Laporkan Penyalahgunaan

Horee..Akhirnya *Kumis Naga* ku Bisa Panjang2..^_^



Hahaha..judul yang lebay ya teman2..cuma mau mengekpresikan rasa gembiraku..karena akhirnya berhasil bikin kumis naga yang panjang2. hayo..siapa yang pernah makan *kumis naga*..hihi..?. Enak lho..renyah..gurih..tapi bukan kumis naga beneran sich..cuma bakso kumis naga..hihi..itu lho..bakso goreng dari ikan tenggiri dan udang yang di bungkus luarnya dengan kulit pangsit goreng yang di iris tipis2. rasanya..enak sekali..perpaduan gurihnya bakso dan renyahnya kulit pangsit goreng..menjadikan nya sangat enak..gurih, renyah.Wis..kalau masak ini..nggak jadi buat lauk dech..udah habis di cemal cemil duluan..soalnya semua suka..aku suka..papinya Yodha suka..Yodha juga suka. Udah beberapa kali bikin bakso kumis naga ini..hasilnya selalu gundul..hihi..kumisnya nggak mau keluar panjang kayak yang sekarang..tapi malah nempel bulat2 di baksonya..hihi. Dan sekarang..berhasil..berhasil..kuncinya adalah kita nggak boleh nekan kulit pangsitnya kuat2 di baksonya..jadi nanti pas di goreng bisa mekar panjang2 dech kumis naganya..hihi.

Oke..mau coba.ayo siapin bahan2nya..kali ini resep aku ambil dari majalah Sedap Sekejab..cuma biasa udah ku modifikasi sesuai seleraku..ya. Kulit pangsit yang di pakai harus kulit pangsit yang khusus goreng ya..supaya bisa renyah. Bisa di beli di supermarket...aku suka merk Jempol tuch enak..renyah..tapi ya terserah teman2 mau merk apa aja yang penting kulit pangsit khusus untuk di goreng. Yang kemaren malah aku pakai kulit pangsit pasar yang di jual Mas Sayur langgananku..lha kok murah banget..segepok gitu ..isinya mungkin ada 50 lembar cuma 5 ribu..lha kalau beli di supermarket kan cuma dapet separonya aja nggak ada 5 ribu..wis..otak *Mak Irit*..langsung dech..angkut tuch kulit pangsit. Apalagi liat kulit pangsitnya juag bersih..sama kayak di supermarket bentuk dan warnanya dan tambah lagi di provokasi sama si Mas sayur, katanya..ini enak Bu..kulit pangsitnya renyah dan gurih dan ngembang bagus kalau di goreng. Ya udah..aku coba aja..dan emang bener..hasilnya oke.sama aja kok kayak kalau beli di supermarket. Jadi selanjutkan aku akan pakai kulit pangsit pasar aja jika bikin resep2 yang pakai kulit pangsit..lha sama aja kok rasanya..tapi lebih murah.....pas banget kan..sama semboyan *Mak Irit*..hihi....

Ok..cekidot resepnya ya..Bakso Kumis Naga ala aku ..yang ku modifikasi dari Majalah Sedap Sekejab..aslinya pakai daging ayam juga..tapi aku nggak..aku lebih suka tenggiri dan udang aja..tapi kalau nggak ada tenggiri ya ganti daging ayam aja ya teman2..sama udang..sama enaknya kok. Bumbu2 juga udah menyesuaikan sama lidah ku ya..aslinya pakai angciu dll bumbu chinese food yang nggak selalu ada di dapur..jadi aku pakai bumbu simple aja..tetep enak dan gurih kok..malah enak..ringan aja bumbu2nya..^_^..selamat mencoba..teman2..
 
 Bakso Kumis Naga

 Bahan Isi:
150 gram ikan tenggiri giling
100 gram paha ayam fillet, cincang kasar
1 batang daun bawang yang kecil, iris halus
50 gram wortel, potong kotak kecil sekali, rebus sebentar
3/4 sendok teh garam / bumbu kaldu rasa ayam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
2 sendok makan tepung sagu
1 putih telur
25 ml air es
minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis:
23 buah kulit pangsit, iris tipis halus

Cara membuat:
  1. Campur ikan tenggiri,  udang kupas, kucai, dan wortel. Aduk rata.
  2. Tambahkan , garam, merica bubuk, gula pasir, tepung sagu, putih telur, dan air es. Aduk rata.
  3. Ambil sedikit adonan. Bentuk bulat. Gulingkan dikulit pangsit.
  4. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kering.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts