jika mau cicipi kudapan unik dari singkong ini..cobain ya..gampang banget dan enak rasanya..murah meriah pula..selamat mencoba.. ini resepnya ya..Lentho ala aku ..^_^

Lentho

Bahan :
300 gram singkong parut ( peras sedikit airnya jika singkongnya kandungan airnya , jika tidak yang nggak usah )
Kelapa parut 1/2 butir
Kacang tholo 100 gram ( rendam 3 jam )

Bumbu Halus :

2 siung bawang putih
1 cm kencur
1 sendok teh bumbu kaldu instan / garam secukupnya 
1/4 sendok teh ketumbar
2 lembar daun jeruk purut
1/4 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
Campur singkong parut dan kelapa parut dengan semua bumbu. cicipi..sampai rasa gurihnya pas..jika kurang bisa tambahkan garam . Ambil sedikit adonan..kepal bentuk lonjong pipih dengan tangan. Goreng di minyak yangs udah panas..sampai kuning keemasan..atau sampai coklat renyah..jika suka. Sajikan untuk cemilah atau pelengkap pecel..yummy..!



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts