Laporkan Penyalahgunaan

Empek2 Dos..Empek - Empek Tanpa Ikan..Uenakk Juga Ternyata..^^


Kemaren..pas pengen empek2..langsung dech..kabur ke pasar dekat rumah..soalnya rada susah kalau nitip ikan tenggiri di tukang sayur..jarang ada..jadi harus hunting sendiri ke pasar. Sampai pasar muter2 di bagian khusus ikan kok nggak dapet2 ikan tenggiri..eh pas udah mau nyerah..di pojokan ku liat ada potongan ikan tenggiri besar yang segar banget...gede pula..lha tinggal potongan aja..kira2 1/4 nya si ikan tuch masih banyak dagingnya..langsung dech semangat tanya penjualnya mau beli dan tak suruh nimbang..pas ku tanya berapa harganya ....45 ribu Mba..kata Ibu penjual..Gubrakkk..!!...ikan tenggiri 1/4 bagian aja 45 ribu...emang sich gede dan seger..cuma kan banyakan kepalanya tuch..saya ngeyel..ibunya tetep kekeh jual mahal karena beratnya sekilo katanya..nggak mau turun..ya udah..gak jadi dech bu..ku bilang..^^ Turunpun kalau cuma dikit ya aku masih mikir..^^..biasanya beli ikan tenggiri paling sekilo 15 ribu..walau kecil2 masih okelah..lha ini kok sekilo..45 ribu..ogah...jadinya pulang dech tanpa si ikan idaman..^^

Sampai rumah ..tapi kok..tetep..pengen empek2 ya..^^..akhirnya mikir..dulu kayaknya aku pernah baca resep dari buku nya Ny Liem..ada empek2 dos..yaitu empek2 tanpa ikan..dan sering beberapa kali di pameri teman2 Fb yang pada bikin sich..cuma kok..waktu itu masih under estimate..apa enak ya rasanya??..Secara..biasa makan empek2 yang memang benar2 dari ikan tenggiri..baik kalau buat sendiri ataupun kalau beli..minimal ya Empek2 Ny Kamto yang sekarang juga buka cabang di dekat rumah..nah..enak ya kan di dekat rumah ada cabangnya..kenapa nggak  beli aja..^^..lagi males..soalnya sekarang kok ..biasa aja ya empek2 Ny Kamto rasanya..apa karena kebanyakan cabang ya..jadi menurun kualitasnya..Hemm..I don't know..!..Jadi pengen buat sendiri aja empek2..biasa..kan lebih hemat..jadinya banyak,..bisa di simpan di freezer..kalau mau makan..tinggal goreng dech..^^

Akhirnya..ku coba juga bikin empek2 tanpa ikannya..yakin aja dech sama resep Ny Liem ini..soalnya aku pernah coba bikin empek2 adaan resep Ny Liem , yang pakai ikan tapi..rasanya enak banget..sesuai seleraku..nah kemaren mantab aja bikin empek2 yang versi kapal selam..walau tanpa ikan..^^..sekalian mengobati rasa penasaran selama ini..gimana rasanya si empek2 dos ini. Yang ku suka dari resep empek2 Ny Liem ini adalah cara buatnya yang unik..jadi..adonan pakai di mixer segala..nah ini tehnik yag ok..buat bikin empek2..kalau nggak pakai food processor. Hasil adonan jadinya halus..ikannya tercampur sempurna..*jika pakai..*..dan kemaren yang empek2 dos ini..walau nggak pakai ikan..tapi adonannya juga jadi halus..dan gampang banget di campur sama tepung sagunya..sehingga hasil adonan empek2nya ok banget..mulus..dan gampang di bentuk2..nggak lengket2 atau keras kayak resep empek2 lain yang pernah ku coba. Dan setelah jadi...o lala..enak sekali ternyata..nggak kalah lho..rasanya sama empek2 yang pakai ikan ..wah..nyesel dech..kok baru sekarang nyobanya..^^.

Buat test rasa..sorenya ku hidangkan buat papinya Yodha..kan *Si Boss* nich..rada rewel kalau makan empek2..harus yang enak bener baru mau..pernah beli empek2 nggak bermerk gitu komplain..alot lah..kurang gurih lah..ikannya nggak berasa lah..dll. Nah...kemaren sich aku diem  aja..nggak bilang kalau empek2 nya nggak pake ikan..jadi ku sajikan aja di meja....dan ternyata..doyan ^^...ludes tak tersisa di piring..pas aku lagi makan empek2 juga..Yodha yang biasanya nggak minta tanya..apa itu Mi..pas ku ku suapin..kok doyan...eh malah bilang..aku mau lagi Mi..yang krispi katanya..soalnya Yodha nyicipinnya ujung empek2 yang krispi gitu. Akhirnya ku gorengkan sendiri buat Yodha..dengan ku iris tipis2..jadi hasilnya renyah gitu..wah dia suka banget. Papinya juga ngomporin..ayo di habisin empek2nya..enak..katanya..^^..padahal..nggak tau Papinya kalau empek2nya nggak pakai ikan..^^ Oh ya..memang keunggulan empek2 dos Ny Liem ini..hasilnya krispi pas  masih  panas..jadi goreng sesaat akan di sajikan ya..biar tambah enak makannya..^^ Jadi..mulai sekarang..nggak usah beli dech empek2...bikin sendiri..lebih enak ^^.........

Jadi..resep ini layak buat di simpan di blog ini.....karena resepnya ekonomis..dan uenakk....Yukk..nggak banyak cerita lagi..simak resepnya ya..tapi biasa..udah ku modif sedikit sesuai seleraku..^^..

Empek - Empek Dos ( Tanpa Ikan )

Bahan Biang :
125 gram tepung terigu protein sedang
250 ml air
1 siung bawang putih yang besar, haluskan
2 sendok teh garam
1 bungkus kaldu bubuk rasa ayam yang ukuran kecil
1 sendok teh gula pasir 
2 butir telur

Bahan Utama :
200 gram tepung sagu / tapioka
Telur 3 - 4 butir untuk isi

Cara Membuat :
Didihkan air dan semua bumbu untuk bahan biang. Masukkan terigu sambil di aduk hingga rata. Hati2 jangan sampai gosong. Adonan jadinya kental sekali. Dinginkan.
Setelah dingin..kocok adonan terigu dengan 1 butir telur dahulu, setelah rata dan tidak menggerindil, masukkan lagi 1 butir telur dan kocok lagi dengan mixer sampai adonan lembut dan halus.
Setelah itu, masukkan tepung sagu ,aduk rata, tidak perlu di uleni kuat2 ya..supaya tidak keras empek2nya. Adonan yang di hasilkan jadinya kalis dan enak di bentuk2..jika masih sedikit lengket , bisa di tambahkan lagi sedikit tepung sagu. Adonan siap di bentuk.
Didihkan air di panci yang besar. Ambil adonan empek2..bentuk bulat dan pipihkan. Lalu lipat dua..rekatkan pinggirannya...tapi tengahnya usahakan tetep lubang untuk tempat isian telurnya dan sisakan lubang di ujungnya untuk memasukkan telur dengan bantuan gelas ukur yang ada corongnya..supaya telur tidak belepotan , kalau kena telur bagian ujungnya..nanti susah di tutup empek2nya dan telurnya bisa bocor ..pada lari kemana2..^^
Setelah adonan di bentuk seperti empek2 kapal selam masukkan ke air mendidih..rebus sampai mengapung dan rebus lagi beberapa waktu..sampai benar2 matang semua..adonan maupun telur di dalamnya. ( kira2 20 menit )
Goreng empek2 saat akan di sajikan. Lengkapi dengan ketimun dan kuah cukonya. Sajikan hangat.

Kuah Cuko 
jika cuma untuk 2 -3 orang..bikin separonya aja

Bahan :
500 ml air
250 gram gula merah
2 sendok  makan air asam Jawa kental ( Dari 50 gram asam yang di lumatkan dengan sedikit air )

Bumbu halus :
8 siung bawang putih
5 buah cabai rawit merah
1/2 sendok makan garam
2 sendok makan ebi yang sudah di sangrai, dan di haluskan. ( yang ini harus pakai ya..soalnya yang bikin kuahnya enak ya ini kuncinya..^^..kalau tanpa ini..kuah empek2nya terasa hambar..^^ )

Cara membuat Saus :
Rebus air dan gula merah. Saring.
Rebus kembali dan masukan bumbu halus dan ebi.
Aduk sampai mendidih.
Jika mau buat sekalian , sisa saus bisa di simpan dalam botol dan di taruh di kulkas.

Kuah Cukonya juga udah ku modif sedikit..rasanya mantabb..nggak kalah dech sama kuah cuko dari empek2 yang sudah nge top..^^..


Kalau Yodha..maem empek2 nya di goreng kering gini nich..jadi renyah..hehehe..aneh ya..tapi enak katanya..makannya sambil di celup2 dikit ke saus cukonya..soalny apedes katanya..jadi dikit aja..^^


Empek-empek lain yang  mudah dan murah meriah serta cepat pembuatannya, Empek-Empek Adaan, silahkan cek video tutorial berikut ya :



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts