Laporkan Penyalahgunaan

Martabak Tahu Praktis


Tadi keasyikan di depan komputer..sambil..nunggu tukang sayur..eh deket2 waktu makan siang ..suami telp...katanya mau mampir ke rumah..pas makan siang..soalnya lagi ketemu klien..pas kebetulan di Semarang atas kantor kliennya..waduh..belum masak..^^...akhirnya wis..tak suruh beli lauk aja..lha mau masak udah mepet..waktunya.akhirnya suami bilang mau beli mangut belut aja..menu favoritnya..ya udah..aku mikir..bikin lauknya aja yang cepet..nah tengok belanjaan di tukang sayur ada tahu..dan kulit lumpia..yang udah..langsung di buat aja Martabak Tahu..praktis..cepat..15 menit mateng...pas suami datang..dah matang masih anget...habis dech 3 biji..^^ ..abis makan siang..sholat terus..balik kantor dech..so..masak kepepet pun bisa tetep nyenengin hati suami kan..^^

Martabak Tahu nich praktis banget bikinnya..enak dan murah meriah...nggak perlu repot2 bikin kulit martabak..kayak kalau buat martabak besar ala abang2 pinggir jalan..cukup pakai kulit lumpia pasar yang biasa di jual abang2 sayur..murah pula..kulit lumpianya..Rp 1500 dapat 10 lembar..so..jangan repot2 ya..kalau mau bikin martabak asin.dengan buat kulitnya dulu yang pakai di rendam2 minyak dan di tipiskan dengan cara di lempar2 kayak abang2 gitu..tapi jika punya banyak waktu dan ingin mencobanya ya nggak masalah..kpn2 pengen coba juga aku..jadi buat namabh ilmu..^^...cuma kok selama ini kalau mau bikin martabak asin..wis selalu tergoda..pakai kulit lumpia aja..praktis..rasanya juga sama enaknya..malah bisa renyah..dan bentuknya juga malah jadi martabak mini..satuan..nggal perlu repot2 motong..kecuali yang ku buat ini..lha buru2..jadi di buat gede2 aja..^^..

Jadi jika lagi di rumah...atau lagi santai sama keluarga tapi bingung nggak ada cemilan atau lauk..yukk bikin Martabak Tahu praktis ini aja..di jamin cepet bikinnya..^^
Martabak Tahu Praktis

Bahan :
10 lembar kulit lumpia
2 buah tahu putih ukuran sedang
Daun bawang kira2 6 - 10 batang
2 butir telur
Garam / bumbu kaldu secukupnya
Gula pasir 1/4 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh

Cara Membuat :
Potong2 tahu kotak2 kecil. Iris halus daun bawang. Kocok  telur dan semua bumbu. Campur dengan tahu dan daun bawang, aduk rata.
Siapkan kulit lumpia. Isi dengan satu sendok adonan telur ( aku tadi dua sendok..karena buru2..jadinya gede2 martabaknya ), lipat bentuk persegi atau kotak sesuai selera. Goreng di minyak panas sampai kuning kecoklatan. 

Tips : Biar melipat martabaknya bisa rapi dan telurnya tidak lari2 atau keluar dari kulit lumpia..panaskan minyak terlebih dahulu..jika sudah panas..siapkan kulit lumpia dan isinya di samping penggorengan..jadi nge lipatnya satu persatu pas mau di cemplungi ke wajan..jadi tidak akan ada acara telur lari2..keluar dari kulit lumpianya..^^..cuma butuh gerak cepat ya..melipatnya..soalnya sambil mengawasi dan menggoreng yang udah nyemplung ke wajan duluan supaya tidak gosong.....atau jika telaten ya di gorengnya satu persatu..^^

Jika mau rasanya pas sesuai selera..cicipin dulu ya sebelum di bungkus kulit lumpia..isi martabaknya..caranya..ambil sedikit adonan isi martabak..lalu goreng..nah jika rasanya udah sesuai selera...lalu ambil kulit lumpia..siap di lipat dan di goreng dech..^^..daripada nyesel pas udah mateng keasinan..atau kurang garam..lebih baik..tes rasa dulu..itu prinsip memasak dari aku ya..apa2 cicipin dulu..biar rasanya pas sesuai selera..terutama untuk penggunaan garam ya..karena selera orang kan beda2..ada yang suka asin..suka tawar2 aja klu masak..dll..jadi resepnya cuma patokan dasar ya..selebihnya di sesuaikan selera masing2..woke teman2 ?




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts