Laporkan Penyalahgunaan

Ketimus Ubi Cilembu


Ketimus...resep biasa banget kali yach teman2..karena semua pasti bisa..tapi nggak pa2 ya...aku posting aja..sayang nich..fotonya cantik ketimusnya..kalau nggak di pajang di blog..hihi..*lebay*..yach..sapa tau ada teman2 yang baru belajar masak dan cari resep ketimus yang super mudah ini. Biarpun sederhana dan mudah sekali cara membuatnya..tapi rasanya enak dan legit lho...soalnya ketimusku ini beda ..dan sedikit istimewa..karena pakai ubi Cilembu..itu tuch ubi madu yang rasanya manis dan berasal dari daerah Cilembu. Sekarang banyak kok yang jual ubi Cilembu ini di daerah2 lain..di tempatku juga banyak. Nah kemaren suamiku habis raker pulangnya bawain ubi Cilembu ini banyak. Aku suka sich ubi Cilembu..tapi kalau kebanyakan ya *mblenger* juga rasanya..hihi. Akhirnya untuk menghabiskan stock  ubi Cilembunya aku olah aja jadi ketimus..eh rasa nya tambah enak lho.karena rasa manis alami sudah dari ubinya..jadi tidak perlu banyak2 nambahin gula. Juga warna ketimusnya jadi lebih cantik..kuning kecoklatan gitu..beda sama ketimus dari ubi putih biasa.

Oh ya..biar kita nambah ilmu, sebelum makan ketimusnya...aku kasih sedikit info ya tentang si manis dan legit ubi Cilembu ini. Ubi ini lebih istimewa daripada ubi biasanya karena ubi ini bila dioven akan mengeluarkan sejenis cairan lengket gula madu yang manis rasanya. Karena itu, ubi Cilembu disebut juga dengan ubi si madu. Bila ubi pada umumnya juga manis, rasa manis umbi Cilembu ini lebih manis dan lengket dengan gula madu. Rasa manis ini membuat tenaga ekstra bagi orang yang mengkonsumsinya.


Ubi ini tidak cocok untuk digoreng, karena kandungan gulanya yang tinggi membuat ubi ini sangat mudah “gosong”, dan juga tidak cocok untuk direbus, karena aroma dari “madu” nya akan berkurang, bahkan hilang. Pada umumnya produk ubi Cilembu di jual dalam bentuk ubi bakar selain diolah dalam bentuk kripik, tape, dodol, keremes, selai, saus, tepung, aneka kue, mie, dan sirup. Ubi Cilembu memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena rasa yang khas, manis seperti madu dan legit.

Selain rasa yang sangat manis, warna daging ubi juga cukup menarik dimana kulit dan daging ubi berwarna krem kemerahan diwaktu mentah dan berwarna kuning bila dimasak dan bentuk ubi panjang berurat. Bentuknya panjang dan kulitnya tak mulus karena ada urat-urat panjang yang menonjol. Ketika dipanggang, dibakar, atau dioven, dari kulitnya yang berwarna gading akan muncul lelehan-lelahan seperti madu.
Ubi Cilembu memiliki kandungan vitamin A 7.100 IU (international unit). Suatu jumlah yang cukup tinggi untuk perbaikan gizi bagi mereka yang kekurangan vitamin A. Padahal, umbi-umbian jenis lain, kandungan vitamin A-nya hanya berada pada angka 0,001-0,69 mg per 100 gram. Selain vitamin A yang tinggi, juga mengandung kalsium hingga 46 mg per 100 gram, vitamin B-1 0,08 mg, vitamin B-2 0,05 mg dan niacin 0,9 mg, serta vitamin C 20 mg.

Jadi..ayo..sering2 lah mengkunsumsi ubi Cilembu ini..biar asupan vitamin A nya terpenuhi. Kalau bosan dengan rasa ubi bakarnya..bisa kita olah kok menjadi kudapan sederhana tapi enak rasanya..seperti ketimus ini. Untuk mebuat ketimus ubi ini..sangat gampang kok..simak resepnya yach..Jika tidak ada ubi Cilembu..ya pakai ubi pasar biasa aja..tapi gulanya di tambah ya sesuai selera..Selamat mencoba..^^

Ketimus Ubi Cilembu

Bahan :
500 gram ubi Cilembu bakar, haluskan
1 sendok makan gulapasir
1/4 sendok teh garam
1 bungkus kecil vanili sachet
1 sendok makan tepung tapioka 

Cara Membuat :
Campur semua bahan dan aduk rata. Bentuk bulat lonjong, lalu goreng hingga matang dan kuning kecoklatan. Sajikan.

  • Eh..ketimus ini juga enak di nikmati dingin lho..masukkan kulkas sebentar..rasanya jadi tambah legit..hihi..aneh ya..tapi enak lho..^^



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts