Laporkan Penyalahgunaan

Kekian Kukus...Yang ini..Asli...^_^


Memenuhi janji buat Mba Rini..ini aku buatkan Kekian asli..hihi..lucu ya..emang ada yang palsu..?..Ada..nanti aku cerita ya macam2 kekian. Kekian ini salah satu bahan makanan yang sering ada di freezer ku..jadi sering banget bikin..karena enak sekali di buat campuran mie goreng..nasi goreng..bihun goreng atau capcay. Dulu pas belum bisa bikin sendiri..pertama makan kekian ini kalau beli cap cay Semarangan tuch..kan banyak kekiannya..pasti rebutan sama suami..hihi..soalnya enak banget..begitu tau resepnya dan bisa bikin sendiri..walah..ternyata gampang banget dech bikin kekian tuch..jadinya ya mau makan kekian kapan aja bisa..^^

Ada yang belum tau apa itu kekian....?.Kekian itu ada dua versi cara buatnya..ada yang di kukus..dan ada yang langsung di goreng. Walaupun kekian yang kukus ..nantinya akan di goreng juga sich..jika mau di makan gitu aja..atau di buat lauk. Namun..kebanyakan kekian di buat campuran untuk cap cay..nasi goreng atau mie goreng  dengan di iris2 kecil serong....rasanya sangat gurih dan enak,..terbuat dari cincangan daging ayam..udang dan lemak ( kalau aku lemaknya pakai lemak ayam..yaitu kulitnya ), yang kemudian di campur dengan tepung sagu / tapioka, telur dan bumbu2, kemudian di bentuk seperti lontong pakai plastik atau daun pisang..kemudian di kukus. Sekarang bisa juga di variasikan dengan di bungkus kembang tahu kulitnya dan di gulung. Nah ini versi yang kekian asli..karena pakai daging ayam dan udang..serta lemak daging tadi...kalau yang palsu..ada juga..yaitu cuma kekian dari tepung aja..tanpa daging apa2..dan tanpa telur juga kadang..itu tuch yang sering buat cap cay kampung yang udah pernah ku posting juga resepnya. Kalau penasaran sama penampakan *kekian palsu*...liat di postinganku yang lama....klik di sini ya Cuma kalau kekian palsu ini..paling enak yang kekian goreng..soalnya..kalau kekian versi kukus nggak pake daging..nggak kebayang dech rasanya..cuma berasa tepung aja ya..hihi. Cuma kekianku yang ku bikin kemaren nich versi aneh..hihi..kemaren plastik pas habis dan nggak ada daun pisang..jadi ku taruh aja di loyang..terus di potong2 dech..sama kok enaknya...beda bentuk aja..hihi.

Banyak juga kekian ini di jual di pasar2 tradisional..apalagi di Semarang nich..di pasar2 yang deket Pecinan, cuma..kalau yang di jual di pasar2 tradisional tuch..banyak sich kekian yang enak2..tapi takutnya pakai lemak..si * piggy *..hihi. Makanya aku lebih suka bikin kekian sendiri..daripada beli..ya itu takut ndak halal buat kami. Soalnya..fungsi lemak buat kekian ini sangat penting..yaitu menunjang rasa gurih. Kalau bikin sendiri..aku pakai lemak kulit ayam..atau minyak ayam tuch..sama aja sich..dari kulit ayam yang di panaskan...sampai keluar minyaknya..daripada ribet..susah..cincang2 kulit ayamnya..alot..hihi..soalnya food prossecorku udah wasalam..alias rusak,..jadi ya terpaksa cincang2 manual..lha kalau di blender tuch nggak enak soalnya..harus di tambahin air kan..jadi nya terlalu halus..dan rasanya jadi beda.

Kekian ini..bisa di olah jadi macam2 masakan..selain di campur cap cay dkk. Bisa di tumis sama sayuran..di buat campuran sup..atau di goreng gitu aja..di celup kcokan telur juga enak..baut lauk. Di cemil dengan cocolan saus juga enak. Jadi..kalau bosan sama bakso..sosis dll..sekali2..cobalah bikin kekian gini teman2..pasti dech di sukai keluarga..karena rasanya yang gurih dan enak. Jika tidak ada plastik es yang panjang gitu..pakai aja cara sesatku..di taruh di loyang..kukus..mateng potong2 dech..tinggal di goreng atau di simpan di freezer..buat stock bahan makanan campuran aneka masakan. Yukk...mari biasakan bikin apa2 homemade..walau di luar sana banyak yang jual ya..yang pasti kan..lebih sehat..enak dan murah..Selamat mencoba ya teman2...

Kekian Ayam Udang

Bahan :
150 gram daging ayam bagian dada , cincang halus
150 gram udang kupas, cincang halus
50 gram kulit ayam , cincang halus ( atau 2 sendok makan minyak ayam, cara buatnya dari kulit ayam yang di panaskan sampai keluar minyaknya )
60 gram tepung tapioka 
2 butir telur
3 siung bawang putih 
4 siung bawang merah
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
Garam / bumbu kaldu secukupnya

Cara Membuat :
Campur ayam , udang , kulit ayam cincang halus dengan bahan2 dan bumbu2 lain. Aduk rata. Masukkan ke dalam kantong plastik es mambo..ikat kuat ujung2nya atau pakai daun pisang, bentuk kayak lontong. Jika tidak ada..pakai loyang aja juga bisa. Kukus selama 20 -30 menit sampai matang.

Kekian..yang udah di potong2 ..siap di goreng atau di simpan di freezer..^^


Tips :
Cara buat minyak ayam..kayak gini nich.  Kulit ayam di panaskan..dengan api kecil sampai keluar minyaknya. Nah..aku aku bumbuin sekalian tuch..kulit ayamnya..pakai bumbu ungkep kayak bacem gitu..bawang merah..bawang putih, ketumbar kemiri, garam gula..terus di masak pakai api kecil..sampai kulit ayam empuk dan keluar minyaknya sendiri. Jadi..sekali dayung..eh..sekali masak..dua olahan dech hasilnya..kulit ayam bacem..dan minyak ayamnya..hihi. Kulit ayam yang sudah berbumbu ini..bisa di goreng dech buat lauk juga..salah satu lauk favorit Yodha nich..karena kan empuk kulit ayam..^^..nah minyaknya tinggal kita saring buat campuran bikin kekian ini..kalau sisa..di simpan..enak juga buat menumis bumbu nasi goreng..campuran bikin dim sum..dll..karena lemak ayam ini bikin gurih. Suka liat kan..mie ayam yang di jual abang2 keliling tuch..suka di kasih minyak dari dalam botol..nah minyak itu juga minyak ayam ini..jadi rasa mie ayamnya jadi tambah gurih kan..

Gini nich..penampakan minyak ayam yang sering ku buat..banyak kan..itu minyak asli dari si kulit ayam lho minyaknya..plus hasil sampingannya..kulit ayam bacem..hihi



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts