Laporkan Penyalahgunaan

Dadar Gulung Coklat Isi Pisang


Pagi2 nich..udah rajin bikin jajan pasar..kalau biasanya udah sering bikin dadar gulung ijo..isi enten..kali ini bikin dadar gulung isi coklat...isi pisang, coklat dan keju...soalnya dapat kiriman pisang raja yang harum dan ranum dari mertua..masih ada beberapa biji..sayang aja kalau nggak di buat sesuatu..soalnya cari pisang raja yang ranum di pasar kadang susah..kalau ada juga mahal pol..jadi pas punya pisang raja yang bagus..pasti dech ku karyakan buat coba2 resep baru kayak jajan pasar yang pakai pisang gini. Resep..hasil rekayasa sendiri..^^..gara2nya gemes..kalau beli dadar gulung kayak gini di pasar ..isinya cuma sak uprit..pisangnya kecil banget..terus gulungan dadarnya yang tebel ^^...mending kalau dadarnya enak ya..nggak pa2..lha ini yang di jual2 gitu...rasanya cuma kerasa tepung di kasih pasta / pewarna coklat..duh..nasibmu jajan pasar kini..pada ngejar untung aja yang jual.

Nah..kenapa bikinnya pagi2..karena ngejar matahari..^^..biar nggak kesiangan motretnya....soalnya pakai kamera digital biasa..kamera DSLR lagi nggak di rumah..nah..kalau motretnya kesiangan..wis..nggak mud lagi...jelek soalnya hasilnya..nggak bisa di apa2 in kalau kamera digital..beda kalau pakai kamera DSLR kayak biasanya..bisa motret kapan aja.

Dadar gulung ini kulitnya buatnya yang mirip2 sama dadar gulung ijo dech..cuma aku pakai coklat bubuk juga selain coklat pasta..jadi selain warnanya cantik..rasanya juga otentik coklat. Trus..kalau biasanya aku bikin dadar gulung pakai santan..untuk yang coklat aku pakai susu..lebih cocok aja..susu dan coklat dadipada santan..beda sama dadar gulung ijo..yang pakai aroma pandan tuch..klop banget sama santan.

Pas udah mateng..langsung aja di gulung kayak bikin dadar gulung biasa..trus di taruh piring..di foto dech..tapi hasilnya kok garing gitu..hihi..
Akhirnya..cari plastik bening dech dan beribet2 ria bungkusin satu2..trus luarnya di kasih hiasan keju parut..hasilnya..baru lumayan..jadi mirip2 dadar gulung di pasar beneran kan..cuma lebih ok dong kalau buat sendiri..rasanya..bentuknya..isinya...juga bisa di banyakin.

Trus..karena udah pada berangkat semua...papinya kerja..Kakak sekolah...ya..simpan dulu di kulkas...dech..lumayan bisa buat cemilan Yodha dan buka puasa suami ntar sore..gitu dech ceritaku hari ini teman2..yang pagi2 udah heboh di dapur..bikin dadar gulung...tapi hati senang kok..karena hasilnya uenakk dan cantik...*muji sendiri..^^

Mau cobain..nich ku kasih resep hasil coba2 ku  ya..:
Dadar Gulung Coklat Isi Pisang
Bahan:
Tepung Terigu protein sedang 150 gram
Susu cair  tawar 425 ml
Gula halus 50 gram, garam 1/4 sendok teh
Coklat bubuk 1 sendok makan
Coklat Pasta 1/2 sendok the
Vanili bubuk ¼ sendok teh
Telur 1 butir, kocok lepas
Minyak goreng / margarin leleh 1 sendok makan
Isi :
Pisang raja / kepok yang matang 5 buah, tumis dengan 1 sendok margarin, belah menjadi dua bagian
Meises coklat 50 gram
Cara Membuat :
Ayak tepung terigu dan coklat bubuk. Tambahkan gula halus, telur, susu cair, pasta coklat dan vanili bubuk.
Aduk rata. Saring agar adonan halus dan licin.
Panaskan wajan dadar ukuran sedang. Buat dadar adonan tipis2.
Lakukan sampai adonan habis. 
Ambil selembar dadar coklat, isi dengan pisang, tambahkan 1 sendok teh meises coklat. Lipat dan gulung dengan rapi.
Tips :
Agar kulit dadar gulung berlubang lubang cantik, panaskan dahulu pan dadar sampai benar benar panas.
Jika ingin lebih rapi dan cantik dalam penyajian, dadar gulung bisa di bungkus plastik satuan, di beri hiasan keju parut /  slice dan manisan cheri yang di potong kecil kecil.
 





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts