Laporkan Penyalahgunaan

Batagor Imut..Yummy...^^


Pagi teman2...sapa mau batagor pagi2..? hihi..tapi bikin dulu ya..karena punyaku ini udah habis..bikinnya kemaren..ngabisin stock ikan tenggiri..di frezeer..dan uji coba menyempurnakan resep batagor yang udah pernah ku posting dulu. Kali ini udah bisa dapat rasa yang pas..tekturenya juga pas..yummy dech pokoknya..^^..cuma kemaren dapat tahunya kecil2..dan di potong serong jadi dua..jadilah batagornya imut2..hihi.

Batagor..jajanan kaki lima khas Bandung ini mungkin udah nggak asing lagi ya buat kita..banyak di jual juga di luar daerah Bandung..kecuali di Semarang nich..susah banget cari jajanan luar yang enak dan terkenal..dari luar daerah...beda sama Yogya..banyak dijumpai jajanan yang enak2..dari daerah lain , bahkan dari luar Jawa...mungkin karenaYogya udah multi kultur ya ..banyak pendatang dan pelajar dari luar Jawa yang tinggal di sana. Kalau di Semarang nich..banyakan jajanan..penyet2 tan..hihi..jadi kalau pengen batagor yang enak yang musti bikin sendiri. 


Batagor ini jajanan kaki lima favoritku..di Yogya dulu..duch jadi ingat Yanti..sahabatku di kantorku terakhir aku kerja sebelum menikah..kita sering banget makan batagor gini kalau pulang kerja..di warung batagor..dan siomay pertigaan Sagan..deket UGM..karena tiap pulang kerja lewat situ kalau mau ke kost. Kalau di bandingin batagor yang ku buat sekarang..yang jelas enakan sekarang..cuma dulu ya tetep berasa enak aja..hihi. Ada juga batagor yang enak lain di Yogya..antara lain di selatan bunderan UGM..atau di Kentungan Jl. Kaliurang..di jalan Gejayan...tapi agak masuk ke dalam..ada juga  batagor enak...Nggak tau dech..tempat2 itu sekarang masih ada atau tidak. 

Nah..kalau sekarang sich..kalau cuma mau makan batagor..gampang..udah bisa bikin sendiri..lebih enak ..malah..karena bisa pakai ikan tenggiri beneran...dan rasa bisa sesuai selera. Batagor yang ku buat kali ini..this is the best ..dari beberapa uji coba bikin batagor yang ku lakukan. Kali ini aku udah bisa nemuin tehnik supaya batagornya nggak alot dan liat kalau kayak beli itu. Tekture batagor yang ku buat nich..masih kenyal..tapi empuk. enak dech pokoknya. Gini nich..rahasianya..daging ikan tenggirinya di mixer sama bumbu2 dan telur..jadi menghasilkan pasta ikan tenggiri yang halus dan semua bumbu udah nge blend dan tercampur rata..nah..setelah itu tinggal kita masukkan tepungnya..aduk aja..pakai tangan dengan santai sampai rata..nggak perlu di uleni. Kalau dulu aku bikin kan..semua bahan di uleni ..nah supaya tenggirinya bisa halus di adonan..suka ku uleni lama2..jadi walaupun enak..batagornya jadi alot. Nah..kalau ini..just perfect..pas banget tekture gigitannya. Yummy dech..sungguh...!..^^

Yukk cobain teman2..jika suka batagor..jika susah cari tenggiri..coba aja pakai ikan lele..enak juga kok..atau ikan gabus tuch..enak juga buat batagor gini. Ini ku kasih resep hasil utak atikku ya..semoga cocok ..^^ 
Aku bikin dua versi nich batagornya..versi yang di kukus dulu..karena adonannya di masukkan ke potongan tahu yang di lubangi..tujuannya supaya..adonan yang masuk ke dalam cekungan tahu..juga matang sempurna dulu..sebelum di goreng. Nah..sisa potongan tahu yang kecil2 tuch di campur dengan sisa adonan batagornya..terus di sendokin kecil2..langsung di goreng dech..dua2nya..sama2..yummy..selamat mencoba..^^

Batagor

Bahan:
200 - 250 gram ikan tenggiri, di cincang halus ( pas masih utuh di timbang 250 gram..setelah di bersihkan dan di ambil dagingnya kira2 jadi 200 gram )
3 siung bawang putih, dihaluskan
1/2 sendok teh penyedap rasa
1 1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
2 sendok teh gula pasir
2 putih telur
100 ml air es
115 gram tepung sagu tani / tepung tapioka
20 gram tepung terigu protein sedang

Bahan Sambal Kacang:
200 gram kacang tanah kulit, digoreng
3 siung bawang putih, digoreng
8 buah cabai merah keriting, digoreng
3 sendok makan gula merah
2 sendok teh garam
650 ml air hangat 
1 sendok makan air asam jawa (dari 1/2  sendok makan asam jawa dan 2 sendok makan air)

Bahan Pelengkap:
75 ml kecap manis
5 buah jeruk limau

Cara Pengolahan :
  1. Campur ikan tenggiri, bawang putih, penyedap rasa,  garam, merica bubuk,  dan gula pasir. 
  2. Mixer hingga rata, masukkan telur dan air, mixer lagi hingga jadi pasta ikan yang halus.
  3. Tambahkan tepung sagu dan tepung terigu. Aduk sampai kalis. ( Jangan terlalu kuat ngaduknya..supaya tidak alot batagornya )
  4. Bagi 2 adonan. Satu bagian isi ke dalam tahu putih yang sudah di potong serong dan di lubangi dalamnya. 
  5. Sisa adonan batagor..di campur dengan sisa kerukan tahu .Sendokkan ke minyak panas..lalau goreng hingga matang.
  6. Kukus batagor yang di isikan ke tahu selama 30 menit dengan api sedang. Dinginkan, lalu goreng juga hingga matang.
  7. Sambal kacang: haluskan kacang tanah, bawang putih, cabai merah keriting, gula merah, dan garam. Tuang air hangat. Masak sampai kental. Tambahkan air asam jawa. Aduk rata. Sajikan dengan jeruk limau kecil2 dan kecap jika suka.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts