Laporkan Penyalahgunaan

Kue Ku Terigu..atau Bakpao Ala Pasar..?


Hemmm...kue apa ini hayo teman2..? Bentuknya sich, kayak bakpao..rasanya juga..tapi ini rasanya seperti bakpao jadul..yang dulu ku makan waktu kecil..jadi lembut tapi agak lengket dikit di mulut..enakk..karena memakai santan di adonannya. Hemm..baru nyadar..ternyata bakpao ala pasar ini..pakai santan di adonan kulitnya..pantesan..beda rasanya sama bakpao2 modern yang sering ku buat. Aku terinspirasi untuk membuat bakpao jadul ini..nggak sengaja..hasil blog walking aja..aku tergelitik dengan penampakan kue nya..pinky..jadi ingat bakpao jadul ala pasar yang dulu sering ku makan pas masih kecil..terus ku baca judulnya..ternyata namanya kue ku terigu..unik..! Karena aku taunya dulu ya bakpao pasar namanya..hihi. Langsung dech..memori ku terlempar ke belasan tahun..cey ..belasan..puluhan kali ya..hihi *nggak nyadar ya..kalau udah kepala tiga*,..oke dech..puluhan tahun lalu..ketika ibuku suka membelikan kue kayak bakpao ini setiap pulang dari pasar. Rasanya sederhana saja sich dulu..tapi..pas aku buat kemaren..kok enak banget ya..hihi..rasa nostalgianya juga mendukung kali ya. Tapi beneran..hasilnya empuk..lembut dan gurih rasanya..lebih enak dari bakpao modern yang sering ku coba perbagai resepnya. 

Jadi..next time..kalau ingin bakpao..aku mau pakai resep versi jadul ini aja..karena kulitnya lebih gurih. Oh ya..aslinya isi kue ku terigu ini dari kumbu kentang..cuma aku ndak punya..kentang banyak kemaren..punyanya cuma cukup buat adonan kulitnya aja..akhirnya ku ganti isi kumbu kacang hijau..ya udah..jadilah kue ku terigu ala aku..isinya kumbu kacang hijau..bukan kumbu kentang ...enak juga kok..next time mau coba di isi ubi,..enak juga kali ya.kan tekture ubi mirip2 kentang juga. Oh ya..yang bikin adonan kulit ku eku terigu ini jadi lembut juga karena ada campuran kentang kukus di dalamnya..jadinya enak dech. Ayo..cobain teman2..kue jajan pasar yang udah langka ini..dengan mencoba bikin sendiri di rumah.enak kok..suer..^^
Buat adonan kulit kue ku terigu ini juga enak banget...nggak capek2 amat kayak kalau buat adonan roti..hasil adonannya cepet kalis dan halus..jadi don't worry teman2..nggak bakalan capek kok nguleninya. Dan hasilnya..taraa..mulus2 kan kue ku teriguku..cuma mungkin akan lebih eksotis kalau pakai daun pisang ya alasnya..tapi nggak punya je kemaren..jadi pakai cup kertas biasa aja..hasilnya..kegedean..hihi..jadi nggak rapi ya..padahal..cantik2 banget sich asli kue ku terigunya..mau ku potong sisa kertasnya.. tapi udah nempel di pinggiran kuenya..ya sudah..begitu saja..toh tidak mengurangi mulusnya si kue..dan yang penting rasanya oke..jadi musti ku simpan di sini resepnya..supaya gampang cari..nanti kalau buat lagi.

Ok..selamat mencoba teman2..paling tidak sekali2..cobalah buat sendiri kue2 jadul gini..yach..itung2 ikut melestarikan kekayaan kuliner bangsa kita ya..karena selain unik rasanya..juga sudah mulai jarang yang jual sekarang. Selamat mencoba..^^




Kue Ku Terigu Isi Kumbu Kacang Hijau

Bahan Isi:
250 gram kacang hijau kulit, cuci bersih
1 lembar daun pandan
75 gram gula pasir ( aku suka isi kumbu kacang hijau yang tidak terlalu manis, jika teman2 suka manis, tambahkan saja gula sesuai selera )
1/2 sendok teh vanili bubuk
1/2 sendok teh garam

Cara Membuat :
Rebus Kacang hijau hingga lunak, saring sampai benar2 habis airnya. ( sisa airnya boleh di minum..hihi…tambahin gula dikit..jadi dech air kacang hijau yang seger..)
Tambahkan gula, vanili,daun pandan dan garam,masak hingga kesat dan kering.( bisa di pulung )
Kulit :
250 gram tepung terigu
100 gram kentang kukus yang di haluskan
1/2 bungkus ragi instan
25 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam garam
100 ml santan kental instan ( aku pakai Bumas..enak..nggak eneg)
1 sendok makan margarin
1 tetes pewarna merah muda
Daun pisang, potong bulat / kertas bakpao

Cara membuat :
Kulit : campur terigu, ragi, gula, dan kentang halus hingga rata. Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Tambahkan garam dan margarin, uleni lagi sampai kalis. Diamkan 30 menit hingga mengembang
Setelah mengembang, ambil adonan kulit 30 gram, bentuk bulat, pipihkan. Isi dengan 2 sdm adonan isi. Bulatkan lagi hingga rapat dan bentuknya seperti bakpao
Letakkan diatas daun pisang/ kertas . Kukus dalam dandang panas selama 7 menit hingga matang. Angkat, sajikan..dan voila...cantik kan mereka..pinky2 eksotis..hihi..dalemnya juga lembut banget tekturenya..liat sendiri dech..^^


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts