Laporkan Penyalahgunaan

Ayam Goreng Kremes Ala Mbok Berek


Ini dia...penampakan ayam goreng kremes yang ku masak kemaren teman2. Ceritanya...abis ngirim resep ayam goreng kremes buat Mba Ella via email..aku juga jadi kangen ayam goreng kremes. Jadi langsung nitip tukang sayur dech buat di bawain 1 ekor ayam pejantan...soalnya kalau ayam kampung beneran mahal..hihi..ayam pejantan kan mirip2 tuch rasanya sama ayam kampung..ayamnya rada langsingan dikit..hihi..harganya juga terjangkau..cuma 28 ribu satu ekornya...kalau ayam broiler kan ndut2..jadi kurang cantik buat ayam goreng kremes..rasanya juga beda sich..kalau pakai ayam biasa..cuma ndak pa2 Mba Ella..kalau di luar negeri sana nggak ada ayam kampung..asal bumbunya enak..ya tetep enak kok..^^ 

Eh..udah bikin belum Mba Ella ayam goreng kremesnya..aku coba resep baru nich kalau belum bikin yang kemaren..yang kemaren enak juga..cuma ayam goreng kremes yang udah modern..karena pakai kuning telur adonan kremesnya..jadi empuk dan renyahnya karena kuning telur. Nah..kali ini aku nyoba versi yang asli pakai tepung beras aja..ternyata bisa empuk dan renyah juga lho..kuncinya..bikin kremesannya pakai air rebusan ayam yang pakai santan. Bener dech..kremesannya bisa empuk dan renyah..lumer di mulut..karena pakai santan itu..enak banget. Oh ya..resepnya ini ala2 Mbok Berek gitu..itu tuch..restoran ayam goreng yang terkenal di daerah Jawa Tengah..cuma sekarang kurang nge trend ya..restorannya..soalnya..ada cabangnya..gede..di dekat rumahku..cuma sepi sekali pengunjungnya. Mungkin udah tergusur sama resto2 lain ya..yang selalu inovasi dalam menu masakannya.
Ayam goreng kremes ini memang ada beberapa versi ya..ada yang kayak Mbok berek gini..ada juga ya ala2 Ny Suharti. Kalau aku paling suka yang ini..nich..yang otentik cuma pakai tepung beras dan adonannya pakai sisa rebusan ayamnya. Jadi nggak usah mbumbuin lagi adonan kremesan..udah terasa gurih banget dan aroma ayamnya juga masih terasa di kremesnya..beda sama kremesan yang di buat terpisah dari air atau santan biasa..bukan dari rebusan ayam. Ini juga empuk banget dan lumer di mulut..walaupun cuma dari tepung beras..makan nasi hangat sama kremesannya aja..udah enak..serasa udah pakai ayam..hihi...Colek temanku Rima di Australia ah..nich Rim..aku udah nemuin resep baru ayam goreng kremes yang pas..^^

Nah..cuman..bikin kremesan ayam tuch..kudu sabar ya..jangan stress dulu..liat adonan kremesan kok cair banget dan kalau di tuang serasa tidak  berbentuk di wajan..tenang..goreng aja dengan sabar..dan api jangan terlalu besar..supaya tidak cepat gosong..dari adonan cair itu,..nanti lama lama akan mengering dan terbentuk gumpalan2 kremesan..nah..kalau mau kremesan2 yang terpisah2..tinggal sedikit di remas2..pakai tangan..nanti akan berbentuk butiran2 kecil..seperti nampak di foto ku itu. Minyak juga musti banyak..dan tuang di saat minyak udah benar2 panas..nuangnya dari samping wajan..tapi agak tinggi ya..cuma agak jauhkan badan ya..supaya tidak kaget..soalnya kan ketika di tuang bunyi berisik tuch wajan..hihi. Kalau udah masuk kremesannya..kecilkan api...jangan di aduk2 dulu ya..sampai setengah kering..kalau udah setengah kering..baru aduk2 dan kumpulkan kremesannnya lalau goreng sampai kering. Sebelum di tuang ke wajan..selalu aduk dulu ya..adonan kremesannya..supaya tidak mengendap di bawah..karena memakai tepung beras. Gunakan juga wajan anti lengket ya..kalau wajannya lengket..wasalam dech..nggak jadi makan kremesan nanti..soalnya selain cepat gosong..kremesannya juga bakalan nempel semua di dasar wajan..hihi...karena pakai santan adonannya..Cobain dech..tips2 simple ini..biar sukses bikin kremesan ayamnya ya..^^..ini dia resepnya...yang ku coba dari buku aneka kreasi ayam goreng keluaran majalah Sedap Sekejab..cuma udah ku utak atik sesuai seleraku..hihi..biar tambah mantab rasanya..^^..ini dia resepnya..selamat mencoba..buat teman2 yang suka sama ayam goreng kremes gini..^^

Ayam Goreng Kremes Ala Mbok Berek

Bahan:
1 ekor ayam kampung / pejantan / ayam buras 
1000 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 lembar daun salam
2 tangkai serai , di memarkan

Bumbu Halus :

6 siung bawang putih
5 butir bawang merah
4 butir kemiri
1/2 sendok makan ketumbar
2 ruas jari kunyit ( biar warnanya cantik ayam goreng dan kremesannya ^^ )
1 /2 sendok makan garam
1 sendok teh bumbu kaldu bubuk rasa ayam
1 sendok teh gula pasir

Bahan kremesan :

350 ml air rebusan ayam
3 sendok makan tepung beras

Bahan Sambal :
5 butir bawang merah
6 buah cabai merah
3 buah cabai rawit merah
1 sendok teh terasi
1 buah tomat
1 sendok teh gula merah
garam secukupnya

Cara Membuat :
Rebus ayam, bumbu halus dan semua bumbu lain dalam santan. Ungkep dengan api kecil sampai matang..tapi jangan sampai santannya habis ya..sisakan 350 ml untuk bikin kremesan.

Saring sisa rebusan ayam dan ukur 350 ml, lalu tambahkan tepung beras. Aduk rata.
Celupkan ayam ke adonan kremesan, lalu goreng hingga kuning kemasan. 
Goreng sisa adonan kremesan. Angkat..remas2 agar terbentuk butiran2 kecil kremesan, lalu taburkan di atas ayam gorengnya.  Hidangkan dengan sambal dan lalap.

Cara buat sambal : 
Goreng semua bahan hingga matang. kecuali garam dan gula. Ulek..dan tambahkan garam dan gula. lalu di tumis lagi sampai matang. Sajikan.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts